Meizu Zero, Hp Unik Pertama di Dunia Tanpa Port dan Tombol

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 1 Feb 2019 | 15:27

Inovasi di pasar hp seakan hadir tanpa henti. Jika sebelumnya terdapat hp dual layar, hp layar penuh dengan kamera slider, sensor sidik jari di dalam layar, hingga ketersediaan kamera belakang mencapai 4 modul, kini kamu disuguhkan dengan hp tanpa lubang port port dan tombol sehingga menampilkan desain yang sangat estetik.

Adalah Meizu, brand asal Tiongkok yang meluncurkan hp seri Meizu Zero ke publik. Meizu Zero diklaim sebagai hp pertama di dunia yang tidak dilengkapi tombol dan lubang port sehingga tampilannya terkesan seamless tanpa adanya sambungan sama sekali. Kamu penasaran dengan spesifikasi dan fitur yang disuguhkan Meizu Zero? Simak ulasannya berikut ini:

Desain Seamless Tanpa lubang port dan Tombol

Tampil menawan dengan bodi yang terbuat dari bahan keramik, Meizu Zero tampil berani karena tidak dilengkapi dengan tombol, lubang port speaker, port charging, sensor sidik jari fisik, hingga slot microSD. Didukung dengan sertifikasi IP68, Meizu Zero memiliki kemampuan tahan debu dan tahan air pada kedalaman 2 meter selama 30 menit seperti kebanyakan hp keluaran terbaru lainnya.

Karena tak dilengkapi lubang port speaker, Meizu Zero memanfaatkan teknologi mSound 2.0 yang bisa mengeluarkan suara dari layar hp. Sementara itu, sensor sidik jari turut ditanam ke dalam layar, sedangkan sarana input suara menggunakan lubang port berukuran sangat kecil yang terdapat di permukaan hp ini.

Terkait kebutuhan pengisian daya, absennya konektor USB digantikan dengan fitur wireless charging dengan kecepatan mencapai 18W. Tentu, kecepatan pengisian daya tersebut sangat bisa diandalkan karena mengalahkan kecepatan pengisian nirkabel dari Samsung (9W) dan Apple (7W).

Untuk pengoperasian, Meizu Zero memanfaatkan fitur mEngine 2.0 linear haptic engine sebagai tombol navigasi untuk fungsi home, back dan recent apps. Untuk pengoperasian tombol power dan volume, hp ini juga didukung teknologi bernama Pressure Sensing sehingga fungsinya bisa dilakukan dengan menyentuh bagian bodi samping hp.

Sementara untuk konektivitas, hp ini sudah didukung teknologi virtual SIM atau eSIM yang juga digunakan oleh iPhone generasi terbaru sehingga tak lagi membutuhkan kartu SIM fisik.

Menyempurnakan desain estetik yang dibawa Meizu Zero, smartphone ini juga menggunakan panel AMOLED dari Samsung berukuran 5,99 inch dengan rasio 19.5:9 dan resolusi 1080 x 2340 piksel. Hal menarik lainnya, layar tersebut sudah dilapisi dengan 2.5D curved reinforced glass berbentuk membulat pada sisi kiri dan kanannya sehingga secara tampilan nyaris menyerupai Samsung Galaxy S9.

Kamera Berkualitas dengan Bukaan Lensa Besar

 

Kamera Meizu Zero menggunakan konfigurasi dual kamera pada bagian belakang dengan resolusi 12 MP aperture f/1.8 dan PDAF yang dipadukan dengan sensor 20 MP PDAF. Berkat penggunaan sensor tersebut, hp ini dapat diandalkan untuk memotret gambar bokeh dengan kualitas detail meskipun ditangkap di kondisi minim cahaya. Beralih ke bagian depannya, Meizu Zero didukung sensor 20 MP yang bisa kamu pakai untuk swafoto maupun panggilan video.

Performa Mantap dengan Prosesor High-end

Dijalankan pada sistem operasi Android 9.0 (Pie) berbalut skin bernama Flyme 7.0, Meizu Zero turut dilengkapi dengan chipset high-end Qualcomm Snapdragon 845 dengan prosesor Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 385 Silver). Sementara itu, terdapat dua varian memori internal dan RAM yang bisa kamu pilih, yakni RAM 4GB dengan internal storage 64GB dan RAM 6GB dengan memori internal berkapasitas 128GB.

Melalui inovasi di atas, tentunya Meizu siap bersaing dan menjadi pilihan baru bagi pengguna yang merasa bosan dengan penampilan hp yang banyak beredar di pasaran. Saat ini, Meizu Zero bisa kamu pesan secara ekslusif melalui situs Indiegogo dengan harga $2.999 untuk versi Engineer Unit sebelum akhirnya dirilis untuk publik melalui gelaran WMC 2019.

Artikel Terkait

Komentar