Diperbaharui pada Senin, 4 Mei 2020 | 11:00

Gandeng AMD, Samsung Siapkan HP dengan AMD Radeon Tahun Depan

hp SamsungFoto: Pexels

Sebagai produsen hp ternama, Samsung selalu menggandeng produsen chipset untuk perangkat hp besutannya. Tercatat, Samsung sudah berkolaborasi dengan produsen prosesor ternama seperti Qualcomm dan Mediatek sebagai mitra bisnisnya. Tak hanya itu, Samsung juga mengembangkan chipset buatannya sendiri yang bernama Exynos. 

Samsung baru-baru ini telah meresmikan kerja sama terbarunya dengan produsen grafis ternama yakni AMD. Seperti diketahui, AMD merupakan produsen perangkat grafis pada perangkat pc gaming dan laptop gaming yang sudah teruji kualitasnya.

Kolaborasi antara Samsung dengan AMD ini akan menghadirkan grafis pada chipset Exynos yang sudah digunakan pada banyak perangkat hp yang beredar di pasaran.  Dengan kerjasama ini, kinerja grafis pada Exynos bakal semakin mantap dan akan tersedia pada perangkat hp premium Samsung yang akan diluncurkan pada tahun 2021 mendatang. 

Sebagai informasi, produsen grafis pada perangkat hp masih dikuasai oleh ARM "vanilla" Mali GPU dan Qualcomm Adreno yang digunakan pada hampir semua perangkat hp yang beredar di pasaran. Penggunaan grafis kedua produsen ini bisa dibilang opsi yang sangat realistis karena keterbatasan produsen grafis yang tertanam pada system on chip (SoC).  

Selain AMD, sebenarnya ada produsen grafis lain yang tersedia yakni NVIDIA. Namun, Samsung lebih mempercayakan AMD sebagai mitra bisnisnya untuk memaksimalkan kinerja grafis pada chipset besutannya. Teknologi AMD Radeon yang sudah teruji pada perangkat desktop kini mulai dirancang khusus untuk perangkat hp. 

Dilansir via Slashgear, aplikasi benhcmark GFXBench membocorkan chipset besutan Samsung yakni Exynos sudah menggunakan arsitektur AMD RDNA yang diklaim memiliki performa yang setara dengan Adreno 650 yang tertanam pada CPU Snapdragon 865. 

Kolaborasi antara Samsung dengan AMD ini menjadi perjudian besar bagi Samsung dalam mensukseskan penjualan hp secara global untuk tetap menguasai pasaran. Kabar lainnya, kedepannya Samsung diharapkan akan memperkenalkan Exynos 1000 yang sudah menggunakan grafis AMD Radeon dengan fabrikasi 5nm. 

Penasaran bagaimana teknologi yang akan ditanamkan dan bagaimana dengan kinerja yang dihadirkan? Tunggu saja perkembangan kabar selanjutnya.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.