Diperbaharui pada Rabu, 16 September 2020 | 13:44

iPad Air 4 dengan Chip A14 Bionic Punya Desain Keren

apple ipad air 4

Apple kembali memanjakan fansnya, melalui acara peluncuran yang digelar secara online pada 16 September. Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan beberapa gadget terbaru, salah satunya iPad Air 4. Tablet ini dinyatakan lebih bertenaga dari seri iPad sebelumnya, karena ditenagai oleh chip A14 Bionic. Berikut spesifikasi dan desainnya.

Spesifikasi iPad Air 4

iPad Air 4 merupakan produk pertama Apple yang dibekali chip A14 Bionic, mendahului iPhone 12 maupun iPad Pro. A14 Bionic merupakan chip tercanggih Apple yang dibuat menggunakan proses fabrikasi 5nm. SoC dengan 11,8 miliar transistor ini memiliki CPU 6-core serta GPU 4-core. Apple mengklaim bahwa chip ini mampu meningkatkan kinerja iPad hingga 40 persen.

iPad Air 4 ini juga tawarkan 2 pilihan konektivitas, yaitu Wi-Fi dan Wi-Fi + seluler. Selain itu, tablet ini dibekali satu kamera belakang beresolusi 12 MP dengan lensa wide, dan satu kamera depan beresolusi 7 MP dengan lensa true depth. Perangkat ini juga telah mendukung aksesori Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard buatan Apple. Sayangnya, iPad Air 4 belum dibekali fitur Face ID. 

Desain iPad Air 4

iPad Air 4 kini tampil berbeda dari generasi sebelumnya. Dengan bingkai layar yang lebih tipis, dan panel display yang lebih lebar berukuran 10,9 inci Layar IPS LCD yang diusungnya memiliki resolusi 2360 X 1640 piksel, membuat tampilan layar iPad Air mirip dengan seri Pro.

Tidak hanya layar, perubahan speaker yang ditempatkan disisi kanan dan kiri iPad, serta pergantian USB Lighting ke USB type C juga persis seperti seri iPad Pro. Menariknya lagi, Apple menambahkan 2 warna baru untuk seri iPad Air 4 ini, yaitu green dan blue.

Harga iPad Air 4

Apple akan memberikan opsi harga berdasarkan kapasitas memori dan konektivitas. Untuk memori penyimpanan 64 GB, harga dibanderol mulai dari $599 atau sekitar Rp 8,8 jutaan (Wi-Fi), $729 atau sekitar Rp 10,8 jutaan (Wi-Fi+ seluler). 

Sedangkan, memori 256 GB dibanderol dengan harga $749 atau sekitar Rp 11 jutaan (Wi-Fi), dan $879 atau sekitar Rp 13 jutaan (Wi-Fi seluler). Kabarnya, iPad Air 4 akan dapat dibeli di pasaran mulai bulan Oktober mendatang.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts