Diperbaharui pada Rabu, 16 Desember 2020 | 09:15

Sony Rilis PS5 di Indonesia Mulai 22 Januari 2020, Harganya?

Oleh Restu Aji Siswanto

harga ps5

Sony telah mengumumkan secara resmi kalau PS5 sudah dapat dibeli dengan sistem pre-order pada tanggal 17 September 2020 secara global. Namun pada saat itu, Indonesia tidak termasuk didalamnya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk wilayah Indonesia, Sony telah menjadwalkan peluncuran PlayStation 5 pada awal tahun depan. Gamer konsol di Indonesia baru bisa membelinya secara resmi tahun depan, tepatnya tanggal 22 Januari 2021.

PS5 sendiri telah rilis lebih awal di bulan November di AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, serta negara-negara lainnya.

Mengenai konsol yang akan dijual, PS5 tersedia dalam dua opsi yaitu versi standar dan digital. Dimana versi standar masih menggunakan cakram blu-ray untuk memainkan game-nya, dan versi Digital Edition, dimana mesin konsol PS5 ini hanya bisa memainkan game digital yang disimpan dalam HDD-nya.

PS5 Sebanding PC Gaming?

ps5 vs PC

Mark Cerny dari Sony merinci spesifikasi PS5 dalam sebuah wawancara dengan Wired, dan CPU dan GPU PS5 akan didasarkan pada prosesor AMD generasi ketiga, delapan-core Ryzen serta AMD Radeon Navi.

PS5 dibekali dengan CPU x86-64-AMD Ryzen™ “Zen 2”, 8 Cores / 16 Threads, Variable frequency, up to 3.5 GHz.

Bocoran terbesar adalah penampakan PS5 akan membawa ray tracing ke konsol. Teknologi ini merupakan teknologi yang sama yang ditemukan dalam GPU RTX Nvidia. Pembuat hardware Komachi Ensaka mengatakan, melalui tweet yang diterjemahkan, bahwa GPU PS5 akan memiliki kinerja yang mendekati GPU RTX 2080.

Tidak jelas apakah ini berarti akan lebih dekat ke GPU seluler atau GPU desktop, tetapi terlepas dari itu, mesinnya pasti lebih kuat. Yang paling kami sukai adalah, PS5 akhirnya sudah menggunakan SSD. Sudah pasti game akan berjalan lebih cepat berkat keberadaan SSD.

Cerny memainkan bagian dari Marvel's Spider-Man yang biasanya membutuhkan waktu 15 detik untuk memuat, dan memuatnya dalam waktu kurang dari satu detik.

Pihak Sony juga mengatakan, PS5 memiliki kecepatan rendering grafis yang super epic. Terutama dengan penggunaan daya komputasi yang semakin ditingkatkan serta SSD broadband ultra-cepat yang disesuaikan.

PS5 akan datang dengan SSD 825 GB dan System Memory GDDR6 16 GB. Selain itu, CPU PS5 akan mengaktifkan audio 3D, yang akan memungkinkan pengalaman yang lebih mendalam.

Dan menurut CEO PlayStation Jim Ryan dalam sebuah wawancara dengan CNET , PS5 akan mendukung resolusi hingga 4K pada 120Hz, bersama dengan 8K pada 60Hz.

ps5 speed

Beberapa waktu lalu, Cerny juga mengkonfirmasi bahwa GPU PS5 memiliki 10.3 Teraflops. Tak hanya itu, CPU PS5 memiliki clock pada 3.5GHz. Jika dilihat capaian keduanya dirasa lebih lemah daripada Xbox Series X. Namun, uniknya PS5 menggunakan RAM 16GB GDDR6.

PS5 memiliki 825GB SSD, tidak lebih banyak dari 1TB SSD yang digunakan Xbox Series X. Tapi mungkin ini siasat Sony kedepan yang mengizinkan adanya opsi peningkatan penyimpanan yang tersedia.

SSD yang digunakan memiliki kecepatan transfer 5.5GBps, sangat cepat. SSD tersebut juga menargetkan bandwidth 5GB / s, mampu memuat 2GB dalam 0,27 detik.

Keberadaannya memungkinkan boot cepat pada PS5. Cerny juga sempat berbicara tentang keberadaan audio 3D.

Dia menggunakan Dead Space sebagai contoh dan mengatakan meskipun kamu menggunakan TV, kamu masih bisa mengetahui keberadaan musuh. PlayStation menggunakan fitur suara surround virtual untuk memungkinkan hal tersebut. 

Cerny juga menyatakan pengguna PS5 dapat menerima gambaran langsung ke telinga mereka melalui pemetaan audio 3D. Seperti main PUBG di Hp menggunakan headset untuk mengetahui posisi lawan melalui suara langkah.

Harga PS5

harga ps5
Sony merilis pengumuman resminya pada 17 September 2020, bahwa harga PS5 dibanderol pada angka $ 499.99, atau sekitar Rp 7,4 jutaan. Sementara untuk versi digitalnya, akan dijual dengan harga lebih murah, $ 399.99, atau sekitar Rp 5,9 jutaan.

Kedua versi PlayStation 5 ini akan mulai tersedia pada bulan November 2020. Selain itu, Sony juga secara resmi mengumumkan daftar harga aksesoris PS5 yang akan diluncurkan secara bersamaan dengan konsolnya. Berikut ini daftarnya:

  • DualSense™ Wireless Controller - $ 69.99 (Rp 1 jutaan)
  • PULSE 3D™ wireless headset dengan 3D audio support dan dual noise-cancelling microphones - $ 99.99 (Rp 1,4 jutaan)
  • HD Camera dengan lensa dual 1080p - $59.99 (Rp 800ribuan)
  • Media Remote - $29.99 (Rp 400ribuan)
  • DualSense™ Charging Station - $29.99 (Rp 400ribuan)

Lalu kira-kira berapa harga PS5 di Indonesia? Khusus untuk pasar Indonesia, ada perbedaan yang cukup besar soal harga resminya. PlayStation 5 reguler akan dibanderol dengan harga resmi Rp 8.799.000, sementara harga PS5 Digital Edition dijual dengan banderol lebih murah Rp 7.299.000.

Daftar Game PS5

daftar game ps5

Kamu tidak hanya akan mendapatkan sebagian besar daftar game PS5 yang sama dengan yang kamu dapatkan di PC, tetapi kamu juga akan mendapat kesempatan eksklusif dari PlayStation yang jauh lebih baik daripada tingkat eksklusif di PC.

Epic Games baru-baru ini meluncurkan Unreal Engine 5 dan memamerkan gameplay gen pertama untuk PS5. Itu tampak spektakuler. kamu dapat menontonnya di youtube mereka.

Meskipun game ini bukan game eksklusif untuk PS5, namun sekuel ini mungkin akan jadi game badass seperti God of War, Horizon: Zero Dawn bahkan Spider-Man. PS5 juga mampu menampilkan game dengan refresh rate 120Hz.

Ditambah lagi dengan game-game yang akan datang seperti The Last of Us: Part II dan Ghosts of Tsushima, yang kemungkinan besar akan hadir untuk versi PS5, mengingat keduanya jadi yang pertama dijadwalkan untuk rilis berdekatan dengan peluncuran PS5.

Ada beberapa game yang dikonfirmasi, seperti yang ditemukan konfirmasi dari GamesRadar dalam sebuah acara bersama Ubisoft.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa Watch Dogs Legion, Gods and Monsters, dan Rainbow Six Quarantine akan dioptimalkan untuk PS5 dan Xbox Series X.

Bethesda mengonfirmasi bahwa game Starfield yang akan datang dijadwalkan untuk konsol generasi berikutnya, dan game action-RPG Godfall juga akan hadir untuk PS5 tahun ini dari Counterplay Games.

