Diperbaharui pada Rabu, 16 September 2020 | 15:51

ASUS ZenBook 13 dan 14, Desain Classy dan Performa Tinggi

Oleh Restu Aji Siswanto

asus zenbook 13 zenbook 14Foto: ASUS Indonesia

ASUS kembali menghadirkan seri ZenBook Classic di Indonesia. ZenBook 13 dan ZenBook 14 hadir sebagai laptop premium dengan desain ultra-tipis, namun masih mengusung port lengkap. Desain keduanya berpusat pada kemudahan pengguna selama beraktivitas, dengan memberikan bentuk ringkas dengan bobot ringan.

Menurut Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, desain ZenBook 13 dan ZenBook 14 memungkinkan penggunanya untuk menghindari pemakaian tas laptop besar. Selain itu, daya tahan baterai yang awet juga memungkinkan laptop dipakai seharian hanya dengan sekali pengisian saja.

ASUS ZenBook 13 dan ZenBook 14 merupakan laptop seri ZenBook dengan port lengkap yang memiliki bodi paling tipis di dunia. Berikut ini 5 kelebihan ZenBook 13 dan ZenBook 14 yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

Kelebihan ASUS ZenBook 13 dan ZenBook 14

1. Desain Premium dan Daya Tahan Kokoh

asus zenbook 14Foto: ASUS Indonesia

Tampilan bodi ZenBook 13 dan ZenBook 14 menggunakan bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut untuk memberikan kesan mewah dan premium. Salah satu ciri khas ZenBook kembali hadir pada keduanya, yaitu desain "Zen" yang melingkar pada bagian belakang layarnya. 

Kedua laptop ZenBook terbaru ini hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalannya hanya 13,9mm saja. Selain itu, ZenBook 13 dan ZenBook 14 juga sangat ringan. Karena menggunakan bodi aluminium alloy, keduanya hanya memiliki bobot 1,11 kg (ZenBook 13) dan 1,17 kg (ZenBook 14).

ZenBook 13 dan ZenBook 14 dilengkapi dengan kamera 3D IR yang sudah mendukung fitur Windows Hello. Kamera ini memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Teknologi ini akan memindai wajah pengguna dan memberikan akses. 

Windows Hello tidak hanya membuat proses login menjadi lebih mudah dan cepat, tetapi juga lebih aman. Kamera tersebut dipasang pada bezel atas layar yang sangat tipis. Bezel tipis ini memungkinkan berkat teknologi NanoEdge Display, sehingga kedua laptop ini bisa tampil dengan rasio screen-to-body hingga 90%.

Daya tahan bodi laptop sangat kokoh dan telah mendapatkan sertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G). Bahkan ZenBook 14 telah lolos berbagai pengujian berstandar militer, mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

2. Memberikan Kenyamanan Lebih

asus zenfone 13Foto: ASUS Indonesia

Salah satu fitur paling menarik di ZenBook 13 dan ZenBook 14 adalah edge-to-edge keyboard. Fitur ini membuat keyboard pada keduanya dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya. Artinya, ZenBook 13 dan ZenBook 14 memiliki format keyboard lebih luas dan tombol yang lebih besar. Berkat fitur ini, mengetik menjadi lebih nyaman. Selain itu, ada juga fitur bernama ErgoLift yang membuat kegiatan mengetik bertambah kenyamanannya. 

ErgoLift sendiri merupakan fitur yang membuat bodi utama laptop terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan. Posisi tersebut membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendinginan berkat rongka udara ekstra yang diciptakan dari posisi bodi utama yang terangkat.

3. Konektivitas Lengkap Tanpa Repot

konektivitas asus zenbook 13 zenbook 14Foto: ASUS Indonesia

Jika laptop dengan bodi tipis biasanya hadir dengan konektivitas terbatas khususnya pada jumlah dan jenis port, hal tersebut tidak berlaku di ZenBook 13 dan ZenBook 14. ASUS masih menghadirkan port USB Type-A dan HDMI ke dalam bodi laptop ini. Ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop ke monitor eksternal tanpa harus menggunakan USB dongle.

Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan port USB Type-C. Dua buah port tersebut hadir di laptop ini dan telah mendukung teknologi USB Power Delivery. Artinya, laptop ini dapat diisi dayanya melalui port USB Type-C. Tidak hanya itu, port USB Type-C ini juga merupakan port Thunderbolt 3. 

ZenBook 13 dan ZenBook 14 juga telah dilengkapi dengan konektivitas wireless menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. ASUS juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan laptop untuk menangkap sinyal WiFi lebih baik. 

4. Awet Dipakai Seharian

spesifikasi asus zenbook 14Foto: ASUS Indonesia

Meski ringkas, kedua laptop ZenBook terbaru ini memiliki kapasitas baterai mencapai 67Whr yang dapat bertahan hingga 16 jam. Salah satu alasan mengapa daya tahan baterainya sangat panjang adalah berkat penggunaan komponen yang rendah daya seperti prosesor 10th Gen Intel Core “Ice Lake” yang telah hadir dengan GPU terintegrasi yang sudah powerful untuk kebtuhan komputasi sehari-hari, sehingga laptop tidak perlu menggunakan GPU terpisah yang akan memakan daya ekstra.

ZenBook 13 dan ZenBook 14 juga mendukung teknologi USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya baterai melalui port USB Type-C yang tersedia di laptop ini. Selain mempermudah proses pengisian daya, teknologi ini juga memungkinkan pengiain daya menggunakan power bank.

5. Performa Terbaik untuk Multitasking

spek asus zenbook 14Foto: ASUS Indonesia

Kedua laptop ini dibekali dengan prosesor 10th Gen Intel Core i7 (Ice Lake) yang memiliki konfigurasi hingga 4 core dan 8 thread, serta memiliki boost clock hingga 3,9GHz. Konfigurasi tersebut sangat pas untuk sebuah ultrabook, karena masih cukup kencang dan tidak boros daya.

Prosesor Intel Core i7-1065G7 pada ZenBook 13 dan ZenBook 14 ditenagai oleh GPU terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, GPU Intel Iris Plus tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah. 

Menemani prosesornya, keduanya juga dilengkapi dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x2 SSD berkapasitas 512 GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting.

Untuk memori, ZenBook 13 dan ZenBook 14 mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas hingga 16 GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR3X laptop semakin gesit. Berbagai aplikasi pun dapat dijalankan dengan sangat lancar, bahkan sangat optimal untuk multitasking.

Harga ASUS ZenBook 13 dan ZenBook 14

Seluruh varian ASUS ZenBook 13 dan ZenBook 14 telah tersedia mulai tanggal 16 September 2020 dan bisa didapatkan melalui Bhinneka, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia. ZenBook 13 dan ZenBook 14 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 14.299.000.

Daftar Harga ASUS ZenBook 13 dan ZenBook 14

ZenBook 13 Intel i7 Rp 17.299.000
ZenBook 13 Intel i5 Rp 14.299.000
ZenBook 14 Intel i7 Rp 17.299.000
ZenBook 14 Intel i5 Rp 14.299.000
Like us!

Komentar