Diperbaharui pada Rabu, 13 September 2017 | 13:04

iPhone X: Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan di Pasar

Apple iPhone 8 iPhone x

Sejarah baru ditorehkan Apple, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X resmi dirilis.

Di atas panggung auditorium Steve Jobs Theater, Apple Park Campus, Cupertino, AS, momen spesial itu pun terlahir, tiga iPhone anyar dikenalkan ke publik. Ajang ini sekaligus menandai 10 tahun perjalanan iPhone sejak generasi pertama diciptakan pada 2007 silam.

Perhelatan ini pun tak hanya menyuguhkan perangkat baru, fitur baru serta inovasi terbaru yang dikembangkan oleh Apple. Momen ini pun dimanfaatkan Apple untuk mengenang jasa mendiang Steve Jobs yang meninggal di umur 56 tahun pada 5 Oktober 2011 akibat kanker pankreas.

Apa saja yang dikenalkan Apple?

  • Markas baru Apple bernama Apple Park.
  • Apple Watch Series 3 dilengkapi Siri
  • Apple TV dengan resolusi 4K.
  • Game berjudul Sky yang bisa dimainkan di Apple TV 4K
  • iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • Face ID
  • Anomoji, emoji animasi
  • AirPower, charger untuk iPhone X, AirPods dan Apple Watch

iPhone X

Apple iPhone 8 iPhone x

Rumor iPhone X (baca iPhone Ten) yang sudah meluas sebelum peluncurannya terjawab sudah. Spesifikasi iPhone X dan harganya pun diungkap pada Rabu (13/9/2017)dinihari WIB atau sekitar Selasa (12/9/2017)siang di Amerika Serikat.

Lantas apa yang menarik dari iPhone X?

Layar OLED

Apple iPhone 8 iPhone x

Apple menyematkan layar OLED ukuran 5.8 inci dengan bodi full dari kaca dari depan hingga ke belakang. Dengan berbagai pengembangan, Apple menyebut teknologi layar iPhone X dengan nama Super Retina Display.

Layar ini diklaim tahan debu dan air sehingga performanya akan lebih menjanjikan. Karena menggunakan body full kaca, Apple menghilangkan tombol home yang selama ini menjadi ciri khas produk iPhone.

Sebagai gantinya, Apple menggunakan cara baru yang tidak kalah simple, yaitu hanya dengan cukup men-swipe layar ke atas dari bawah smartphone.

Selain itu, Dikutip dari GSMArena, layar OLED iPhone X juga menggunakan resolusi 2.436 x 1.125 piksel dengan kerapatan pixels 458 ppi. Kerapatan pixels ini merupakan yang terbesar selama perjalanan terciptanya iPhone. Layar ini juga sudah mendukung HDR10 dan Dolby Vision.

Face ID

Apple iPhone 8 iPhone x

Salah satu hal yang menjadi fokus Apple kepada setiap produknya termasuk iPhone X adalah jaminan keamanan. Di mana, Apple mengenalkan fitur Face ID sebagai penjaga keamanan terdepan di iPhone X. Face ID ini resmi menggantikan Touch ID yang selama ini menjadi ciri khas dari iPhone generasi-generasi sebelumnya.

Apple mengklaim fitur Face ID ini lebih unggul dari Touch ID, dengan kemungkinan pembobolan sistem yang jauh lebih kecil ketimbang Touch ID. Sebagai gambaran, Touch ID memiliki level keamanan 1:50.000, sementara Face ID hadir dengan perbandingan 1:1.000.000, dua kali lipat lebih baik.

Bahkan, topeng, foto, bahkan wajah kembaran pun diklaim tak bisa mengelabui sistem Face ID di iPhone X. Face ID ini tidak hanya berfungsi membuka layar iPhone X saja, tapi juga bisa digunakan untuk Apple Pay atau aplikasi pihak ketiga

Penerapan Augmented Reality

Apple iPhone 8 iPhone x

Satu hal lain yang membuat iPhone X terasa luar biasa adalah diterapkannya fitur augmented reality (AR) melalui piranti bernama ARKit. Saat demo penggunaan iPhone X, penerapan AR di iPhone baru ini nampak begitu jelas dan mudah, salah satunya ketika bermain Pokemon Go.

AR di iPhone ini sudah tertanam pada kamera ponsel sehingga pemanfaatannya akan lebih luas lagi karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bermain game hingga menonton pertandingan olahraga.

Animoji

animoji iphone

Saat ini keberadaan emoji bisa dibilang sudah menjadi suatu hal yang penting ketika seseorang memiliki smartphone. Hal ini juga yang menjadi perhatian Apple, karena iPhone X sudah disematkan layanan Animoji. Animoji sendiri merupakan gabungan kata dari "animation" dan "emoji".

Animoji ini bisa bergerak. Ekspresi masing-masing ikon Animoji ini bisa disesuaikan dengan ekspresi dari si pemilik ponsel. Pembuatan Animoji bisa dilakukan oada fitur Face ID.

Kamera yang Lebih Tajam

Apple iPhone 8 iPhone x

Pada bagian kamera, iPhone X mempunyai dua buah kamera dengan desain vertical. Memang, resolusi kamera yang dibenamkan hanya sebesar 12 MP saja. Namun, salah besar jika Anda meremehkan ponsel ini, karena secara kualitas gambar yang diambil dengan iPhone X ini lebih tajam dan akurat dari sebelumnya.

Hal ini bisa terwujud karena Apple sudah menyematkan sensor kamera yang lebih besar dan cepat, filter warna juga lebih kaya, piksel yang lebih padat serta bukaan kamera sebesar f1.8 dan f2.4 pada kamera belakangnya. Apple juga menyematkan quad LED true tone dan dua OIS di pada kamera iPhone X yang membuat hasil foto tajam dan minim noise.

