Asus ZenBook Duo Kembali dengan Ukuran yang Lebih Kecil

Oleh Restu Aji Siswanto updated Senin, 13 Jan 2020 | 15:49

asus zenbook duoImage via Asus

Asus ZenBook Pro Duo yang rilis tahun 2019 lalu, cukup menyita perhatian karena desain 2 layar yang unik. Di tahun 2020, Asus mengumumkan versi “downgrade” yang diberi nama ZenBook Duo. Apa yang membedakan keduanya selain ukuran?

Meskipun spesifikasi Asus ZenBook Duo tidak segahar kakaknya yang rilis lebih dulu, namun laptop Asus 2 layar ini masih masuk dalam kelas high-end. Perubahan mendasar adalah ukuran layarnya lebih kecil, dan spek layar keduanya juga tidak sama dengan ZenBook Pro Duo.

Desain yang berkarakter

harga asus zenbook duoImage via Asus

Asus ZenBook Duo punya warna baru yaitu Celestial Blue. Warna ini kabarnya sengaja dipilih Asus untuk mewakili tampilan masa depan, yang berporos pada inovasi tanpa batas. Wah, dalam juga ya filosofinya. Tapi harus diakui, pemilihan warna ini memang sesuai.

Secara desain, memang tidak banyak yang berubah, bisa dibilang, ZenBook Duo ini desainnya identik dengan ZenBook Pro Duo. Casing luarnya menggunakan metal-finish, dengan ErgoLift yang mampu mengangkat ujung paling atas keyboard hingga sudut 5.5 derajat.

Desain keyboard yang terangkat ini memberikan kenyamanan ketika digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama, karena tangan pemakainya jadi tidak mudah lelah. Selain itu, sistem pendinginan mesin juga jadi bekerja dengan maksimal.

Layar lebih kecil

laptop asus zenbook duoImage via Asus

Dengan bentuk yang sedikit mengecil, maka ukuran layar pun sedikit menyusut. Asus ZenBook Duo memiliki layar Full HD (1920 x 1080) NanoEdge berukuran 14 inci, dengan bezel yang cukup tipis, membuat rasio screen-to-body menjadi 90%. 

Bila jenis layar pada ZenBook Pro Duo menggunakan OLED, ZenBook Duo menggunakan layar LCD. Hal ini yang membuat kualitas layarnya turun menjadi Full HD, bukan 4K seperti produk pendahulunya, menjadikan istilah “downgrade” menjadi tepat.

Layar kedua yang memiliki nama resmi ScreenPad, masih memiliki fungsi yang sama. Layar kedua ini masih dilengkapi dengan berbagai fungsi dan apikasi build-in yang mendukung produktivitas. Selain itu, terdapat juga quick controls, hingga kemampuan menggeser toolbars dari layar utama. Seri Asus ZenBook memang selalu inovatif.

Spek gahar dan baterai awet

spesifikasi asus zenbook duoImage via Asus

Spesifikasi ZenBook Duo cukup mumpuni. Terdapat dua model dengan prosesor berbeda. Versi umumnya dibekali dengan Intel Core i7, 1.8GHz quad-core, sementara untuk beberapa pasar tertentu, akan dibekali dengan Intel Core i5, 1.6GHz quad-core.

Untuk tampilan garfisnya, Asus ZenBook Duo mendapatkan dukungan dari NVIDIA GeForce MX250. Setidaknya ini menjamin performa ketika laptop digunakan untuk pekerjaan kreatif seperti mendesain atau editing video.

Baterai Asus ZenBook Duo bisa bertahan hingga 22 jam bila layar ScreenPad tidak diaktifkan, sehingga pekerjaan seharian bisa dilakukan hanya dengan sekali mengisi daya baterai. Bila layar keduanya aktif, baterainya bisa bertahan hingga 15 jam pemakaian.

Berapa harga Asus ZenBook Duo?

harga asus zenbook duoImage via Asus

Dengan spesifikasi yang berbeda dari ZenBook Pro Duo, maka harga ZenBook Duo juga diharapkan tidak semahal pendahulunya tersebut. Hingga saat ini, Asus belum mengumumkan secara resmi harga ZenBook Duo, namun produk laptop Asus terbaru ini sudah terpampang di situs resminya.

Artikel Terkait

Komentar