Samsung Galaxy A90 Sudah 5G, Harga Rp11 Jutaan?

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 3 Jul 2019 | 18:19

Samsung Galaxy A90Bocoran image Samsung Galaxy A90

Belum lama memperkenalkan Samsung Galaxy A80, kini Samsung sudah menyiapkan Galaxy A90. Kabarnya hp Samsung terbaru ini akan di rilis pada bulan Agustus 2019. Untuk bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A90 diantaranya dibekali prosesor Snapdragon 855 hingga sudah mendukung teknologi 5G.

Prosesor Snapdragon 855 merupakan chipset terbaru yang biasanya dipasangkan pada produk flagship Samsung. Namun hp Samsung dengan prosesor Snapdragon ini lebih ditujukan untuk pasar Amerika, sedangkan di Indonesia menggunakan Exynos.

Namun yang pasti dengan chipset ini pengguna bisa mengharapkan performa dari A90 yang lebih tangguh, proses data lebih cepat, transfer data juga lebih ngebut. Termasuk menikmati teknologi AI yang lebih canggih dan stabil serta kualitas grafis yang lebih ciamik.

Mesin terbaru dari Qualcomm tersebut kemudian rumornya di topang dengan kapasitas RAM 6GB dan memori internal 64GB. Samsung Galaxy A90 memiliki layar dengan ukuran 6,7 inci dengan layar berteknologi OLED. Ponsel ini memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup untuk digunakan seharian yaitu 3700 mAh yang didukung dengan fitur fast charging. 

Bagaimana dengan kameranya? Rumor yang sebelumnya beredar mengatakan bahwa sistem kamera yang akan dipasangkan pada Galaxy A90 akan sama dengan Galaxy A80. Tapi rumor tersebut ditepis dengan muncul bocoran tampilan Samsung Galaxy A90 yang tampak belakang terdapat tiga kamera dan untuk kamera selfie menggunakan model pop up. Saat ini baru diketahui sensor kamera belakang yang digunakan adalah 48 MP + 12 MP + 5 MP. 

Samsung Galaxy A90 dengan Snapdragon 855

Samsung Galaxy A90Samsung A90 akan menggunakan Snapdragon 855 sebagai mesinnya, apa artinya? Snapdragon 855 adalah teknologi baru yang dikeluarkan oleh Qualcomm, rajanya produsen chipset untuk produk perangkat Android di seluruh dunia. Snapdragon 855 memperkuat konektivitas 4G dan bisa mendukung era 5G untuk generasi smartphone di masa depan.

Infrastrukturnya juga dibangun untuk mengoptimalkan AI yang kini teknologinya makin banyak digunakan untuk membuat perangkat teknologi genggam makin canggih dan bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Snapdragon 855 adalah chipset terbaik yang ada saat ini untuk memberikan performa dan juga tenaga processing yang lebih tangguh bagi smartphone.

Tidak sebanding dengan kekuatannya yang besar, Snapdragon 855 memiliki bentuk chip yang sangat kecil yaitu 7 nm, setara dengan yang digunakan oleh perangkat Apple untuk produk iOS terbarunya. Dengan bentuk fisik chip yang lebih kecil memungkinkan Samsung Galaxy A90 memiliki desain yang lebih slim dan tidak berat sehingga meski memiliki layar yang cukup besar di level 6 inci tidak membuat penggunanya terasa berat ketika perangkat digenggam.

Bagi Anda yang suka bermain game dengan grafis yang tinggi dan juga video-video maupun film menggunakan ponsel, Samsung Galaxy A90 bisa jadi perangkat genggam yang mulus untuk aktivitas tersebut. Snapdragon 855 memastikan pengalaman gaming dan nonton Anda tidak terganggu dengan lagging apalagi sampai crash. 

Samsung Galaxy A90 Sudah 5G?

Samsung Galaxy A90
Dari rumor yang beredar juga disebutkan akan ada dua varian dari Samsung Galaxy A90. Satu varian reguler dengan konektivitas 4G, sedangkan yang satu lagi (banyak media yang menyebutnya sebagai varian “Pro”) dikabarkan akan memiliki konektivitas 5G. Dikatakan bahwa teknologi konektivitas 5G memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi 4G atau bisa mencapai 100 GB per detik.

Beberapa perangkat yang sudah maupun akan menggunakan koneksi 5G antara lain adalah Samsung Galaxy S10 5G, OnePlus 7 Pro 5G, Moto Z3 dan Z4, Huawei Mate X, LG V50 ThinQ, dan lain-lain. Samsung Galaxy A90 dengan konektivitas 5G juga dikatakan akan menggunakan chipset yang sama dengan versi regulernya yaitu Snapdragon 855. Hal ini menjadikan A90 adalah ponsel Samsung dari A series pertama yang menggunakan prosesor flagship dari Qualcomm, membuat A90 hampir setara dengan S series.

Sedangkan untuk kameranya, versi 5G digosipkan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan versi regulernya, kamera belakang memiliki sensor 48 MP + 8 MP + 5 MP namun memiliki ukuran layar yang sama meski nampaknya ada perbedaan pada teknologi layar. Dengan digunakannya konektivitas 5G kemudian dipasangkan dengan chipset premium, bisa jadi A90 adalah perangkat dengan kecepatan tinggi bahkan bisa selevel dengan produk Samsung yang kelas atas. 

Prediksi Harga Samsung Galaxy A90

Belum ada informasi yang resmi mengenai harga Samsung A90 baik yang versi reguler maupun yang versi 5G namun dari berbagai macam rumor yang beredar nampaknya A90 akan dibanderol dengan harga di sekitar Rp11 jutaan.

Jika benar, maka Samsung Galaxy A90 akan menjadi varian A series yang harganya paling mahal dibandingkan dengan A series lainnya yang lebih terjangkau.  Harga tersebut bahkan setara dengan S series paling baru dari Samsung yaitu Galaxy S10e yang berada di angka Rp10,5 juta per unit.

Artikel Terkait

Komentar

octaviavia53 Jumat, 15 Nov 2019 | 04:20
Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermodal 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, selain itu ada bonus untuk new member hingga 2JT , Bonus next depo hingga 1 JT, gunakan kode refferal berikut: dupa88.com/?ref=haqqi ,Buruan gabung bersama kami dupa88. net