Diperbaharui pada Rabu, 23 September 2020 | 14:12

Amazfit GTR 2 dan GTS 2, Smartwatch Bisa Pakai Perintah Suara!

GTR 2 GTS 2

Perusahaan asal Tiongkok, Huami, kembali memperkenalkan smartwatch terbarunya, Amazfit GTR 2 dan GTS 2. Keduanya merupakan penerus dari Amazfit GTR dan GTS yang telah diluncurkan tahun lalu. Dengan perubahan desain dan peningkatan spesifikasi, jam tangan pintar ini resmi diluncurkan di pasar Tiongkok pada hari ini (23/09/2020). Kira kira apa saja yang ditingkatkan pada Amazfit GTR dan GTS terbaru?

Amazfit GTR 2

Amazfit GTR 2Foto: Amazfit

Amazfit GTR 2 tampil dengan layar AMOLED warna berukuran 1,39 inci dengan resolusi 454x454 piksel, yang dilapisi oleh kaca 3D, dan dikelilingi oleh bezel yang jauh lebih tipis dari GTR generasi pertama. GTR 2 mendukung background panggilan khusus dan memiliki opsi untuk meletakkan gambar favorit dari galeri di latar belakang.

GTR 2 mengusung baterai yang lebih besar (471 mAh), yang mampu memberikan daya tahan hingga 14 hari dalam skenario penggunaan normal, dan hingga 38 hari dalam mode penggunaan dasar.

Fitur Amazfit GTR 2

GTR 2 memiliki beberapa fitur baru, salah satunya fitur SomnusCare, yang berfungsi untuk memantau tidur dan mengkategorikannya menjadi tiga fase yaitu, tidur ringan, tidur nyenyak, dan REM. Ditambah lagi, jam tangan pintar ini juga mampu mengenali waktu pengenalan tidur siang.

Tidak hanya itu, Amazfit GTR 2 mendukung total 12 mode olahraga di dalam maupun di luar ruangan, serta memiliki GPS bawaan untuk pelacakan rute.

Amazfit GTR 2 memiliki sensor detak jantung PPG BioTracker untuk pemantauan detak jantung selama 24 jam, dan dilengkapi dengan OxygenBeats, yang menggunakan sensor SpO2 untuk mengukur tingkat oksigen darah.

GTR 2 didukung dengan asisten suara Xiao AI, sehingga para penggunanya mampu memberikan perintah lewat suara. Dengan teknologi ini, pengguna juga bisa menjawab panggilan telefon dengan menghubungkan jam tangan pintar ke hp, serta dapat memutar musik tanpa menggunakan earphone.

Amazfit GTR 2 dapat bertahan di kedalaman air hingga 50 meter dan tersedia dalam dua varian, Sport dengan desain bodi alumunium, dan Klasik dengan desain bodi baja yang tahan karat. Untuk model Sport dibanderol dengan harga $ 150 atau sekitar Rp 2,2 jutaan. Sedangkan pada varian klasik dibanderol seharga $ 160 atau sekitar Rp 2,3 jutaan. 

Amazfit GTS 2

Amazfit GTS 2Foto : Amazfit

Dilihat dari desainnya, GTS 2 memiliki tampilan dan berat yang hampir sama seperti pada generasi sebelumnya. Namun, spesifikasi yang dimiliki mirip seperti model GTR 2. Hanya saja ukuran layar dan kapasitas baterai yang dimiliki berbeda.

GTS 2 mengemas layar AMOLED berwarna dengan ukuran 1,65 inci dan resolusi 348 x 442 piksel, lengkap dengan kaca lengkung 3D dan lapisan karbon seperti berlian sebagai anti gores. Sedangkan untuk kapasitas baterainya, GTS 2 mengusung baterai 246 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 7 hari untuk penggunaan normal, dan 20 hari untuk long battery life mode.

Fitur Amazfit GTS 2 

Bukan hanya spesifikasinya yang mirip, fitur yang ada pada GTS 2 juga hampir sama dengan fitur GTR 2. Artinya jam tangan pintar ini didukung dengan ketahanan air hingga 50 meter, fitur pelacak tidur, fitur Kesehatan yang mampu memantau detak jantung, pengukuran tingkat oksigen darah, fitur olahraga, GPS, mikrofon untuk berbicara di panggilan telepon, pemutaran musik offline, hingga teknologi asisten suara Xiao AI.

GTS 2 terbuat dari perpaduan material aluminium, dan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu, Hitam, Abu-abu, dan Emas. Harga Amazfit GTS 2 ini dibanderol $ 150 atau sekitar Rp 2,2 jutaan, dan sudah dijual di pasar Tiongkok.

Hingga saat ini, belum ada kabar kapan GTR 2 dan GTS 2 akan tersedia secara global. Apakah keduanya akan dipasarkan di Indonesia?

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts