PS5 : Spesifikasi, Harga, dan Tanggal Rilis. Lengkap!

Oleh Imam Ali updated Senin, 6 Jul 2020 | 16:30

harga ps5

Playstation 5 atau PS5 memang bukan laptop gaming dengan spesifikasi yang gahar, tapi meski demikian produk Sony ini sangat patut untuk dibahas?

Alat ini bisa jadi alternatif yang lebih murah untuk dibanding sebuah laptop gaming terbaik yang merogoh kantung Anda lebih dalam.

Meskipun laptop gaming tersebu menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX 2080, PS5 sepertinya tetap akan jadi pilihan.

Bahkan, menurut penulis PS5 mungkin jadi salah satu konsol paling kuat bahkan sekuat laptop gaming pada umumnya. Ini yang membuat Pricebook tergelitik untuk mengupas PS5 dan juga apa yang hadir bersamanya.

Paling tidak bisa jadi suatu sebuah pertimbangan ketika harus memilih antara PS5 dengan laptop gaming.

Tanggal rilis PS5

tanggal rilis ps5

Dalam sebuah wawancara dengan situs Wired, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengkonfirmasi bahwa PS5 dijadwalkan untuk diluncurkan pada liburan mendatang di tahun 2020, mungkin bersama Xbox Series X.

Sony juga kabarnya merilis PS5 Pro di saat yang sama dengan peluncuran PS5 keluar. Mempertimbangkan seberapa besar kekuatan yang dibanggakan Sony, kami ingin tahu seberapa kuat model Pro sebenarnya.

Dikabarkan oleh seorang jurnalis Jepang Zenji Nishikawa, disitus Wccftech, yang mengatakan pada siaran langsung bahwa kedua konsol akan diluncurkan di musim liburan 2020.

Nishikawa memiliki rekam jejak yang cukup terpercaya, terutama saat kabar mengenai Nintendo Switch Lite dan PS4 Pro sebelumnya.

Leaker terkenal lainnya, PSErebus, mengungkapkan bahwa PS5 akan tersedia di Amerika Utara pada 20 November 2020.

Untuk kredit PSErebus, mereka pernah benar saat memprediksi tanggal rilis untuk The Last of Us Part II, jadi kemungkinan ada kredibilitas pada ramalan mereka kali ini.

Kembali ke Sony, di mana arsitek sistem utama PS5 sekaligus video game designer Mark Cerny membocorkan lebih banyak informasi tentang arsitektur konsol Playstation terbaru ini. Anda dapat menonton siaran langsung dari website PlayStation Blog .

Baru-baru ini, Sony secara resmi mengkonfirmasi bahwa PS5, serta game PS5 tidak akan ditunda kehadirannya karena pandemi.

Sony mengungkapkan ini melalui laporan pendapatannya untuk tahun fiskal, yang berakhir pada tanggal 31 Maret.

PS5 Sebanding vs PC Gaming

ps5 vs PC

Mark Cerny dari Sony merinci spesifikasi PS5 dalam sebuah wawancara dengan Wired , dan tampaknya CPU dan GPU PS5 akan didasarkan pada prosesor AMD generasi ketiga, delapan-core Ryzen serta AMD Radeon Navi. 

Bocoran terbesar adalah penampakan PS5 akan membawa ray tracing ke konsol. Teknologi ini merupakan teknologi yang sama yang ditemukan dalam GPU RTX Nvidia.

Pembuat hardware Komachi Ensaka mengatakan, melalui tweet yang diterjemahkan , bahwa GPU PS5 akan memiliki kinerja yang mendekati GPU RTX 2080.

Tidak jelas apakah ini berarti akan lebih dekat ke GPU seluler atau GPU desktop, tetapi terlepas dari itu, mesinnya pasti lebih kuat. 

Yang paling penulis sukai adalah, PS5 akhirnya sudah menggunakan SSD. Sudah pasti game akan berjalan lebih cepat berkat keberadaan SSD.

Cerny memainkan bagian dari Marvel's Spider-Man yang biasanya membutuhkan waktu 15 detik untuk memuat, dan memuatnya dalam waktu kurang dari satu detik.

Pihak Sony juga mengatakan, PS5 memiliki kecepatan rendering grafis yang super epic. Terutama dengan penggunaan daya komputasi yang semakin ditingkatkan serta SSD broadband ultra-cepat yang disesuaikan.

Menurut leaker PSErebus, PS5 akan datang dengan SSD 2TB. Selain itu, CPU PS5 akan mengaktifkan audio 3D, yang akan memungkinkan pengalaman yang lebih mendalam.

Dan menurut CEO PlayStation Jim Ryan dalam sebuah wawancara dengan CNET , PS5 akan mendukung resolusi hingga 4K pada 120Hz, bersama dengan 8K pada 60Hz.

ps5 speed

Beberapa waktu lalu, Cerny juga mengkonfirmasi bahwa GPU PS5 memiliki 10.3 Teraflops. Tak hanya itu, CPU PS5 memiliki clock pada 3.5GHz.

Jika dilihat capaian keduanya dirasa lebih lemah daripada Xbox Series X. Namun, uniknya PS5 menggunakan RAM 16GB GDDR6.

PS5 memiliki 825GB SSD, tidak lebih banyak dari 1TB SSD yang digunakan Xbox Series X. Tapi mungkin ini siasat Sony kedepan yang mengizinkan adanya opsi peningkatan penyimpanan yang tersedia.

SSD yang digunakan memiliki kecepatan transfer 5.5GBps, sangat cepat. SSD tersebut juga menargetkan bandwidth 5GB / s, mampu memuat 2GB dalam 0,27 detik.

Keberadaannya memungkinkan boot cepat pada PS5. Cerny juga sempat berbicara tentang keberadaan audio 3D.

Dia menggunakan Dead Space sebagai contoh dan mengatakan meskipun Anda menggunakan TV, Anda masih bisa mengetahui keberadaan musuh. PlayStation menggunakan fitur suara surround virtual untuk memungkinkan hal tersebut. 

Cerny juga menyatakan pengguna PS5 dapat menerima gambaran langsung ke telinga mereka melalui pemetaan audio 3D.

Seperti main PUBG di Hp menggunakan headset untuk mengetahui posisi lawan melalui suara langkah.

PS5 vs laptop gaming

ps5 vs laptop gaming

Jika PS5 benar-benar mengemas GPU yang sebanding dengan RTX 2080, itu berarti dapat berjalan beriringan dengan laptop seperti Alienware Area-51m, Laptop Asus ROG Mothership dan MSI GT76 Titan.

Sebagai referensi, semua mesin ini berharga lebih dari $ 4.000 saat diuji. Pada benchmark Rise of the Tomb Raider (Sangat Tinggi, 1080p), Area-51m mencapai 92 fps, ROG Mothership mencapai 86 fps dan GT76 Titan mencetak 68 fps.

Bahkan jika PS5 sekuat deretan laptop gaming tersebut, tentunya pengaturannya pasti menggunakan kecepatan refresh 120Hz serta bergantung pada resolusi 1080p.

Sedangkan pada tingkatan 4K, Titan GT76 hanya bisa mencapai 25 fps. Jadi, mungkinkah PS5 mampu mendorong 120 fps pada 4K di pengaturan tertinggi.

Namun jika Anda menginginkan sebuah device gaming lengkap dengan ray-tracing, grafis halus dan tidak perlu khawatir tentang mengoptimalkan pengaturan sendiri, maka PS5 mungkin jadi satu-satunya yang cocok.

Harga PS5

harga ps5

Mengenai harga, Twinfinite melaporkan bahwa analis Ace Research Institute Hideki Yasuda telah memperkirakan bahwa harga PS5 akan hadir dikisaran $ 499. Alasan tersebut membuatnya menjadi sekitar seperdelapan dari harga laptop gaming standar di pasaran.

Bocoran lain dari PSErebus menyebutkan, PS5 akan memiliki harga jual "yang direkomendasikan" sebesar $ 499 dengan SSD 2TB. Baru-baru ini, sumber Bloomberg mengklaim bahwa harga PS5 menjadi $ 450.

Meski belum resmi tapi dari beberapa bocoran yang ada, kemungkinan besar harga PS5 tak akan jauh dari dua harga tersebut.

Daftar Game PS5

daftar game ps5

Anda tidak hanya akan mendapatkan sebagian besar daftar game PS5 yang sama dengan yang Anda dapatkan di PC, tetapi Anda juga akan mendapat kesempatan eksklusif dari PlayStation yang jauh lebih baik daripada tingkat eksklusif di PC.

Epic Games baru-baru ini meluncurkan Unreal Engine 5 dan memamerkan gameplay gen pertama untuk PS5. Itu tampak spektakuler. Anda dapat menontonnya di youtube mereka.

Meskipun game ini bukan game eksklusif untuk PS5, namun sekuel ini mungkin akan jadi game badass seperti God of War, Horizon: Zero Dawn bahkan Spider-Man.

Ditambah lagi dengan game-game yang akan datang seperti The Last of Us: Part II dan Ghosts of Tsushima, yang kemungkinan besar akan hadir untuk versi PS5, mengingat keduanya jadi yang pertama dijadwalkan untuk rilis berdekatan dengan peluncuran PS5.

