Diperbaharui pada Kamis, 24 September 2020 | 19:51

Selain Mesin, Ini yang Berubah di BMW M 1000 RR 2020. Gak Keliatan

BMW M 1000 rr

BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasiskan S 1000 RR lansiran 2020. Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam.

Dapat dikatakan BMW M 1000 RR menjadi jawaban atas tuntutan publik dunia akan performa tinggi dan balutan layaknya motor balap, yang dipadukan dengan eksklusifitas serta individualitas sang pemiliknya kelak.

Mahakarya terbaik para insinyur BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR.

Selain itu, imbuhan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

Mesin Gahar, Kaya Fitur

M 1000 RR

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Konfigurasi tersebut untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin sport balap.

Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm - 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sportynya.

Untuk perangkat winglet, dikatakan bahwa BMW telah mengembangkan komponen itu di lintasan balap dan juga terowongan angin (wind tunnel) milik BMW. Terbuat dari serat karbon, komponen ini jelas menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna memperoleh waktu putaran lebih cepat.

REM Ala Superbike

sistem pengereman BMW M 1000 RR

BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.

Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro. Fokus utama dari desain sasis ini untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.

Perhatian khusus diberikan untuk mengoptimalkan performa kendara, pengereman dan kontrol anti-squat, serta feeling terbaik sang rider pada roda depan dan belakang.

Dipasangkannya rem rancangan divisi M didasari pengalaman di ajang World Superbike Championship, yang memberikan stabilitas pengereman serta kemampuan kontrol yang maksimum.

Secara umum, kaliper rem M memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M. Dengan pelek berbahan karbon M, tentunya kemampuan saat melahap permukaan aspal semakin mumpuni, namun tetap ringan baik di trek balap maupun jalan raya.

Dashboard Informatif

dashboard bmw m 1000 rr

Panel isntrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan.

Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), yang dapat digunakan untuk menyediakan materi data yang komprehensif untuk penggunaan M GPS laptrigger dan M GPS data logger (Original BMW Motorrad Accessories) melalui antarmuka OBD cluster instrumen.

Jika Anda belum puas dengan performa standarnya, tak perlu khawatir, BMW menyediakan paket M (M Competition) yang tentunya lebih mumpuni.

Paket ini menyediakan perpaduan menarik antara komponen berkelas untuk kombinasi teknologi balap dan estetika pada saat yang bersamaan.

Selain perangkat lunak M GPS laptrigger dan kode aktivasi yang sesuai, paket ini diantaranya komponen suku cadang berlabel M, lengan ayun yang lebih ringan 220 gram, dan pengoptimalan gesekan.

Paling menarik dari paket tersebut yakni rantai M Endurance yang dilapisi DLC yang bebas perawatan, plus cover belakang pada jok penumpang.

Perubahan di BMW M 1000 RR baru.

  • Mesin M 1000 RR empat silinder berdasarkan mesin RR untuk balap sport. Tenaga puncak lebih besar, torsi lebih tinggi dalam jarak menengah, dan kecepatan maksimum 500 rpm lebih tinggi.
  • 156 kW output pada 14.500 rpm dan dengan demikian 4 kW lebih banyak daripada di RR. Torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm.
  • Piston tempa 2 cincin baru 12 g lebih ringan, ruang bakar yang disesuaikan, dan kompresi ditingkatkan menjadi 13,5. Selain itu, rocker arm yang lebih ramping dan ringan.
  • Port masuk yang sepenuhnya dikerjakan dengan mesin dengan geometri saluran baru dan teknologi BMW ShiftCam untuk memvariasikan waktu kontrol katup dan pengangkatan katup.
  • Katup titanium, di sisi knalpot dengan rakitan pegas baru, rocker arm yang lebih ramping dan 6% lebih ringan, serta camshaft yang dioptimalkan.
  • Blok engine yang sangat ringan dan ringkas dengan batang penghubung titanium yang lebih panjang dan 85 g lebih ringan dari Pankl untuk mengurangi daya gesekan dan mengurangi bobot.
  • Kopling anti-hopping tanpa penguatan otomatis untuk Kontrol Peluncuran yang optimal.
  • Sistem pemasukan yang dibedakan yang dioptimalkan dengan corong pemasukan yang lebih pendek untuk pertukaran gas yang dioptimalkan pada kecepatan rotasi tinggi.
  • Sistem knalpot baru yang lebih ringan 3.657 g dengan manifold buang, peredam suara depan, dan peredam suara belakang yang terbuat dari titanium.
  • M winglet dan high windscreen: Pengereman lebih lambat dan akselerasi lebih awal serta stabilitas lebih saat menikung berkat downforce aerodinamis tanpa pengurangan kecepatan maksimum.
  • Mode berkendara “Rain”, “Road”, “Dynamic”, “Race” “dan“ Race Pro1-3 ”dan generasi terbaru dari Dynamic Traction Control (DTC) dan fungsi wheelie DTC dengan boks sensor 6-axle.
  • Dua kurva throttle karakteristik yang dapat disesuaikan untuk karakteristik respons yang optimal. Rem mesin dengan torsi tarikan mesin tiga kali lipat yang dapat disesuaikan dalam mode Race Pro.
  • Asisten pemindah gigi Pro untuk memindahkan gigi ke atas dan ke bawah tanpa kopling. Kebalikan sederhana dari pola perpindahan gigi untuk penggunaan trek balap.
  • Kontrol Peluncuran untuk start balapan yang sempurna dan Pit-Lane-Limiter untuk kecepatan presisi di jalur pit.
  • Hill Start Control Pro untuk kemudahan start di lereng.
  • Desain sasis dipangkas untuk penggunaan trek balap dengan geometri yang dimodifikasi, distribusi beban roda yang dioptimalkan, dan penyesuaian yang diperpanjang dari titik pivot lengan ayun.
  • Garpu upside-down yang dioptimalkan dan penyangga pegas tengah yang direvisi dengan kinematika Pro Floater Penuh.
  • Rem M untuk pertama kalinya di BMW Motorrad: M RR dengan performa pengereman maksimal untuk trek balap.
  • Roda karbon M: Komponen berteknologi tinggi berkelas untuk performa maksimum di trek balap dan jalan raya.
  • Instrumen cluster dengan layar TFT 6,5 inci yang besar dan dapat dibaca dengan sempurna, memulai animasi dengan logo M dan antarmuka OBD yang dapat digunakan dengan kode aktivasi untuk pencatat data GPS M dan pemicu pengukuran GPS M.
  • Baterai M yang ringan, soket pengisi daya USB di belakang, unit lampu interior LED yang bertenaga, cruise control adaptif elektronik, dan pegangan berpemanas.
  • Desain M dan bahasa bentuk dinamis menunjukkan performa trek balap terbaik.
  • Paket M kompetisi dengan M GPS laptrigger dan kode aktivasi, paket suku cadang Milled, paket karbon M, perak, lengan ayun pemantik 220 g, rantai ketahanan M berlapis DLC, dan paket penumpang termasuk penutup tail-hump.
  • Aksesori dan perlengkapan opsional yang komprehensif.
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.