Diperbaharui pada Kamis, 19 November 2020 | 15:01

Terjual 8 Unit di Oktober 2020, Honda Ngotot Hadirkan Versi Baru Odyssey

Oleh Imam Ali

honda odyssey rc1

Siapa yang tak kenal dengan MPV gambot bernama Odyssey besutan Honda ini? Mulai dari versi RA, hingga RB desain dari Odyssey masih sangat diminati hingga saat ini.

Namun, menelisik versi RC terbarunya, Honda justru seperti kewalahan memasarkannya. Pasalnya, generasi terbaru Odyssey ini masih kalah pamor dan kalah konsumen tentunya dibanding seri RB baik RB1, RB2, hingga RB3 langsiran 2004 - 2013.

Bahkan, jika dibanding RB, seri RC dari Odyssey terbaru ini juga masih kalah pamor jika dibandingkan dengan seri lawas RA yang lahir di tahun 1999 - 2003.

Untuk meminang Odyssey seri RC terbaru sendiri cukup menguras kantong bagi sebagian orang. Sebab banderolnya mencapai Rp776 juta.

Mobil keluarga tersebut memang memiliki keuntungan yang pasti dengan daya tampung 7 penumpang, serta konfigurasi captain seat pada baris kedua.

Honda sendiri menawarkan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.356cc DOHC i-VTEC pada Odyssey terbaru ini.

Tenaga yang dapat disembutkan 175 PS di putaran 6.200 rpm, dan torsi 225,5 Nm di 4.000 rpm, yang disalurkan melalui transmisi matik model CVT.

Honda Odyysey Hanya Laku 8 Unit di Bulan Oktober

honda odyssey

Berdasarkan data yang dihimpun dari PT Honda Prospect Motor selaku produsen resmi Honda di Tanah Air, mobil MPV Honda Odyssey yang paling mahal ini hanya terjual 8 unit di bulan Oktober 2020.

Brio masih menjadi penyumbang terbanyak dengan penjualan 4.013 unit. Mobil perkotaan itu berkontribusi 61 persen dari total penjualan Honda. Untuk tipe Satya yang masuk kelas LCGC terjual 2.978 unit, dan Brio RS 1.035 unit.

Kemudian posisi ketiga model terlaris Honda adalah HR-V 1.5L yang terjual 812 unit, lalu diikuti Mobilio 535 unit. Sedangkan Honda Jazz terjual ke tangan konsumen 502 unit, CR-V sebanyak 353 unit, dan HR-V mesin 1.800cc laku 41 unit.

Di kelas Low SUV, Honda BR-V hanya terjual 155 unit hasil yang terbilang sedikit jika dibandingkan para kompetitor di kelasnya. Lalu Civic hatchback terjual 65 unit, Civic sedan 35 unit, dan City yang jadi sedan termurahnya hanya laku 18 unit. 

Masih lebih tinggi Accord, meski harganya jauh lebih mahal dari City. Pasalnya sedan mewah berlogo H itu berhasil terjual 24 unit.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penjualan unit Odyssey seri RC terbaru ini berada di posisi buncit alias terbawah.

Odyssey Harga Mahal, Tapi Fitur Lengkap

fitur honda odyssey

Padahal jika menilik ke arah spesifikasi hingga fitur, mobil ini jelas sangat layak untuk dimiliki keluarga masa kini yang mementingkan kenyamanan dan fituristik.

Dari segi desain, mobil Odyssey memang cukup beda dari MPV pada umumnya. Secara desain tetap menganut unsur sedan dengan ground clearance 150 mili meter.

Hanya saja, tampilan muka hingga bodi memang terlihat lebih menggelembung ketimbang model RB3. Dimensi panjangnya 4.840 mm, lebarr 1.820 mm, dan tingginya hanya 1.695 mm.

Soal fitur keselamatan yang ditawarkan setimpal dengan harganya. Dua air bag depan, dan samping, sabuk pengaman tiga titk pada setiap kursi, Vehicle Stability Assist Hills Start Assist, Emergency Stop Signal, Brake Overrde System, dan Smart Parking Assist System.

Honda Tetap Hadirkan Odyssey Versi Terbaru

honda odyssey 2021

Kabar terbaru mengungkapkan keberadaan Honda Odyssey versi 2021 yang sudah meluncur di Amerika Serikat (AS) awal Agustus lalu. Dari berita terkini, Honda akan membawa Odyssey dalam lima varian berbeda.

Adapun pembaruan yang diusung Odyssey 2021 antara lain gril, bumper depan, lampu dan trim hitam-biru di bawah jendela belakang. Kursi baris kedua di semua varian bisa dilipat rata untuk meningkatkan ruang kargo.

Honda sendiri mengklaim, Odyssey menjadi minivan pertama yang memperkenalkan fitur kursi baris ketiga yang bisa dilipat.

Selain itu, fitur lain yang juga ikut diperkenalkan ada di Odyssey terbaru ini adalah penyedot debu built-in, Honda VAC, dan sistem tampilan kursi belakang Cabin Watch.

Selain eksterior dan interior, Honda juga menawarkan pembaruan sistem perangkat lunak pada Odyssey 2021.

Sejumlah fitur keamanan seperti Honda Sensing juga ditingkatkan, dengan penambahan Low-Speed Follow, Pedestarian Emergency Braking, dan Traffic Sign Recognition.

honda odyssey 2021

Menariknya, Honda Odyssey 2021 dibuat secara eksklusif di pabrik mobil Lincoln, Alabama bersama Pilot, Passport, dan Ridgeline. Mobil ini dibuat dan dirakit menggunakan suku cadang domestik dengan standar global.

Urusan jantung pacu, Odyssey 2021 dibekali mesin 3.5 liter V6 24-Valve SOHC i-VTEC, transmisi otomatis 10-percepatan, yang sanggup memuntahkan tenaga 280 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi 355 Nm di putaran 4.700 rpm.

Model terbaru dari minivan Honda ini di AS dipasarkan dengan harga retail mulai 31.790 dolar AS atau setara dengan Rp467,3 juta, belum termasuk biaya pengiriman dan beberapa biaya lainnya.

Lantas berapa jika sudah masuk Indonesia? Apakah mencapai dua kali lipat harga tersebut atau justru setara?

Honda seperti harus membuat strategi baru untuk unit terbaru dari Odyssey ini agar tidak terjadi kemrosotan penjualan lagi.

Like us!

Komentar