Snapdragon Wear 4100 Series Untuk Smartwatch Masa Depan

Oleh Imam Ali updated Kamis, 2 Jul 2020 | 11:52

qualcomm snapdragon wear 4100 platform

Qualcomm hadirkan Qualcomm Snapdragon Wear 4100 platforms yakni, Snapdragon Wear 4100+ serta Snapdragon Wear 4100 hadir didesain untuk smartwatch generasi terbaru.

Sistem prosesor terbaru ini memiliki teknologi yang terkoneksi dan berbasis arsitektur hybrid konsumsi daya rendah. Klaim Qualcomm mengatakan, Snapdragon Wear 4100+ platform berbasis pendekatan hybrid ini telah teruji.

Pengujian termasuk pada System-on-Chip (SoC) super cepat, Always On (AON) co-prosesor yang lebih pintar, dan peningkatan substansial pada daya platform berbasis teknologi proses 12nm dibandingkan dengan platform sebelumnya.

Pankaj Kedia, Global Business Head, Smart Wearables Segment, Qualcomm Technologies, Inc. menyatakan “Kami telah memperlihatkan kesuksesan luar biasa dengan desain hybrid kami yang inovatif, pertama kali diperkenalkan melalui Snapdragon Wear 3100 platform, yang membawa performa serta daya tahan baterai terbaik pada wearable."

Peningkatan tersebut membantu para pengguna untuk mendapatkan pengalaman yang kaya dan ditingkatkan pada mode interaktif, ambient, olahraga, dan jam.

"Kali ini, kami menggunakan pendekatan unik tersebut ke tahap selanjutnya dengan peluncuran Snapdragon Wear 4100 platforms yang akan memberikan pengalaman lebih kaya dan ditingkatkan untuk smartwatch generasi selanjutnya,” lanjutnya.

Industri Wearable Berkembang Pesat, Didukung dengan Inovasi Platform

Industri wearable telah memperlihatkan pertumbuhan yang cukup kuat selama beberapa tahun terakhir, dan menurut IDC, pertumbuhan tersebut diprediksi akan berlanjut lebih cepat.

Sebagaimana industri tersebut berkembang, wearable semakin tersegmentasi mulai orang dewasa, anak-anak, dan lansia serta untuk penggunaan tertentu seperti olahraga, kesehatan, komunikasi, dan fashion.

Seiring dengan segmen wearable yang semakin beragam, hal tersebut membutuhkan sebuah arsitektur fleksibel yang menghadirkan pengalaman kaya dan juga membantu memberikan daya baterai yang lebih lama.

Aristektur hybrid dengan SoC A-Class dan co-prosesor M-Class paling tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Keunggulan Snapdragon Wear 4100 Series

Snapdragon wear 4100

Arsitektur Snapdragon Wear 4100+ Berbasis Hybrid

SoC berperforma tinggi dengan CPU, GPU, Memori, Modem Seluler, dan sub-system Kamera yang ditingkatkan dalam proses daya rendah 12nm dengan DSP ganda yang didesain untuk modem/lokasi dan sensor/audio

Sebuah co-prosesor daya ultra rendah AON untuk menyokong serangkaian penggunaan termasuk tampilan, sensor, peta, dan waktu Perangkat lunak antarmuka AON yang lebih kuat untuk mengelola interaksi antara SOC dan co-prosesor.

Arsitektur Snapdragon Wear 4100+ dirancang untuk memberikan peningkatan signifikan dalam performa, konektivitas, kecerdasan, dan daya dibandingkan platform kami sebelumnya, yang mendukung peningkatan pengalaman yang kaya bagi konsumen.

Performa dan Konektivitas Super Cepat

Performa dan Konektivitas Super Cepat: SoC terdiri dari prosesor quad-core A53, prosesor grafik kelas Qualcomm® Adreno™ 504, memori LPDDR3 (750MHz) yang lebih cepat, serta ISP ganda yang mendukung kamera hingga 16 megapiksel.

Snapdragon Wear 4100+ didesain untuk menghadirkan performa 85% lebih cepat dibandingkan Snapdragon Wear 3100 platform serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan peluncuran aplikasi yang lebih cepat.

Penggunaan aplikasi secara bersaman, UX yang lebih lancar & responsif, serta pengalaman video dan foto yang lebih kaya. Mode 4G LTE, yang didasarkan pada proses teknologi 12nm, telah ditingkatkan secara signifikan dari platform kami sebelumnya dengan DSP khusus.

Fitur berdaya rendah seperti eDRX, manajemen daya level platform, dukungan untuk Cat 4/3/1 dan antena tunggal / ganda.

Co-Processor Always-On (AON) yang Lebih Pintar

Co-prosesor AON yang telah ditingkatkan mendukung pengalaman penggunaan yang lebih kaya. Qualcomm telah membagi memori dan performa untuk menampilkan warna hingga 64K (dari 16 warna).

Mereka juga memperluas pengalaman penggunaan meliputi pengawasan detak jantung terus menerus dan fitur tidur untuk kesehatan, tilt-to-wake yang lebih responsif, penghitung langkah, alarm, penghitung waktu, serta haptics untuk mode jam tangan tradisional yang lebih mumpuni.

Platform Berdaya Sangat Rendah

Qualcomm juga memberikan jaminan optimalisasi daya rendah termasuk proses teknologi 12nm berdaya rendah. DSP ganda untuk pembagian beban lebih optimal, dukungan jam dinamis serta pengaturan voltase yang baik.

Terdapat juga Qualcomm Sensor Assisted Positioning PDR Wearables 2.0, dukungan pelacakan lokasi berdaya rendah, serta pengaturan Bluetooth 5.0 yang ditingkatkan.

Pengembangan tersebut didesain untuk menghadirkan lebih dari 25% penghematan daya diseluruh penggunaan penting serta memperpanjang umur baterai bagi platform (jika dibandingkan platform sebelumnya)

Pengalaman yang Lebih Kaya dan Ditingkatkan

Pendekatan platfrom hybrid memberikan pengalaman yang kaya dan ditingkatkan di seluruh mode interaktif, suasana, olahraga, dan jam. Dalam mode interaktif, platform mendukung pengalaman imersif dengan kamera, voice assistant, serta pesan suara/video.

Pada mode ambient, jumlah warna bertambah dari 16 menjadi 64K dan nomor kerning didesain untuk membuat mode membaca lebih jelas dan menawarkan pilihan desain yang lebih menarik.

Dalam mode olahraga, peta meningkatkan pengalaman saat berlari. Mode jam tradisional meliputi fitur- fitur seperti detak jantung, langkah, alarm, pengingat, dan indikator baterai, dengan pengaruh minimum kepada performa atau umur baterai.

Pelanggan Pertama Snapdragon Wear 4100

snapdragon wear 4100+

“Kami mengapresiasi kecerdasan dan inovasi dari pelanggan pertama kami, Xiaotiancai dan Mobvoi,” lanjut Kedia, “Kami senang bahwa perusahaan industri terkemuka ini mengumumkan smartwatch berbasis platform Snapdragon Wear 4100 kami hari ini dan akan mengapalkan produk mereka pada akhir tahun 2020."

Xiaotiancai adalah merek smartwatch terkemuka untuk anak – anak dan mengumumkan smartwatch generasi berikutnya Imoo Z6 Ultra berbasis Snapdragon Wear 4100. Produk ini diharapkan akan mulai dikapalkan dalam 30 hari ke depan.

Jam ponsel Z6 Ultra akan menjadi smartwatch Android berbasis platform Snapdragon Wear 4100 pertama. Dalam setahun terakhir, keduanya telah berkolaborasi untuk menciptakan produk yang benar-benar berbeda dengan performa yang sangat responsif.

Device yang dihasilkan mampu mendukung video dan gambar dengan kamera ganda, konektivitas modem 4G LTE yang lebih cepat, serta daya tahan baterai yang lebih lama, sehingga mampu menghadirkan serangkaian pengalaman terhubung baru yang menarik bagi anak-anak.

Mobvoi Inc. adalah perusahaan AI terkemuka dan mengumumkan smartwatch TicWatch Pro generasi berikutnya berbasis Snapdragon Wear 4100 platform.

Mobvoi dan Qualcomm memiliki sejarah kolaborasi yang panjang dan telah meluncurkan beberapa seri smartwatch, termasuk TicWatch Pro yang sangat diakui selama lebih dari dua tahun.

"Kami senang dan merasa terhormat menjadi merek pertama yang akan mengumumkan smartwatch generasi selanjutnya berbasis Snapdragon Wear 4100 dan Wear OS oleh platform Google,” sebut Zhifei, CEO dan Co-Founder, Mobvoi, Inc,

Ketersediaan Platform Snapdragon Wear 4100

harga snapdragon 4100+

Platform Snapdragon Wear 4100 hadir dalam dua varian, pertama adalah Snapdragon Wear 4100+ platform yang mencakup SOC utama (SDM429w atau SDA429w) dan AON Co-Processor (QCC1110), dengan chip pendamping termasuk PMIC, RF untuk Modem/GPS dan WiFi/BT, dan RFFE.

Kemudian varian kedua adalah Snapdragon Wear 4100 platform yang terdiri dari SOC utama dengan chip pendamping. Snapdragon Wear 4100 platform mendukung Android Open Source Platform (AOSP) dan Wear OS oleh platform OS Google.

Snapdragon Wear 4100 + dan Snapdragon Wear 4100 telah tersedia dan dapat dikirim.

Artikel Terkait

Komentar