Bluepoint Games (Shadow of the Colossus) juga mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempersiapkan hal besar untuk versi game PS5. Banyak orang curiga kalau itu adalah remake dari Demon Souls atau bahkan Metal Gear Solid, tapi belum ada yang dikonfirmasi.

Sony juga mengumumkan bahwa PS5 akan memiliki game eksklusif saat peluncuran yang tidak akan dapat dimainkan di PS4, tidak seperti Xbox Series X, yang akan memiliki game yang dapat dimainkan pada keduanya.

Cerny mengatakan bahwa "hampir semua" dari 100 game PS4 teratas akan kompatibel dengan PS5 saat diluncurkan. Artinya, tidak semua game akan siap untuk dimainkan.

Dalam sebuah posting blog , PlayStation pun menegaskan bahwa merke percaya mayoritas dari 4.000 judul game atau lebih dari PS4 dapat dimainkan di PS5.

PS5 PSVR 2

Jika PS5 memiliki kinerja setara dengan laptop gaming, bagaimana dengan hardware VR-nya mereka? Apakah ada update terbaru?

Menurut paten, PSVR 2 akan memiliki beberapa kamera yang terpasang pada headset, mirip dengan Oculus Rift S, dan bahkan mungkin nirkabel, seperti Oculus Quest. Untuk spesifikasi di dalam headset, khususnya lensa masih belum jelas sampai saat ini.

Apakah akan lebih baik jika dibandingkan dengan headset lain seperti Oculus Rift S dan Vive Cosmos, yang merupakan headset VR terkemuka untuk PC. 

Desain PS5

Apakah PS5 akan menjadi lebih tebal layaknya MSI GT75 Titan dalam hal desain? Atau malah menjadi sangat tipis seperti Razer Blade 15. Menurut paten Sony , PS5 sebenarnya adalah yang pertama.

Dari rumor tentang PS5 yang ditulis Pricebook di artikel sebelumnya, terungkap Sony membekali PS5 dengan desain berbentuk V yang dipadukan dengan kipas tebal serta port USB Tipe-A.

Bocoran tersebut didapatkan Pricebook dari Gizmodo yang mendapat kiriman gambar dari kit dev PS5. Modelnya terlihat identik dengan gambar paten tersebut. Penulis sendiri lebih berharap versi final PS5 tidak akan setebal yang digambarkan dalam gambar tersebut.

Berkaca dari model PS4 yang memiliki tubuh ramping model facelips, paling tidak PS5 hadir dengan desain kit dev PS5 namun dengan ketebalan yang tipis.

Joystick PS5

PS5 akan hadir bersama pengontrol DualSense generasi berikutnya. Apakah kamu sudah siap memperoleh manfaat dari pengontrol DualSense terbaru? Sony memberi Wired tampilan eksklusif soal DualSense, dan tampaknya mirip dengan DualShock 4.

Wujud Joystick tersebu menunjukkan bagaimana pengontrol memungkinkan kamu merasakan perbedaan dalam ketegangan antara menembakkan busur dan anak panah atau mengemudi di luar jalan.

PlayStation baru-baru ini memberi kami pengungkapan penuh tentang kontroler PS5 DualSense. PS5 DualSense telah membuat pilihan berani dengan desainnya, khususnya jalur warna default yang diperkenalkan Sony.

Pengontrol didominasi warna putih dengan aksen hitam dan pencahayaan biru yang sangat akrab berasal dari sekitar touchpad pusat seperti bilah lampu DualShock 4.

Meskipun Sony menawarkan tampilan yang relatif menyeluruh pada pengendali PS5 DualSense, namun mereka tidak membahas secara spesifik tentang kompatibilitas dengan PS4 atau PC.

PS5 DualSense sudah dengan menggunakan baterai internal dengan metode isi ulan berbeda dari sebelumnya, yakni melalui USB-C.

Like us!

Komentar