6 Keunggulan Xiaomi Mi A2, Spesifikasinya Naik Dibanding Mi A1

Oleh Rizki Abadi updated Rabu, 25 Jul 2018 | 11:18

Kemarin, Xiaomi resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya yaitu Xiaomi Mi A2. Peluncuran smartphone ini dilakukan di Madrid, Spanyol, dan mengandalkan banyak spesifikasi yang mirip dengan Xiaomi Mi 6X.

Diluncurkannya Xiaomi Mi A2 bisa dibilang bertujuan untuk melanjutkan kesuksesan smartphone Mi 5X atau Mi A1. Baik Mi A1 dan Mi A2 adalah smartphone hasil kerjasama antara Xiaomi dan Google melalui project Android One.

Android One sendiri dikenal sebagai OS Android murni tanpa embel-embel kustomisasi seperti MIUI yang dipakai Xiaomi di banyak produk smartphone buatannya. Dibanding versi sebelumnya, jelas Mi A2 sudah mendapat sejumlah peningkatan.

Bahkan, selisih keunggulannya bisa dibilang cukup jauh dibanding Xiaomi Mi A1. Lalu, apa saja keunggulan dari Xiaomi Mi A2 yang membuatnya patut untuk dibeli? Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Desain Lebih Modern

Keunggulan Xiaomi Mi A2

Xiaomi membesut Mi A2 dengan balutan desain yang lebih modern dibanding versi sebelumnya. Di mana Mi A2 sudah menggunakan desain full view dengan bezel tipis, rasio layar yang dimilikinya juga sudah 18:9 meskipun tidak dilengkapi notch ala smartphone kekinian.

Dengan bezel yang tipis, maka penempatan tombol navigasi yang ada pada bodi pada Mi A1 menjadi dipindahkan langsung di dalam layar. Xiaomi juga masih mempertahankan desan tipis dari Mi A2, di mana ketebalan hp ini hanya 7,3mm.

Desain penempatan kameranya juga mengikuti beberapa smartphone premium Xiaomi yang dibuat secara vertikal ala iPhone X. Kesan modern juga masih ditambah dengan dihilangkannya jack 3.5mm yang mulai ditinggalkan banyak smartphone kelas premium.

2. Punya Layar Besar

Xiaomi Mi A2 menggunakan layar ukuran besar 5,99 inch berteknologi LTPS LCD. Dengan layar yang lebih besar, resolusi yang diusung juga lebih baik menjadi 1080 x 2160 pixel dan sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

3. OS Android Oreo

Pada produk Mi A2, Xiaomi menggunakan OS Android One berbasis Android 8.1 Oreo tanpa kustomisasi MIUI yang biasa digunakan pada banyak smartphone Xiaomi. Penggunaan Android Oreo sendiri akan membuat performa dari Mi A2 menjadi semakin smooth.

Karena menggunakan OS Android murni, sama seperti Mi A1, Mi A2 juga dijanjikan akan mendapat update OS lebih cepat dari smartphone Xiaomi yang lain. Selain itu, Google juga turut memuat berbagai aplikasi besutannya ke dalam smartphone ini seperti Google Photo, Google Assistant, atau Google Lens.

4. Menggunakan Chipset Snapdragon 660

Keunggulan Xiaomi Mi A2

Xiaomi menyematkan chipset yang lebih tinggi pada Mi A2, di mana smartphone ini mendapat upgrade chipset dari Qualcomm Snapdragon 625 pada versi sebelumnya menjadi Snapdragon 660 yang punya kemampuan lebih baik.

Untuk menunjang kinerja chipset tersebut, dibenamkan varian RAM dan ROM sebesar 4GB 32GB, 4GB 64GB beserta 6GB 128GB.

5. Kamera Lebih Baik

Xiaomi cukup pede dengan fitur yang sudah mereka sematkan pada Mi A2 yang mempunyai tagline "Picture Perfect 20MP Cameras". Pedenya Xiaomi ini cukup beralasan karena hp ini sudah dilengkapi resolusi lebih bagus.

Di mana kamera belakangnya menggunakan konfigurasi dual kamera beresolusi 12 MP aperture 1.75 ukuran pixel 1.25µm pada lensa primer dan 20MP aperture 1,75 ukuran pixel 2µm pada lensa sekunder.

Lensa utama berfungsi untuk menangkap gambar pada cahaya terang dan lensa sekunder berfungsi untuk menangkap gambar lebih baik pada cahaya gelap. Sedangkan pada kamera depan, Mi A2 menggunakan resolusi 20MP aperture 2.2.

6. Fitur AI

Keunggulan Xiaomi Mi A2

Xiaomi membekali fitur dual kamera belakang dan kamera depan dengan fitur artificial intelligence alias AI. Fitur AI ini memang sudah menjadi fitur yang sudah tersemat pada chipset Snapdragon 660 yang digunakannya. Fitur AI ini akan banyak berfungsi di kamera Mi A2 untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

Hp Berkelas, Harga Tidak Bikin Lemas

Xiaomi Mi A2 RAM 4GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 2,975,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 5.9 inch
OS Version 8.0
Chipset Snapdragon 660
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU -
GPU Adreno 512
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 -
Kapasitas Baterai -

Satu hal yang pasti, Xiaomi sudah melakukan sejumlah upgrade yang membuat smartphone Mi A2 menjadi smartphone kelas menengah yang sangat berkelas. Menariknya, pada saat peluncurannya, Xiaomi melansir kalau harga hp ini masih cukup bersahabat dan rencananya akan menyasar ke 40 negara. Kemungkinan salah satunya adalah Indonesia, mengingat Xiaomi juga membawa Mi A1 ke Indonesia.

Artikel Lainnya

Komentar