6 Fitur Unggulan Xiaomi Redmi 6 Pro, Layar Poni Hingga Face Unlock

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 29 Jun 2018 | 15:59

Belum lama membawa Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ke Indonesia, Xiaomi sudah merilis kembali generasi penerusnya. Ada 3 model yang sudah diperkenalkan Xioami, yaitu Xiaomi Redmi 6Redmi 6A, dan Redmi 6 Pro. Ketiganya siap bersaing di pasar smartphone kelas menengah ke bawah.

Dari ketiganya, kami justru tertarik pada Xiaomi Redmi 6 Pro yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari dua saudara kembarnya. Secara fisik, tampilan Redmi 6 Pro lebih menarik dengan keberadaan notch di layarnya, terlihat lebih modern dan kekinian.

Selain itu, Redmi 6 pro juga dibekali fitur dual kamera di bagian belakang. Fitur yang tidak ditemukan pada Redmi 5 ataupun Redmi 5 Plus. Selain itu, Redmi 6 Pro juga dibekali fitur keamanan terbaru menggunakan fitur face unlock.

Untuk lengkapnya, berikut kami ulas 6 fitur unggulan dari Xiaomi Redmi 6 Pro :

1. Layar Poni

Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki desain kekinian dengan menggunakan notch pada lasyarnya. Meski bukan hp Xiaomi pertama yang mengusung notch, namun di Redmi series hp ini menjadi pelopornya.

Tambahan notch ini membuat tampilan perangkat terlihat lebih menarik dan berbeda dari seri sebelumnya yaitu Redmi 5. Bahkan dibandingkan dengan saudara kembarnya Redmi 6 dan Redmi 6A. Layar berponi ini memiliki aspek rasio 19:9 dalam bentang 5,84 inch panel IPS. Resolusinya sendiri sudah FullHD+ 1080 x 2280 pixel dengan bezel yang cukup tipis.

2. MIUI 9

Sebagai hp Xiaomi terbaru, Redmi 6 Pro tentu menawarkan pengalaman user interface teranyar. Untuk itu, Xiaomi menggunakan OS Android Oreo yang dikustom menjadi UI khas Xiaomi melalui MIUI 9.

Fitur-fitur di MIUI 9 memiliki sejumlah peningkatan dan tambahan fitur ketimbang seri terdahulu, yang memberikan kesan fresh sekaligus mempermudah pengguna saat mengoperasikannya.

3. Dual Kamera

Tidak seperti Redmi 5 yang hanya dibekali kamera tunggal, Xiaomi Redmi 6 Pro sudah menempatkan fitur dual kamera di bagian belakang. Dua sensor ini disusun secara vertikal seperti hp kebanyakan saat ini. Konfigurasinya terdiri dari sensor 12MP + 5MP yang terbilang standar untuk ukuran dual kamera.

Kamera utama dengan resolusi 12MP ini menawarkan ukuran 1.25 micron pixel dan aperture f/2.2, yang akan di dukung kamera kedua serta LED flash. Di bagian depan, pengguna dapat memanfaatkan kamera 5MP yang dibekali modus portrait dengan teknologi AI serta mendukung fitur HDR.

4. AI Face Unlock

Xiaomi juga telah menambahkan fitur keamanan terbaru melalui teknologi face unlock. Fitur keamanan ini pun disokong teknologi AI untuk keakuratan pemindaian, sehingga jauh lebih efisien dan terjaga keamanannya. Face unlock ini akan berdampingan dengan fitur keamanan standar lain seperti sensor fingerprint yang juga disediakan Xiaomi Redmi 6 pro.

5. Performa

Bicara performa, Xiaomi Redmi 6 Pro memang belum menggunakan prosesor terbaru seperti Snapdragon 636 atau Snapdragon 666. Hp Xiaomi murah ini ditenagai prosesor Snapdragon 625, sama seperti yang digunakan Xiaomi Mi A1.

Meski demikian, pengalaman kami menggunakan Mi A1 performa yang ditawarkan cukup baik untuk penggunaan harian. Apalagi prosesor ini juga bisa menghemat daya perangkat. Apalagi dukungan memori RAM 3GB atau 4GB makin memanjakan kinerja prosesornya.

6. Baterai 4,000mAh

Seperti hp Xiaomi terbaru lainnya, Redmi 6 Pro juga sudah ditanamkan baterai kapasitas besar. Umumnya hp Xiaomi, perangkat ini juga dibekali baterai berkapasitas hingga 4,000mAh. Baterai dengan kapasitas ini tentu saja sangat optimal untuk penggunaan harian. 

Harga Xiaomi Redmi 6 Pro

Saat dirilis di negara asalnya Cina, harga Xiaomi Redmi 6 Pro dibanderol CNY 999 atau sekitar Rp2,1 juta untuk versi RAM 3GB ROM 32GB. Lalu harga Xiaomi Redmi 6 Pro varian RAM 4GB ROM 32GB dijual CNY 1199 atau sekitar Rp2,6 juta.

Harga ini tidak jauh berbeda ketika Xiaomi meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia. Kemungkinan hp ini masuk ke Indonesia cukup besar, mengingat Xiaomi juga memasarkan Redmi 5 series, mulai dari Redmi 5A, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Xiaomi Redmi 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB
Harga termurah

Rp 2.199.000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.84 inch
OS Version 8.1
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh

Artikel Lainnya

Komentar

Obes Sabtu, 30 Jun 2018 | 01:14
Keren
Ervan setiawan Sabtu, 30 Jun 2018 | 09:10
Aku pnasaran dengan hp xiaomi.. berharap suatu saat memilikinya..... soalnya ponsel Xiaomi sangat mendominasi.. terutama Indonesia...