Untuk bagian kamera depan, terdapat fitur tambahan seperti Portrait Mode dan Portrait Lighting yang sangat bermanfaat bagi Anda yang suka selfie.

Dapur Pacu yang Gahar

Apple iPhone 8 iPhone x

Selalu ada inovasi pada setiap produk iPhone terbaru, termasuk dalam urusan menjamin performa iPhone X. Di mana Apple telah menyematkan cip A11 bionic yang memiliki enam core atau inti dengan arsitektur 64-bit. Prosesor inilah yang menjadi alasan utama adanya teknologi AR pada iPhone X karena akan menghadirkan kualitas gambar yang begitu tajam melalui kameranya.

Untuk mendukung cip A11 bionic, Apple juga membenamkan RAM sebesar 3GB. Meski banyak dikatakan nanggung, tapi reputasi Apple yang selalu sukses memaksimalkan penggunaan RAM iPhone tentu akan membuat cibiran itu tidak terbukti. Selain itu, baterai iPhone X diklaim unggul dua jam lebih lama dari iPhone 7 dan sudah mendukung wireless charging.

iPhone 8

iPhone 8

Dari segi desain, tidak ada banyak perubahan yang diberikan Apple pada iPhone 8. Di mana smartphone ini masih menggunakan bodi alumunium dan material casing belakang berbahan kaca serta fitur Touch ID. Apple menyematkan layar 4,7 inci LED-backlit Retina HD beresolusi 1.334 x 750 piksel dengan kepadatan 326ppi berteknologi True Tone yang bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dan 3D Touch.

Dengan layar yang cukup kecil, dimensi dari iPhone 8 juga kecil dan ringan yaitu 38,4 x 67,3 x 7,3 mm dengan bobot 148 gram. Untuk masalah kamera, iPhone 8 mempunyai kamera tunggal beresolusi 12MP aperture f/1.8, OIS dan 5x digital zoom. Kamera ini mampu merekam video 4K sampai 60fps dan slow motion hingga 240fps. Sementara kamera depan beresolusi 7MP serta dapat merekam video beresolusi 1080p.

Untuk mendukung performanya, iPhone 8 sudah disematkan prosesor terbaru Apple A11 Bionic yang masih ditambah dengan prosesor pendamping M11 serta RAM 2GB. Memori internal yang ditawarkan antara lain 64 GB dan 256 GB juga baterai yang sudah mendukung fitur isi ulang wireless dan fast charging.

iPhone 8 Plus

iPhone 8

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang jauh antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Meskipun begitu, Apple tetap memberikan sejumlah kelebihan khusus pada iPhone 8 Plus dibandingkan dengan saudaranya tersebut. Antara lain layar yang lebih besar 5,5 inch LED-backlit Retina HD beresolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kepadatan 401ppi.

Dengan ukuran layar lebih besar, dimensi iPhone 8 juga lebih besar yaitu 158,4 x 78,1 x 7,5 mm dengan berat 202 gram. Ada juga perbedaan di bagian kamera belakang iPhone 8 Plus, di mana Apple membenamkan kamera belakang ganda dengan format horisontal beresolusi masing 12 megapiksel. Sementara kamera depan iPhone 8 Plus sama dengan iPhone 8.

Perbedaan lainnya terletak pada bagian RAM. Di mana iPhone 8 memiliki RAM yang lebih besar yaitu 3GB untuk mendukung prosesor inovatif A11 Bionic

Spesifikasi iPhone X Banding iPhone 8 dan X Plus

Nama RAM Memori Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Belakang Sensor Detail Prosesor
Apple iPhone 8 64GB 2 GB 64 GB 4.7 inch 12 MP Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer A11 Bionic
Apple iPhone 8 Plus 64GB 3 GB 64 GB 5.5 inch 12 MP Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer A11 Bionic
Apple iPhone X 64GB 3 GB 64 GB 5.8 inch 12 MP Face ID, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer A11 Bionic

Harga iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus

Apple iPhone 8 iPhone x

Menjadi perbincangan menarik adalah harga iPhone X (baca-iPhone Ten)yang dianggap mahal. Banyak pihak berspekulaasi bahwa mahalnya harga iPhone X karena penggunaan layar OLED dari Samsung.

Dikutip dari Mashable, Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menyatakan bahwa mahalnya harga iPhone teranyar, khususnya iPhone X adalah karena pasokan komponen dari Samsung, dan paling mahal adalah layar OLED.

Menurut Kuo, harga layar OLED Samsung yang dipesan oleh Apple berkisar US$ 130, jika dirupiahkan senilai Rp1,75 juta per unitnya. Hal lain yang membuat harga iPhone X tinggi karena pembuatan fitur Face ID yang menggantikan fitur Touch ID. Harga fitur tersebut hampir sebanding harga pembuatan layar OLED.

Mengenai ketersedian iPhone X, pihak Apple baru akan membuka pre-order pada 27 Oktober mendatang dan baru akan dipasarkan secara global pada 3 November 2017. Ada pun pilihan warnanya adalah silver dan space gray.

Sementara iPhone 8 dan iPhone Plus, tampaknya lebih cepat untuk Anda miliki. Pre-order iPhone 8 dan 8 Plus dimulai pada 15 September dan baru akan dipasarkan 22 September mendatang. Warna yang disediakan adalah silver, gold, dan space gray.

Baca juga artikel

10 Tips Memaksimalkan Penggunaan iPhone dengan Fitur Tersembunyi

Update iOS 10 Terbaru Untuk iPhone dan iPad Dirilis, Cek Hapemu!

Kamera OnePlus 5 Ternyata Mengecewakan, Tak Sehebat Dual Kamera iPhone 7 Plus

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts