Diperbaharui pada Senin, 28 September 2020 | 17:44

Audi Q5 Sportback, Lebih Sporty dan Bertenaga dari Pendahulunya

audi Q5 SportbackFoto: Audi USA

Audi baru saja mengumumkan mobil SUV terbarunya dari seri Q5, yaitu Audi Q5 Sportback 2021. Mobil terbaru ini rencananya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2021, dengan mengusung desain yang lebih sporty dari pendahulunya.

Produsen mobil asal Jerman ini cukup rajin menawarkan mobil mewah dan berkelas ke pasaran setiap tahunnya, seperti halnya produsen mobil mewah Eropa lainnya. Bukan hanya desainnya yang berbeda, Audi Q5 Sportback juga menawarkan fitur dan teknologi terbaik di kelasnya. 

Penasaran, apa saja yang membedakan Audi Q5 Sportback ini dengan generasi Q5 sebelumnya?

Audi Q5 Sportback

Audi Q5 merupakan salah satu varian mewah yang ditawarkan oleh Audi di Indonesia. Dikelasnya, mobil ini tergolong salah satu SUV paling sporty, dengan performa yang kuat, dan memiliki fleksibilitas tinggi. 

Audi Q5 Sportback adalah pembaruan dari varian Q5 yang dirancang dengan model crossover dan dipadukan dengan gaya ala coupe yang sedang populer, seperti pada BMW X4 atau Mercedes-Benz GLC Coupe. 

Berbicara tentang pembaruan, Audi Q5 Sportback akan dilengkapi dengan teknologi baru yang jauh lebih baik dari generasi berikutnya. Berikut perbandingannya.

Audi Q5 Sportback vs Audi Q5 2020

Desain Eksterior

audi Q5 Sportbackfoto: Audi USA

Perubahan paling signifikan dari Audi Q5 Sportback dan Q5 2020 adalah desain luarnya. Varian Sportback memiliki garis atap yang lebih tajam di bagian belakang, diikuti jendela belakang dengan desain yang runcing yang membuat mobil ini lebih terkesan dramatis.

Pada bagian depannya, terlihat tampilan grill rangka tunggal segi delapan yang berbentuk seperti belah ketupat yang unik, dan di bagian belakang kendaraan, lampu belakang OLED digital menjadi pelengkap dengan beberapa fungsi menarik. 

Setiap lampu berisi tiga panel OLED yang terdiri dari enam segmen, yang dapat diterangi dan dikontrol secara manual. 

Tanpilan luar Audi Q5 Sportback juga cukup bervariasi, karena mobil ini menawarkan 12 warna cat yang berbeda, serta sejumlah desain roda dengan rentang 18 hingga 21 inci. 

Desain Interior

audi Q5 SportbackFoto: Audi USA

Untuk desain interiornya, tidak ada perubahan yang begitu signifikan. Sama seperti halnya pada Audi Q5 2020, mobil ini dilengkapi sistem infotainment MIB 3 dari pabrikan mobil, serta Virtual Cockpit.  Sementara sistem infotainment MMI dengan navigasi ditampilkan pada layar sentuh 10,1 inci. 

Q5 Sportback juga didukung dengan perintah suara. Sedangkan untuk teknologi bantuan pengemudi, coupeover ini hadir dengan standar Audi Pre Sense City, yang dapat membantu menghindari atau mengurangi tingkat bahaya akibat tabrakan dalam kecepatan rendah. 

Mesin

Berbeda dari Audi Q5 2020, Q5 Sportback 2021 menawarkan dua pilihan mesin diantaranya inline-4 2.0L turbo untuk varian biasa, dan V6 3.0L turbo untuk trim S. Selain itu, Audi juga akan menawarkan varian plug-in hybrid yang ada pada Q5 2020 untuk model Sportback.

Mesin 2.0L turbo memiliki tenaga 261 HP dan torsi 370 Nm, sedangkan mesin V6 3.0L turbo yang dipakai Audi Q5 Sportback menghasilkan tenaga 349 HP dan torsi 500 Nm.

Fitur Unggulan

Fitur menarik dari Audi Q5 Sportback adalah lampu belakang berteknologi OLED dengan empat pattern berbeda yang bisa dimodifikasi secara manual, sesuai dengan keinginan pengemudi. Teknologi ini mampu mendeteksi mobil penumpang lain yang berpotensi akan menabrak. 

Sebagai contoh, misalnya jika ada pengemudi lain di belakang mobil dengan jarak 6,5 m, lampu belakang akan secara otomatis mengedip untuk memperingati pengemudi tersebut agar tidak menabraknya.

Audi Q5 Sportback 2021 dijadwalkan mulai dijual di berbagai pasar internasional pada pertengahan tahun 2021. Kendaraan ini akan diproduksi di Meksiko. Untuk informasi terkait harga, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Audi.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts