Diperbaharui pada Rabu, 11 November 2020 | 13:44

Apple Luncurkan MacBook Air dan MacBook Pro 13 dengan Chip M1

MacBook Air dan MacBook Pro 13 dengan Chip M1Foto: Apple

Setelah merilis iPhone 12 pada bulan lalu, kini Apple kembali mengumumkan MacBook Air 13 inci dan MacBook Pro 13 inci terbaru dalam acara yang bertajuk “One More Thing” pada Rabu dini hari, 11 November 2020.

Kedua perangkat ini merupakan generasi terbaru dari MacBook yang pertama ditenagai oleh chipset M1 terbaru buatan Apple. Apa saja kelebihannya?

Chip M1 Terbaru dari Apple

MacBook Air dan MacBook Pro 13 dengan Chip M1Foto: Apple

Sebelumnya, Apple telah mengumumkan chipset M1 terbaru yang dirancang khusus untuk produk MacBook dan akan menggantikan prosessor intel yang biasa digunakan pada produk MacBook generasi sebelumnya.

Memasuki era baru di jajaran MacBook, Apple membekali chip M1 berbasis Arm tersebut untuk produk MacBook Air 13 2020 dan MacBook Pro 13 2020. Dilengkapi dengan macOS Big Sur, yang diklaim menghadirkan CPU 3,5x lebih cepat, GPU 6x lebih cepat, kemampuan pembelajaran mesin (ML) 15x lebih cepat.

Menurut Tim Cook, CEO Apple, sejauh ini M1 merupakan chip terkuat buatan Apple dan kombinasinya dengan Big Sur memberikan kinerja yang luar biasa. Selain itu, Tim Cook juga mengatakan bahwa MacBook terbarunya menawarkan peningkatan baterai yang luar biasa.

Daya Tahan Baterai Hingga 17 Jam

MacBook Air dan MacBook Pro 13 dengan Chip M1Foto: Apple

Mendukung chip terbarunya, Apple juga meningkatkan daya tahan baterai pada MacBook Air 13 2020 hingga 18 jam, dan MacBook Pro 13 2020 hingga 20 jam . Ini merupakan lonjakan pesat dari MacBook generasi sebelumnya yang hanya mampu bertahan hingga 10 jam.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut juga mengatakan bahwa, daya tahan baterai ini merupakan masa pakai baterai terlama yang pernah ditawarkan pada produk Mac.

MacBook Air M1 vs MacBook Pro M1

MacBook Air dan MacBook Pro 13 dengan Chip M1Foto: Apple

Setiap model MacBook Air dan MacBook Pro tentunya memiliki beberapa perbedaan yang sangat signifikan. Begitu pun dengan kedua MacBook terbaru ini. Meski keduanya ditenagai oleh chip M1 yang sama. Namun, ada banyak perubahan besar pada keduanya.

Perbedaan yang paling menonjol adalah jika MacBook Pro masih memiliki kipas pendingin, pada MacBook Air, Apple menghilangkan kipas pendingin tersebut, dengan tujuan desain yang lebih ringkas. Ini adalah perbedaan paling signifikan. 

Selain itu, MacBook Pro memiliki banyak spesifikasi yang lebih baik diantaranya, panel sentuh layar yang lebih terang (500 vs 400 nits), speaker stereo yang lebih baik, kualitas mikrofon "studio" yang lebih tinggi, dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Harga dan Ketersediaan

Kedua MacBook ini tersedia dalam pilihan RAM 8 GB atau 16 GB, bersama dengan kapasitas memori 256 GB, 512 GB, atau 1 TB, serta pilihan SSD 2TB. Semuanya dilengkapi dengan chip M1.

MacBook Air baru dibanderol dengan harga mulai dari $ 999 (AS) atau sekitar Rp 14 jutaan, dan $ 899 (AS) atau Rp 12,7 jutaan. Sedangkan MacBook Pro 13 inci baru dibanderol dengah harga mulai dari $ 1.299 (AS) atau sekitar Rp 18,3 jutaan, dan $ 1.199 (AS) atau Rp 16,9 jutaan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.