Diperbaharui pada Senin, 29 Maret 2021 | 22:12

Hands On realme 8 Pro, Mencoba Kamera 108 MP

Oleh Restu Aji Siswanto

Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung realme 8 Pro yang dibekali dengan kamera 108 MP dengan desain Infinite Starry, dan berikut ini kesan pertama saya terhadap hp realme terbaru ini.

realme 8 Pro adalah smartphone pertama realme yang mengusung kamera 108 MP, yang merupakan resolusi kamera smartphone tertinggi saat ini. Melihat tampilan luarnya, hp realme ini sangat berjiwa muda.

Untuk mendukung performanya, realme 8 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4500 mAh, yang sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 50W SuperDart Charge.

Baiklah, tanpa berlama-lama, berikut ini kesan pertama saya setelah mencoba langsung realme 8 Pro.

Mencoba Kemampuan Kamera 108 MP

Dengan menyorot pada kamera sebagai andalannya, tentunya hal pertama yang ingin saya coba adalah kemampuan kameranya. Saya ingin tahu sampai sejauh mana keunggulannya.

Kamera utama realme 8 Pro memiliki konfigurasi quad kamera yang terdiri dari kamera 108 MP, kamera ultrawide 8 MP, serta kamera macro dan depth yang masing-masing memiliki resolusi 2 MP.

Pada bagian depannya, terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP yang hasil jepretannya tidak kalah tajamnya dengan kamera belakang.

Saya mencoba memaksimalkan resolusi kamera dengan menggunakan kamera 108 MP untuk memotret pemandangan perkotaan dengan gedung-gedungnya.

Hasil jepretan yang dihasilkan oleh kamera belakangnya sangat memuaskan, dengan tingkat ketajaman yang tinggi, dan detil yang sangat baik. Bahkan ketika melakukan zoom, detil-detil gambar tidak hilang.

Hasil jepretannya sesuai dengan klaim realme, bahkan warna yang dihasilkan juga sangat mendekati warna asli dari objek yang saya foto. Pada bagian-bagain gelap yang kurang cahaya pun, noisenya minim sekali.

realme 8 Pro mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga yang memiliki ukuran sensor 1/1,52, dengan resolusi maksimum 12000 x 9000 piksel.

Tingkat kejernihan fotonya adalah hasil dari algoritma ultra-high-definition terbaru untuk mode kamera 108 MP yang diusungnya.

Starry Time-Lapse Video Pertama di Dunia

Untuk teknologi kamera smartphone, realme 8 Pro merupakan yang pertama kalinya mengembangkan algoritma video time-lapse eksklusif pada Starry Mode.

Bukan hanya itu, kamera video ini juga memiliki Mode Tilt-Shift yang mampu menciptakan ilusi objek terlihat seperti sebuah miniatur. Fitur ini biasanya hanya tersedia pada kamera foto saja, dan baru kali pertama ini saya coba pada smartphone.

Saya mencoba melakukan perekaman video dengan menggunakan mode-mode ini dan perlu diakui, hasilnya memang sangat baik. Secara pribadi, saya sangat menyukai hasil perekaman video dengan Mode Tilt-Shift.

Infinite Starry Design

Setelah puas mencoba kameranya, saya beralih ke bagian lain dari hp realme ini, terutama bodi, untuk memperhatikan detil-detilnya. Perhatian saya langsung terpusat pada bagian panel belakangnya. 

Dengan mengusung slogan “Dare to Leap”, realme mengedepankan fashion pada keseluruhan desain realme 8 Pro. Hp ini hadir dalam dua pilihan warna Inifinite Blue dan Infinite Black.

Ketika saya memegang langsung realme 8 Pro dengan warna Inifite Blue, kesan pertama yang langsung bisa saya rasakan adalah solid, ringan, dan tipis. Bobot hp ini hanya 179 gram, dengan tebal 8.1mm.

Bahan dasar panel belakangnya terasa seperti lapisan matte, namun ada sensasi tekstur berbeda ketika menyentuhnya, terlebih lagi dengan tampilan visual yang sangat cantik.

Tampilan ini merupakan hasil dari proses teknologi AG-Crystal yang mampu memberikan kesan pemandangan langit berbintang yang tersusun dari butiran-butiran kecil yang padat.

Pada bagian depan realme 8 Pro, terpampang layar sentuh berjenis Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan tampilan fullscreen.

Meluncur Tanggal 7 April 2021

Demikian impresi pertama saya terhadap realme 8 Pro dan kemampuan kameranya. Tentunya saya tidak sabar ingin segera mengulas hp realme terbaru ini secara lengkap dan menyeluruh saat rilis nanti.

realme 8 Pro akan resmi meluncur di Indonesia pada tanggal 7 April 2021 mendatang, bersamaan dengan realme 8 versi standar yang dibekali dengan kamera 64 MP, dan mengusung desain Infinite Bold.

Kira-kira, berapa harga realme 8 Pro dan realme 8 yang akan bermain di segmen hp kelas menengah ini?

Like us!

Komentar