Diperbaharui pada Kamis, 2 April 2020 | 08:45

Fitbit Charge 4, Smartband Terbaru dengan GPS

Fitbit Charge 4
Fitbit secara resmi meluncurkan gelang pintar terbarunya yang bernama Fitbit Charge 4. Smartband terbaru Fitbit ini hadir dengan tampilan desain yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Namun perangkat ini sudah ditambahkan GPS serta fitur Active Zone Minutes yang diklaim mampu menghadirkan tingkat kesehatan yang lebih baik dari seri sebelumnya. 

Active Zone Minutes merupakan fitur berbasis pada aktivitas yang dilakukan pengguna sehari-hari. Tak hanya mampu menghitung jumlah langkah yang secara terus menerus, gelang pintar ini juga mampu memindai detak jantung selama 24 jam yang berfungsi untuk mengukur tingkat detak jantung baik saat melakukan aktivitas ataupun sedang tidur.  Selain itu, perangkat ini juga dapat menghitung jumlah kalori yang terbakar saat melakukan aktivitas olahraga seperti fitness dan yang lainnya. 

Akan ada kredit khusus yang diizinkan untuk setiap menit aktivitas olahraga yang terjadi di zona pembakaran kalori. Tak hanya itu, perangkat ini juga akan menggandakan kredit untuk aktivitas yang dilakukan pada zona cardio. Setiap aktivitas dengan intensitas yang berbeda akan ditampilkan pada zona tertentu untuk menampilkan efek pembakaran kalori yang dihasilkan. 

Hadirnya GPS yang terintegrasi dengan Fitbit Charge 4 memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi saat berlari, berjalan ataupun aktivitas di luar lainnya tanpa perlu terhubung dengan perangkat smartphone.

Fitbit telah menambahkan tujuh mode latihan baru yang bisa terintegrasi dengan GPS, dan semua mode yang tersedia akan tersinkronisasi ke heat map di aplikasi Fitbit yang tak hanya menunjukan rute saat beraktivitas tapi juga menunjukkan intensitas olahraga yang dilakukan. 

Fitbit Charge 4
Fitbit telah menambahkan tujuh mode latihan baru yang mendukung GPS, dan semuanya mensinkronisasi ke "peta panas" di aplikasi Fitbit yang tidak hanya menunjukkan rute Anda, tetapi juga intensitas latihan yang diubah sendiri. Meskipun menggunakan GPS onboard, Fitbit mengatakan Anda masih bisa mendapatkan masa pakai baterai hingga tujuh hari dari Charge 4, meskipun itu turun hingga 5 jam dengan penggunaan GPS terus menerus.

Menariknya lagi, meskipun perangkat ini terhubung secara langsung dengan GPS, gelang pintar ini memiliki daya tahan baterai yang tahan lama hingga 5 jam penggunaan dalam satu kali pengisian baterai. 

Tak jauh berbeda dengan gelang pintar pada umumnya, Fitbit Charge 4 juga sudah dibekali dengan fitur pengukur waktu tidur dan sensor SpO2. Sensor Spo2 ini menampilkan informasi kadar oksigen yang ada di dalam darah ketika pengguna sedang tidur. Menariknya lagi, pengguna juga bisa memasang alarm dan mengaktifkan mode tidur. 

Tak hanya menghadirkan fitur yang bisa memberikan informasi kesehatan pengguna, Fitbit Charge 4 kini sudah mendukung Spotify Connect dan Control yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol pemutaran musik saat melakukan aktivitas olahraga.

Selain itu, perangkat ini juga bisa menampilkan notifikasi yang masuk melalui perangkat smartphone. Dukungan Fitbit Pay juga sudah hadir pada perangkat ini dan memberikan akses kepada pengguna untuk terhubung dengan pelatihan fitness. 

Fitbit Charge 4 mulai tersedia secara pre-order dan akan didistribusikan pada 13 April 2020. Harga Fitbit Charge 4 di banderol US$149.95 atau sekitar Rp2,5 juta dan tersedia dengan pilihan warna hitam, rosewood, dan storm blue/black. 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.