Diperbaharui pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:29

Panasonic Lumix BGH1, Kamera Micro Harganya 29 Jutaan, Bisa Apa Saja?

Panasonic Lumix BGH1Foto: Panasonic

Panasonic mengumumkan kamera video micro terbarunya, Lumix BGH1. Kamera ini datang dengan desain baru yang unik dan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh deretan kamera video sekelasnya.

Dengan desain kubik yang menarik, dan bodi kecil yang didominasi dengan dudukan lensa, perusahaan asal Jepang ini menyebut Panasonic Lumix BGH1 sebagai bioskop tanpa cermin. Seperti apa spesifikasinya?

Desain Panasonic Lumix BGH1

Panasonic Lumix BGH1Foto: Panasonic

Desain pada kamera ini mungkin cukup mengejutkan karena unik dan sangat jauh berbeda dari bayangan kita bila menyebut produk kamera video Panasonic generasi sebelumnya.

Lumix BGH1 merupakan kamera pertama besutan Panasonic yang mengusung desain kotak seperti rubik, dan tidak memiliki layar monitor.

Dibagian depannya terdapat lensa yang mendominasi bodi kamera, dipadukan dengan tombol power disisi kanan atasnya. Sedangkan di bagian atas dan belakang kamera dilengkapi dengan tombol kontrol dan berbagai port termasuk ethernet, USB 3.1 Type-C, 3G-SDI, dan HDMI Type-A. 

Semuanya dikemas dalam perpaduan casing aluminium dan magnesium alloy, berukuran sekitar 4 inci, dengan berat kamera sekitar 500 gram, dan menjadikannya kamera video teringan Panasonic sejauh ini.

Menurut Panasonic, ukuran dan bentuk Lumix BGH1 sengaja dirancang untuk memudahkan segala fungsinya, mulai dari pemasangan pada drone, hingga digunakan untuk streaming langsung atau siaran jarak jauh dengan memanfaatkan dukungan remote control.

Spesifikasi Panasonic Lumix BGH1

Panasonic Lumix BGH1Foto: Panasonic

Lumix BGH1 mengusung sensor Micro Four Thirds Live MOS beresolusi 10.2 MP yang diklaim mampu mengoptimalkan kamera untuk merekam video berkualitas 4K.

Kamera ini menjalankan sistem Dual Native ISO Panasonic dan ditenagai prosesor Venus Engine, yang akan mendukung pencahayaan maksimum pada ISO 51.200. 

Dengan ini, Lumix BGH1 mampu mengurangi noise saat merekam di tempat yang minim cahaya, walaupun dengan menggunakan ISO yang tinggi.

Selain itu, kamera ini juga memberikan mode perekaman kecepatan bit rendah C4K / 4K HEVC / H.265 untuk HLG. Kamera ini juga memberikan akses output 4: 2: 0 10-bit C4K / 4K 60p dengan kualitas video HDMI.

Panasonic Lumix BGH1Foto: Panasonic

Menariknya lagi, Panasonic memberikan fitur pelacakan fokus otomatis bertenaga Deep Learning. Fitur ini berfungsi untuk melihat objek yang bergerak cepat, serta mampu mengidentifikasi kepala manusia, sehingga auto fokus bisa tetap terkunci meskipun subjek menjauh dari kamera.

Ada juga fungsi Genlock IN dan Timecode IN / OUT, untuk mengintegrasikan kamera dengan gimbal, stabilisator, dan perangkat keras lainnya. Untuk penyimpanannya, kamera ini dilengkapi dengan slot kartu SD UHS-II ganda. 

Panasonic Lumix BGH1 sudah mendukung jaringan dengan WiFi dan konektivitas Bluetooth 4.2. TErdapat juga jack audio masuk / keluar berukuran 3,5 mm untuk mikrofon berkabel.

Panasonic Lumix BGH1 ini akan segera dipasarkan pada bulan Desember 2020 mendatang dengan harga $1999, atau sekitar Rp 29 jutaan.

Like us!

Contributor

174 Posts