Diperbaharui pada Rabu, 9 Februari 2022 | 14:30

Cara Mengatasi Hp Mati Total, Lakukan 4 Hal Ini

cara memperbaiki hp mati totalFoto: Pexels

Terkadang kita terbangun di pagi hari dan menemukan smartphone dalam kondisi mati, padahal kita ingat betul baterai hp masih tersisa banyak saat kita hendak tidur di malam sebelumnya.

Pada kasus lainnya, hp bisa saja digunakan selama seharian secara normal, lalu ada waktunya kita meletakkan hp di satu tempat dalam jangka waktu yang lama, dan ketika akan digunakan kembali, hp mati total.

Jika memang hp kehabisan daya baterai, tentu hanya perlu mencharge saja agar kembali menyala. Namun, terkadang ketika sudah di-charge, ternyata hp tidak mau menyala juga. Jangan panik, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Hp Mati Total

Hp yang mendadak mati total setelah sebelumnya berfungsi dengan normal, bisa disebabkan oleh beberapa hal, baik itu internal maupun eksternal. Sesuatu yang bisa saja Anda lakukan secara sengaja atau tidak sengaja, tanpa disadari.

Artikel kali ini memcoba untuk menjabarkan beberapa penyebab hp meti total yang umum sekali terjadi, dan langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasinya. 

Beberapa cara berikut ini dapat dijadikan sebagai "pertolongan pertama" sebelum membawa hp ke tempat servis profesional, bila memang semua cara telah dicoba, namun tetap belum berhasil.

1. Coba Charge Smartphone

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan tentunya dengan mencoba untuk mengisi baterai hp dengan cara men-charge ho tersebut, karena salah satu alasan paling umum ketika smartphone yang tidak mau menyala tentu karena baterai yang kosong.

Biasanya, layar smartphone akan menampilkan indikator pengisian baterai. Ini menandakan bahwa pengisian berjalan dengan normal. Coba mengisi selama beberapa saat, dan cabut kabel charger.

Bila baterai hp mendadak drop dan mati lagi, maka ada kemungkinan terjadi masalah pada port pengisian baterai, atau baterainya itu sendiri. Coba ganti kabel charger lain dan lakukan hal yang sama.

Ketika Anda sudah mengganti kabel charger dan masalah yang sama kembali terulang, maka sudah bisa dipastikan, masalahnya ada pada baterai atau port USD di hp. Segera bawa hp ke tempat servis untuk dicek.

2. Cek Layar Hp

Hp yang terlihat mati total, belum tentu berarti hp tidak berfungsi. Pada beberapa kasus, masalah ini timbul karena adanya kerusakan pada layar hp. Artinya, hp tetap bekerja, namun ayarnya tidak.

Cara termudah untuk mengecek hal tersebut dengan mematikan dan menyalakan hp seperti biasa. Coba dengar dengan seksama apakah ada suara reboot/loading atau getaran saat hp dinyalakan atau dimatikan.

Jika memang ada, bisa dipastikan hp Anda berfungsi secara mesin, namun ada masalah pada layar yang mungkin secara tidak sengaja terjadi karena kelalaian Anda. Solusinya adalah dengan mengganti layar.

3. Ingat-ingat Jika Hp Pernah Jatuh atau Terkena Air

Hp yang pernah terjatuh atau terkena air dapat mengalami mati total. Terkadang langsung pada saat itu juga, namun pada beberapa kasus, terjadi dalam jeda waktu tertentu setelah kejadian.

Benturan pada hp dapat menyebabkan pergeseran komponen-komponen tertentu yang ada di dalam mesih hp, terutama kalau benturannya keras.

Sementara jika hp terkena air, terutama untuk hp yang tidak ada perlindungan air dan debu, bisa menyebabkan komponen di dalamnya rusak, bahkan menyebabkan konslet sehingga hp tidak bisa menyala sama sekali.

JCoba ingat-ingat lagi apa belum lama sebelum hp mati total, salah satu dari kedua hal tersebut pernah terjadi pada hp Anda? Jika iya, maka kemungkinan itu lah penyebabnya.

4. Hp Terkena Virus atau Malware

Virus atau malware pada hp dapat bermacam-macam jenis dan cara menginfeksinya. Terkadang Anda menemukan notifikasi aneh dalam smartphone yang saat diklik, hp malah merestart sendiri atau lebih parah lagi langsung mati.

Agar hp selalu aman dari virus dan malware, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melindungi hp dari malware. Sementara bila serangannya berupa virus, kamu bisa memasang aplikasi antivirus.

Selain kedua hal tersebut, hp yang mati total juga bisa disebabkan adanya bug pada smartphone. Jika memang demikian, ada bug atau masalah dalam software smartphone. Untuk solusinya, Anda bisa melakukan update sistem atau mengganti firmware.

Selain itu, Anda  juga bisa melakukan factory reset untuk mengembalikan pengaturan hp ke awal. Namun perlu diperhatikan bahwa tindakan ini akan menghapus segala file dan aplikasi pada hp Anda. Jadi pertimbangkan dengan matang.

Dengan melakukan semua langkah-langkah di atas, setidaknya ada yang bisa membantu untuk mengembalikan hp Anda yang mati total untuk kembali ke sedia kala.

Namun terkadang, masalah pada hp lebih berat dan tidak bisa ditangani sendiri. Bila hal ini terjadi, segera bawa hp Anda ke tempat servis profesional untuk diperbaiki.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1248 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.