Ada beberapa game yang dikonfirmasi, seperti yang ditemukan konfirmasi dari GamesRadar dalam sebuah acara bersama Ubisoft.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa Watch Dogs Legion, Gods and Monsters, dan Rainbow Six Quarantine akan dioptimalkan untuk PS5 dan Xbox Series X.

Bethesda mengonfirmasi bahwa game Starfield yang akan datang dijadwalkan untuk konsol generasi berikutnya, dan game action-RPG Godfall juga akan hadir untuk PS5 tahun ini dari Counterplay Games.

Bluepoint Games (Shadow of the Colossus) juga mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempersiapkan hal besar untuk versi game PS5. Banyak orang curiga kalau itu adalah remake dari Demon Souls atau bahkan Metal Gear Solid, tapi belum ada yang dikonfirmasi.

Bagaimana perbandingannya dengan laptop gaming? Dalam tweet lain yang kamu temukan di PSErebus, terungkap bahwa PS5 akan diluncurkan dengan Gran Turismo 7 pada 20 November 2020.

Sony juga mengumumkan bahwa PS5 akan memiliki game eksklusif saat peluncuran yang tidak akan dapat dimainkan di PS4, tidak seperti Xbox Series X, yang akan memiliki game yang dapat dimainkan pada keduanya.

Cerny mengatakan bahwa "hampir semua" dari 100 game PS4 teratas akan kompatibel dengan PS5 saat diluncurkan. Artinya, tidak semua game akan siap untuk dimainkan.

Dalam sebuah posting blog , PlayStation pun menegaskan bahwa merke percaya mayoritas dari 4.000 judul game atau lebih dari PS4 dapat dimainkan di PS5.

PS5 PSVR 2

Jika PS5 memiliki kinerja setara dengan laptop gaming, bagaimana dengan hardware VR-nya mereka? Apakah ada update terbaru?

Menurut paten, PSVR 2 akan memiliki beberapa kamera yang terpasang pada headset, mirip dengan Oculus Rift S, dan bahkan mungkin nirkabel, seperti Oculus Quest. Untuk spesifikasi di dalam headset, khususnya lensa masih belum jelas sampai saat ini.

Apakah akan lebih baik jika dibandingkan dengan headset lain seperti Oculus Rift S dan Vive Cosmos, yang merupakan headset VR terkemuka untuk PC. 

Desain PS5

Apakah PS5 akan menjadi lebih tebal layaknya MSI GT75 Titan dalam hal desain? Atau malah menjadi sangat tipis seperti Razer Blade 15. Menurut paten Sony , PS5 sebenarnya adalah yang pertama.

Dari rumor tentang PS5 yang ditulis Pricebook di artikel sebelumnya, terungkap Sony membekali PS5 dengan desain berbentuk V yang dipadukan dengan kipas tebal serta port USB Tipe-A.

Bocoran tersebut didapatkan Pricebook dari Gizmodo yang mendapat kiriman gambar dari kit dev PS5. Modelnya terlihat identik dengan gambar paten tersebut. Penulis sendiri lebih berharap versi final PS5 tidak akan setebal yang digambarkan dalam gambar tersebut.

Berkaca dari model PS4 yang memiliki tubuh ramping model facelips, paling tidak PS5 hadir dengan desain kit dev PS5 namun dengan ketebalan yang tipis.

Joystick PS5

PS5 akan hadir bersama pengontrol DualSense generasi berikutnya. Apakah Anda sudah siap memperoleh manfaat dari pengontrol DualSense terbaru? Sony memberi Wired tampilan eksklusif soal DualSense, dan tampaknya mirip dengan DualShock 4.

Wujud Joystick tersebu menunjukkan bagaimana pengontrol memungkinkan Anda merasakan perbedaan dalam ketegangan antara menembakkan busur dan anak panah atau mengemudi di luar jalan.

PlayStation baru-baru ini memberi kami pengungkapan penuh tentang kontroler PS5 DualSense. PS5 DualSense telah membuat pilihan berani dengan desainnya, khususnya jalur warna default yang diperkenalkan Sony.

Pengontrol didominasi warna putih dengan aksen hitam dan pencahayaan biru yang sangat akrab berasal dari sekitar touchpad pusat seperti bilah lampu DualShock 4.

Meskipun Sony menawarkan tampilan yang relatif menyeluruh pada pengendali PS5 DualSense, namun mereka tidak membahas secara spesifik tentang kompatibilitas dengan PS4 atau PC.

PS5 DualSense sudah dengan menggunakan baterai internal dengan metode isi ulan berbeda dari sebelumnya, yakni melalui USB-C.

Belum ada perincian tentang ukuran baterai, tetapi penulis optimis kalau versi baru Playstation ini akan menggendong baterai yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait