Diperbaharui pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 15:07

Canon EOS M50 Mark II, Cocok Buat Vlogger, Bisa Live Streaming!

Oleh Syahya Rembulan

Canon EOS M50 MARK IIFoto: Canon

Canon mengumumkan kamera mirrorless terbarunya, EOS M50 Mark II. Kamera ini merupakan generasi kedua dari kamera mirrorless EOS M50 yang sudah dirilis sejak dua tahun yang lalu. 

Seperti pendahulunya, EOS M50 Mark II menawarkan sensor CMOS 24,1 MP, dengan rentang ISO 100-25600 dan prosesor gambar DIGIC 8 yang memungkinkan kamera merekam video berkualitas 4K pada 24fps.

Namun, untuk sebuah produk generasi baru, kehadiran kamera ini nampaknya tidak banyak menawarkan banyak peningkatan. Canon EOS M50 Mark II dianggap hanya sebagai gimmick saja, benarkah demikian?

Perbedaan EOS M50 Mark II dengan Pendahulunya

Berikut ini berbagai informasi yang kami rangkum, untuk melihat apa yang membedakan EOS M50 Mark II dengan generasi sebelumnya.

Auto Focus

Canon EOS M50 MARK II

Foto: Canon

Perubahan yang pertama terletak pada sistem auto focus kamera. Canon menambahkan sistem auto focus Dual Pixel, serta meningkatkan kemampuan eye tracking.

Fungsi utama dari sistem ini adalah untuk melacak subjek dan menghasilkan gambar atau video yang lebih fokus dan tajam.

Jika pada generasi sebelumnya pengguna harus mengatur fokus manual saat menggunakan mode view finder, kini, Canon EOS M50 MARK II memberikan kemudahan dengan opsi auto focus pada layar, yang bisa digunakan meski saat menggunakan mode view finder.

Mode Video Vertikal

Canon EOS M50 MARK IIFoto: Canon

Selanjutnya, Canon EOS M50 Mark K II juga menyediakan mode untuk merekan video secara vertikal. Ini ditujukan untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat konten media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Meski terdengar tidak begitu penting, namun fitur ini mungkin berguna bagi para content creator yang ingin mendapatkan video berkualitas tinggi untuk membuat konten di media sosial.

Tombol Tambahan

Canon EOS M50 MARK IIFoto: Canon

Perubahan selanjutnya adalah penambahan tombol pada kamera. Canon EOS M50 Mark II memiliki tombol perekam video yang dilengkapi dengan tombol pengaturan self-timer untuk video.

Selain itu, kamera mirrorless ini juga menambahkan mode Webcam Utility, yang memudahkan pengaturan pada kamera, saat terhubung dengan perangkat Webcam ataupun Output HDMI.

Dukungan Live Streaming 

Canon EOS M50 MARK IIFoto: Canon

Fitur paling menarik dari kamera mirrorless ini adalah dukungan perekaman video 4K pada 24fps, yang dapat langsung digunakan untuk live streaming di Youtube.

Nampaknya, produsen kamera konvensional ini tidak mau kalah untuk terus mengembangkan produknya dengan mengedepankan keunggulan kamera yang ditujukan untuk aktifitas vlogging. 

Harga dan Tanggal Rilis

Canon EOS M50 Mark II dijual dengan harga $ 600 atau sekitar Rp 8,8 jutaan untuk bodi saja. Sedangkan, jika ingin membeli sepaket dengan lensa kit EF-M 15-45mm f3.5-6.3, harga yangditawarkan menjadi $ 700 atau sekitar Rp 10 jutaan. 

Canon EOS M50 Mark II sudah dapat dipesan melalui situs resmi Canon, dan akan segera tersedia di pasaran pada sekitar akhir November 2020.

Like us!

Komentar