10 Kelebihan Kamera Mirrorless Panasonic Lumix DC-G9

Oleh Wiro updated Jumat, 24 Nov 2017 | 04:15 PM

panasonic lumix g9
Sebagai kamera mirrorless terbaru, Panasonic Lumix DC-G9 merupakan unggulan terkini bagi Panasonic yang menyasar para juru foto profesional yang ingin bentuk kamera lebih simpel. Sejajar dengan Panasonic GH5 yang memiliki fitur video di jajaran high-end Micro Four Thirds Panasonic. Kelebihan Lumix DC-G9 dirancang untuk memberikan kecepatan, daya tahan, dan fleksibilitas fitur kamera guna kepuasan pengguna.

Panasonic Lumix DC-G9 memadukan kualitas gambar dan video tertinggi untuk memberikan hasil yang memukau. Terdapat sejumlah fitur canggih terbaru seperti penggunaan sensor Micro Thirds 20,3MP yang akan disokong prosesor Venus Engine terbaru, Venus 10. Kecepatan memotret dalam modus kontinyu berada dikisaran 8 fps dan rentang ISO yang mencapai 25.600.

Berikut adalah beberapa kelebihan mirrorless Panasonic Lumix DC-G9 yang perlu diketahui publik sebelum kehadirannya beberapa bulan kedepan khususnya di pasar kamera Indonesia.

1. Sensor 

panasonic lumix g9
Panasonic Lumix DC-G9 memiliki sensor CMOS 20.3MP yang sama dengan GH5, yang mampu menghasilkan output maksimum 5184 x 3888 piksel. Dengan demikian, kinerja baseline dalam mode stills semestinya sangat bagus. Panasonic melakukan banyak pekerjaan dengan GH5 untuk meningkatkan kualitas gambar JPEG dari generasi sebelumnya dan meskipun kamera berorientasi video, dibandingankan dengan GH5 atau beberapa model pesaing lain seperti milik Olympus dan Fujifilm.

2. Perubahan Engine JPEG 

Panasonic Lumix G9
Berita bagusnya untuk kelebihan mirrorless Panasonic Lumix DC-G9 adalah bahwa perubahan pada mesin gambar JPEG, dimana selama ini peneliti Panasonic ternyata tidak berhenti melakukan perbaikan dan menghadirkan yang terbaik dari pendahulunya Panasonic GH5. Untuk Lumix DC-G9 tekstur organik diberikan secara lebih alami, dan gambar yang diambil pada sensitivitas ISO medium/ tinggi terlihat lebih baik, berkat pengurangan noise image yang lebih cerdas dari kamera mirrorless terbarui Panasonic ini.

3. Jendela Bidik Elektronik Lebih Lega

panasonic g9

Meskipun besar, lubang intip ini juga bisa diperkecil untuk para pemotret yang menggunakan kacamata menjadi 0.77X atau 0.7X bila diperlukan. Tetapi jika Anda tak ingin mengunakannya maka bisa mengunakan LCD belakang yang juga menjadi kelebihan mirrorless Panasonic Lumix G9.

4. Kecepatan Rekam Lebih Baik

Panasonic Lumix G9
Rana mekanik konvensional Lumix DC-G9 berada pada posisi 9 fps dengan AF-C, namun bergeser ke putaran rana elektronik penuh hingga 20 frame per detik yang mengesankan. Jika ini masih belum cukup cepat untuk Anda, kamera ini juga bisa melakukan pemotretan dengan kecepatan maksimal 60 fps dengan menggunakan rana elektroniknya dengan fokus terkunci.

Untuk mendukung kinerja itu dua slot kartu SD tersedia sebagai aksesoris kamera untuk Anda pasang terlebih dahulu setidaknya kartu SD UHS-II Kelas 3 (U3), tetapi Lumix DC-G9 menawarkan dua slot kartu, keduanya mendukung standar UHS-II dan itu menjadi salah satu kelebihan mirrorless Panasonic Lumix G9 yang perlu diketahui.

5. Fitur Video 

Panasonic Lumix G9
Panasonic Lumix DC-G9 tidak dimaksudkan untuk menggantikan GH5, meski fokus pada still imaging, fitur video-nya tetap solid. Fitur utama adalah video 4K / 60p pada bitrate maksimum 150Mbps. Lumix DC-G9 juga menawarkan Auto ISO dalam mode film manual (dan juga mode stills manual), sehingga Anda dapat menjaga kecepatan rana dan pencahayaan tetap konstan, dan membiarkan kamera 'naik' naik turun menggunakan nilai ISO, lalu Anda juga bisa menggunakan kompensasi pencahayaan. Fokus otomatis G9 dalam mode video tampaknya jauh lebih baik dari model sebelumnya.

6. Fitur Foto 

Panasonic Lumix G9
Kelebihan mirrorless Panasonic Lumix DC-G9 kali ini adalah fitur foto, yang menawarkan mode Foto 4K dan 6K. Pada dasarnya menangkap gambar stills beresolusi tinggi sebagai bingkai video, hingga 30fps (6K) dan 60fps (4K). Resolusi yang efektif adalah 18MP untuk file foto 6K dan 8MP dalam mode foto 4K. Panasonic mengklaim bahwa prosesor Venus Engine 10 memungkinkan "Post Recording Refinement" bisa lebih efektif untuk meningkatkan kualitas gambar dalam mode Foto 4K / 6K, dengan mengurangi noise image dan efek rana rolling.

7. Image Stabilization 

Panasonic Lumix G9 
Sistem 5 Axis dari Lumix DC-G9 menawarkan stabilisasi gambar hingga 6.5 stop, dengan lensa pendek atau lensa tele dengan stabilisasi optik. Ini merupakan perbaikan yang sangat mengesankan sehingga tak sabar ingin merasakan peredam getar yang ditawarkan. Untuk menempatkan ini dalam perspektif 6,5 stop, berarti Anda harus bisa memegang lensa mirrorless 100mm (equiv) dengan kecepatan rana sedikit lebih lama dari seperempat detik. Menakjubkan bukan?

8. Inovasi Layanan AF 

panasonic lumix g9
Teknologi Panasonic Depth-of-Defocus (DFD) Panasonic memberikan fokus autofocus yang cepat dan akurat, termasuk ketika melakukan pelacakan mengingat ini didasarkan pada AF deteksi kontras. Di kamera ini, Panasonic mengklaim bahwa kelebihan mirrorless Lumix G9 dilengkapi sistem 225 titik ini telah diperbaiki dibandingkan dengan Lumix GH5. Selain berbagai mode area AF otomatis, joystick AF diposisikan dengan baik untuk digunakan oleh ibu jari kanan, dan LCD belakang G9 1.04 juta dot dapat digunakan sebagai panel sentuh untuk posisi titik AF dengan mata Anda ke jendela bidik.

9. Material Tangguh

panasonic lumix g9
Panasonic Lumix DC-G9 dibangun untuk menjadi kamera stills andalan sehingga menawarkan kualitas material yang sangat baik, bertahan dari debu dan kelembaban hingga cuaca yang dingin sampai minus 10 derajat celcius. Kelebihan Mirrorless Panasonic Lumix G9 yakni dirancang untuk penggunaan di luar ruang dan dalam kondisi sulit, kualitas konstruksi magnesiumnya cukup mampu melindungi konstruksi lensa serta fitur dan menu unggulan yang ada didalamnya.

10. Konektivitas 

Panasonic Lumix G9
Pnasonic Lumix DC-G9 memiliki antarmuka USB 3.0, namun melalui konektor tipe Micro-B konvensional, bukan USB C. Mekipun tidak terlalu digunakan sekali, namun ini sengaja disematkan guna kemudahan fotografer stills memindahkan data gambarnya dengan cepat. Sebagai perangkat nirkabelm Bluetooth LE 4.2 dan Wi-Fi (5GHz) built-in disiapkan untuk membantu pemindaian file.

Itulah beberapa kelebihan dari kamera mirrorless anyar dari Panasonic Lumix G9. Kamera ini akan hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan silver. Kamera Panasonic G9 akan dipasarkan dengan kisaran harga Rp 23 jutaan (BO). 


Baca juga artikel :

Kamera Digital Panasonic Lumix TZ90 Punya Fitur Kamera Mirrorless! 

Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF9 Mirip Kamera Saku 

Panasonic Hadirkan Kamera Mirroless Terbaru Dengan Sensor 16 MP, Lumix DMC-GX85 

Artikel Lainnya

Komentar