MWC 2017 Ponsel 4G Murah Buatan Qualcomm Siap Masuk Indonesia

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 2 Mar 2017 | 13:42

Ajang MWC 2017 menjadi ajang pamer produk-produk terbaru dalam dunia gadget. Walaupun demikian, bukan berarti produk lama seperti ponsel biasa sudah tidak lagi dipamerkan dalam ajang ini. Pasalnya dalam area pameran Qualcomm tampak sebuah feature phone dengan teknologi yang tidak biasa.

Pasalnya, ponsel bernama IQ100 ini mengusung teknologi 4G yang membuat pengguna bisa berkomunikasi dengan lebih lancar. Selain teknologi 4G, ponsel 4G murah ini ternyata diproduksi oleh pabrikan Indonesia. Pabrikan ini menghadirkan ponsel murah ini untuk mempermudah pengguna Indonesia dalam berpindah dari jaringan 2G ke 4G.

Dari sisi desain, ponsel 4G murah ini hadir dengan desain yang solid dan compact khas ponsel jadul pada umumnya. Produsen Qualcomm menghadirkan tombol keypad khas ponsel Symbian atau ponsel jadul lainnya. menariknya, tombol diirancang khusus untuk memudahkan pengguna mengetik cepat.

Dari sisi spesifikasi lainnya, ponsel buatan PT. TSM dari Indonesia ini menggunakan mesin Qualcomm yakni seri Snapdragon 210. Prosesor ini akan disokong RAM 512 MB yang memang terbilang kecil untuk multitasking. Uniknya, meski berkonsep feature phone, produsen masih menghadirkan sistem operasi Android 4.4 atau Android 5.0. Produsen tidak menggunakan sistem Android yang lebih baru dikarenakan sistem baru memakan memori yang lebih besar. Sementara itu, pada bagian layar, ponsel IQ100 akan menggunakan layar 2,4 hingga 2,8 inci.

Image via Tekno Kompas

Sayangnya, ponsel 4G murah ini tidak dibekali dengan PlayStore serta memori internal yang terbatas. Alhasil, pengguna tidak bisa menambah aplikasi Android baru. Tidak hanya itu, fungsi ponsel terbaru ini pun cukup terbatas sehingga tidak masuk kategori smartphone meski sudah dibekali sistem operasi. Walaupun demikian, produsen tetap menghadirkan berbagai aplikasi populer Android, seperti WhatsApp, BBM hingga Facebook.

Pengguna nantinya tidak hanya bisa menjalankan fungsi dasar telepon dan SMS saja di ponsel 4G murah ini, melainkan berselancar atau browsing di dunia maya hingga chatting dengan mudah. Sayangnya hingga kini belum ada kabar pasti mengenai kapan ponsel 4G murah ini dipasarkan. Pasalnya produk yang ditawarkan masih berupa produk purwarupa saja.

Kalaupun sudah dirilis, IQ100 ini akan dipasarkan dengan harga 500 ribuan.

Baca juga artikel:
Hape Nokia 3310, Nokia 3 dan Nokia 5 Resmi Meluncur di MWC 2017
Nokia 150 dan Nokia 150 Dual SIM Dirilis Bawa Game Snake Xenzia
iPhone SE Dibuat di India, Indonesia Kapan?

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait