Intip Performa Kamera 'amphibi' Terbaru Olympus Tough series TG-5

Oleh Wiro updated Selasa, 23 Mei 2017 | 11:35

image via Olympus

Kamera 'amphibi' terbaru Olympus Tough series TG-5 bisa di bawa menyelam hingga kedalaman 15 meter dan masih opimak saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.  

Anda penyuka kamera anti air dan tahan guncang? Ini adalah salah satu kamera yang bisa Anda pilih yakni Olympus Tough Series TG-5. Kamera Olympus Tough Series TG-5 ini juga dilengkapi fitur baru yakni kemampuan tracking fokus lebih handal, video 4K dengan fitur capture image, layanan nirkabel WiFi serta berbagai fitur lain.

Jika pada tipe sebelumnya yakni Olympus Tough TG-4, resolusi gambar yang dihasilkan mencapai 16MP maka untuk TG-5 diturunkan menjadi 12MP. Meski demikian, masih menggunakan sensor yang sama yakni prosesor TruePic VIII yang juga digunakan oleh E-M1 Mark II. Sepertinya penurunan resolusi gambar ini untuk lebih memantapklan kinerja sensor untuk menghasilkan resolusi gambar dengan cepat dan memiliki kepadatan pixel yang natural.

Pembenaman fitur-fitur canggih tersebut agar tampil lebih unggul di kancah kamera tahan air dengan harga yang relatif bersaing.

Desain dan Body


Ulasan yang tak kalah menarik dan perlu Anda ketahui juga adalah kekuatan dari body kamera dari Olympus Tough Series TG-5 terbaru ini. Dimana kekuatan rangkaian pembungkus yang dimiliki telah diperbaharui dibandingkan tipe Tough Series sebelumnya TG-4. Kerapatan yang dimiliki Olympus TG-5 diperbaharui hingga lebih kuat untuk menahan gravitasi tekanan di dalam air dengan kedalaman 50ft atau setara dengan jarak 15 meter.

Sedangkan untuk kekuatan guncangan yang dimiliki, kamera Olympus terbaru 2017 ini lulus uji ketika dijatuhkan dari ketinggian 7ft atau setara dengan 2 meter. Jadi untuk penggiat alam bebas seperti nya punya rekomendasi kamera tahan guncang yang pintar dan memiliki hasil jepretan baik foto atau video dengan kualitas baik.

Kemampuan Lensa

Terdapat penambahan kaca panel ganda di bagian depan, ini tentu dimaksudkan untuk mencegah embun yang menempel ketika kamera dibawa pada kondisi suhu dingin yang cukup ekstrim. Sedangkan untuk panjang fokal lensa 25-10mm dan mampu merekam detail makro pada jarak 0.4inci atau setara 1cm menggunakan mode eksposure 'microscope'.

Masih dari performa melalui lensa, tapi kali ini adalah fitur video, dan tak disangka-sangka jika kemampuan yang dimiliki dari kamera ini mampu merekam dalam format 4K dan terintegrasi fitur UHD (ultra high definition) dimana fitur ini akan memaksimalkan gambar video yang direkan ketika tampil di layar kaca televisi, hanya saja, jika televisi Anda belum tersemat teknologi fitur yang sama yakni UHD, maka Anda tidak akan melihat perbedaan yang jelas dan telihat gambar akan tampil sesuai dengan fitur yang digunakan televisi tersebut.

Tahan Suhu Ekstrim


Belum lagi kemampuan mempertahankan diri dari cuaca dingin, menurut informasi pabrikan dari Olympus sendiri, Tough Series TG-5 terbaru ini mampu bertahan dalam suhu dingin hingga -10 derajat celcius. Dengan kemampuan itu, kamera Olympus Tough Series TG-5 terbaru ini layak menjadi pengganti kamera tangguh Anda sebelumnya, dan urusan kontrol shutter ketika dalam cuaca ekstrim kali ini TG-5 telah menyematkan sebuat tombol kontro di bagian atas kamera untuk semakin mempermudah ketika mengoperasikan saat keadaan cuaca ekstrim.

Fitur Lain

Hal baru lain yang juga bisa didapatkan pada TG-5 ialah fitur dari kamera aksi TG Tracker Olympus dengan kemampuan mencatat lokasi, suhu, tekanan grafitasi melalui switch on flip yang disediakan untuk selanjutnya informasi tersebut ditampilkan pada layar.

Uniknya, informasi ini bisa langusung dibagikan melalui koneksi WiFi yang tersedia berupa peta atau diagram, artinya, kamera Olympus Tough Series TG-5 terbaru ini tak hanya tangguh tetapi juga pintar karena bisa memberikan informasi alam bebas dimana kamera dan penggunan tersebut berada.

Aksesoris dan Ketersediaan

Ada beberapa kelengkapan aksesoris yang tersemat untuk kamera 'amphibi' terbaru Olympus Tough series TG-5 yakni tersedianya lensa konversi tele dan fisheye tahan air, lalu ada juga LED dan diffuser flash serta housing yang mampu melindungi kamera hingga kedalaman 147ft atau setara dengan kedalaman 45 meter.

Perangkat perekam digital yang tergolong pada kamera saku ini akan hadir secara serentak pada bulan Juni 2017, dan kemungkinan akan hadir di Indonesia dalam satu triwulan kedepan, atau sekitar September 2017.

Tertarik untuk memilikinya, kamera Olympus Tough TG-5 ini akan hadir dengan harga US$449 atau sekitar Rp 5,9 jutaan.

Baca juga artikel :
Olympus PEN E-PL8, Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Foto Selfie
11 Fitur Unggulan Kamera Mirroless Olympus OM-D E-M1 Mark II
Olympus OM-D E-M1 Mark II, Kamera Mirrorless Premium Kualitas Melebihi DSLR

Artikel Lainnya

Komentar