Samsung Galaxy Fold 2, Pakai Snapdragon 855 dan Kamera Selfie 10MP?

Oleh Restu Aji Siswanto updated Kamis, 9 Jan 2020 | 15:15

Samsung Galaxy Fold 2Image via Samsung

Banyak yang mengira kalau Samsung Galaxy Fold 2 akan mengusung Snapdragon 865, namun informasi terbaru yang datang dari My Smart Price mengabarkan bahwa hp Samsung terbaru ini dilengkapi dengan Snapdragon 855 dan kamera selfie 10MP.

Beberapa waktu yang lalu, sempet beredar foto-foto bocoran desain Samsung Galaxy Fold 2 yang bentuknya tidak mengikuti pendahulunya. Foldable phone terbaru Samsung ini menggunakan desain lipat clamshell yang membuatnya terlihat lebih ringkas. 

Soal desain yang bocor tersebut, tidak diikuti dengan informasi yang pasti tentang spesifikasinya. Sekarang, ada informasi terbaru mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Fold 2 yang rumornya akan diluncurkan pada bulan Februari 2020.

Snapdragon 855 vs Snapdragon 865

Snapdragon 855Image via Qualcomm

Kalau melihat spesifikasinya, Qualcomm Snapdragon 865 memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Snapdragon 855, terutama dalam hal performa CPU, GPU and artificial intelligence (AI). Core Cortex A77 juga memberikan performa CPU 25% lebih cepat.

Performa yang 25% lebih cepat ini juga berlaku pada GPU. Snapdragon 865 menggunakan Adreno 650, sementara Snapdragon 855 masih mengandalkan Adreno 640. Selain itu dukungan tampilan 8K juga bisa didapatkan pada 865, karena 855 hanya mentok di kualitas 4K.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Snapdragon 865, lalu kenapa Samsung memilih untuk menanamkan Snapdragon 855 pada hp penerus Galaxy Fold ini? Alasannya sebenarnya sederhana.

Pengembangan Samsung Galaxy Fold 2 sepertinya sudah dilakukan Samsung sejak beberapa bulan terakhir ini. Ini bisa juga menjadi alasan kenapa Snapdragon 855 yang menjadi pilihan, ketimbang Snapdragon 865 yang mungkin pada saat pengembangan dimulai, belum dibuat.

Kamera selfie 10MP

konsep samsung galaxy fold 2Image via Lets Go Digital

Bicara soal hp Samsung, salah satu hal yang paling sering dibahas adalah kameranya. Samsung masih menjadi salah satu produsen smartphone dengan kualitas kamera terbaik saat ini. Makanya tidak heran bisa sektor ini menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan.

Sumber yang sama menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Fold 2 akan dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 10MP. Rumor yang beredar saat ini, kamera selfie ini akan menggunakan sensor gambar yang sama dengan yang dipakai oleh Galaxy Note 10.

Desain lipat yang klasik

samsung galaxy fold 2Image via XEETECHCARE

Melihat beberapa foto yang sempat bocor belum lama ini, desain Samsung Galaxy Fold 2 jauh berbeda dari generasi sebelumnya, Galaxy Fold pertama. Kali ini bentuknya melipat dengan desain clamshell. Sekilas, desain yang minimalis dan sederhana ini menyerupai bentuk kotak bedak. 

Kapan Samsung Galaxy Fold 2 resmi diumumkan?

Samsung Galaxy Fold 2 diharapkan akan diluncurkan secara resmi pada bulan Februari 2020. Peluncurannya kemungkinan akan dibarengi dengan peluncuran Samsung Galaxy S20. Menurut sumber yang sama, Galaxy S20 sudah mulai diproduksi di India.

Samsung Galaxy S20 sendiri kabarnya akan diluncurkan dalam dua versi, standar dan Galaxy S20+ (S20 Plus). Harga Samsung Galaxy Fold 2 sendiri belum diumumkan. Kemungkinan dikisaran $1000 (Rp 13 jutaan). Kita tunggu kabar resminya dari Samsung!

Artikel Terkait

Komentar