Diperbaharui pada Senin, 29 November 2021 | 09:45
Cara Membedakan SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC

perbedaan sd cardFoto: Pexels

Perkembangan teknologi membuat perangkat-perangkat perekam foto dan video turut berevolusi, termasuk kartu memori sebagai media penyimpanan file yang dibutuhkan seperti SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC. Apa perbedaannya?

Kegunaan utama SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC, tentunya untuk menyimpan data dan file pada PDA, smartphone, kamera, camcorder, voice recorder, dan perangkat perekam lainnya. 

Pada artikel ini, Pricebook akan membahas perbedaan dan fungsi spesifik dari keempat jenis memori eksternal tersebut. Tanpa berlama-lama, Anda bisa langsung membacanya di bawah ini.

Perbedaan SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC

Cara Membedakan SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC-1

Bila kita lihat di pasaran saat ini, banyak sekali jenis-jenis kartu memori yang dijual, mulai dari Compact Flash hingga Memory Stick Pro Duo keluaran Sony. Namun yang paling populer dan umum di pasaran adalah SD Card.

SD Card sendiri pada akhirnya berevolusi menjadi beberapa ukuran yang disesuaikan dengan teknologi perangkat yang juga semakin berkembang. Kini, kita mengenal SD Card, Mini SD, MicroSD, hingga SDHC.

Secara umum, semua jenis kartu memori tersebut masih masuk dalam kategori SD Card, hanya saja karena bentuknya sudah berubah, jadi perusahaan pembuatnya juga memberikan nama yang berbeda. Berikut perbedaan dasar dari masing-masing kartu memori tersebut.

SD Card

SD Card secara umum memiliki bentuk yang hampir sama dengan sebuah perangko, yaitu 32 x 24 x 2 mm, dengan berat 2 gram. Kartu memori ini tersedia dalam berbagai kapasitas mulai dari 2 GB, hingga 512 GB. Bahkan ada SD card dengan kapasitas lebih tinggi lagi untuk kebutuhan khusus.

Hal yang membedakan SD Card dengan jenis yang lain adalah adanya write protection switch. Fungsinya persis seperti pada floppy disk jaman dahulu, untuk meminimalisir data hilang serta CPRM (Content Protection for Recordable Media) untuk mencegah pembajakan isi.

Mini SD dan MicroSD

Mini SD adalah adalah SD Card dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 21 x 21,5mm, sementara microSD adalah SD Card yang berukuran lebih kecil lagi yaitu 11 x 15mm. Jenis MicroSD paling banyak dipergunakan pada smartphone, MP3 player, dan PDA.

MiniSD dan MicroSD bisa dipakai pada slot SD Card dengan cara disisipkan pada sebuah adapter yang bentuk dan ukurannya menyerupai sebuah SD Card.

Sampai saat ini, MicroSD adalah jenis memory yang paling cepat berkembang dan menjadi jenis kartu memori yang paling banyak digunakan pada perangkat selular, karena bentuknya yang kecil, namun bisa menampung kapasitas besar.

SDHC Memory Card

SDHC atau SD High Capacity adalah pembaharuan dari teknologi yang dipakai pada SD Card. Secara umum, bentuk dan ukurannya tidak berbeda dengan SD Card biasa, alias sama persis.

Pada SDHC, format yang dipakai adalah FAT32. Seperti pada SD Card biasa, SDHC memiliki berbagai kapasitas, dengan yang terkecil yaitu 4 GB. Bedanya, jenis kartu ini punya daya transfer dan membaca data yang jauh lebih cepat ketimbang SD Card biasa.

Sebuah SD Card bisa dipergunakan pada slot SDHC karena sistemnya lebih ringan, namun sebuah keping SDHC tidak bisa dipergunakan pada slot SD Card biasa karena sistemnya tidak mampu menampung daya transfer dan datanya.

Ukuran SD Card menjadi standar bagi pembuatan perangkat lain, slot yang sama bisa dipergunakan sebagai adapter untuk Bluetooth, Wifi, dan bahkan LAN, dengan memanfaatkan kartu adapter yang bentuk dan ukuranya sama persis dengan SD memory card.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara SD Card, Mini SD, MicroSD, dan SDHC, semoga Anda tidak salah ketika akan membeli ya. Semoga artikel ini bisa membantu.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.