Diperbaharui pada Kamis, 10 Februari 2022 | 15:00

Cara Mengetahui TV 4K Palsu Pakai Hp

cara cek tv 4kFoto: Pixabay

TV menjadi salah satu perangkat elektronik yang terus berkembang hingga kini. Dimulai dari TV tabung, TV LCD, TV LED, QLED, TV dengan resolusi layar 4K.

Bahkan saat ini sudah cukup banyak tersedia berbagai jenis TV 8K dengan gambar yang lebih baik dan tajam.

Sayangnya, dengan semakin meningkatnya permintaan TV UHD, ada juga beberapa TV yang ternyata tidak sepenuhnya mendukung teknologi 4K, meskipun pada promonya disebutkan sebagai TV 4K.

Mirisnya, beberapa diantara TV 4K palsu tersebut belum bisa mendukung resolusi tinggi.

TV 4K Palsu

cara mengetahui tv 4k palsuFoto: Pexels

Dewasa ini, banyak sekali produsen TV dipasaran, mulai dari merek ternama, hingga yang belum pernah kita dengan sama sekali. Banyak perangkat TV 4K asli tapi palsu. Bahkan pada kenyataannya, ternyata ada banyak perangkan TV 4K yang hanya mendukung resolusi 3K saja.

Perlu diperhatikan, yang kami maksud 'palsu' disini adalah kualitas 4K yang dipromokan, bukan merek atau barang tiruan (TV KW). TV modern saat ini hadir dengan layar yang terdiri dari 3 buah Sub-pixel, yakni Red Green Blue atau RGB.

Namun, dikarenakan masalah biaya, beberapa produsen sengaja tidak memenuhi kriteria tersebut. Alhasil, di tiap sub-pixel tercampur warna putih. Karena ada piksel kosong inilah, perangkat TV hanya mendukung resolusi 3K saja.

Untungnya, untuk mengetahui mana TV 4K asli dan yang abal-abal cukup mudah. Kamu dapat menggunakan kamera smartphone untuk mengecek keaslian teknologi 4K yang terpasang dalam sebuah perangkat Televisi. Pasalnya, piksel-piksel tersebut hanya bisa terlihat dengan menggunakan kamera smartphone.

Cara Cek TV 4K Pakai Hp

Untuk melihat apakah TV 4K yang akan kamu beli benar memiliki kualitas 4K, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan. Kamu  hanya perlu memotret dengan melakukan zoom 8x menggunakan kamera hp.

Dekatkan kamera smartphone ke layar televisi yang menampilkan gambar atau tulisan teks. Jika televisi tersebut betul-betul berteknologi 4K, maka teks yang dibidik lensa kamera tidak akan tampak blur di layar smartphone. Namun, jika televisi belum berteknologi 4K, maka teks tersebut akan tampak blur.

Selain menggunakan kamera smartphone, kamu juga bisa mengecek resolusi 4K pada televisi dengan menggunakan kaca pembesar sebagai alternatif. Kamu bisa melakukan cara yang sama yakni mendekatkan kaca pembesar ke layar TV 4K.

Nah, itu dia tips yang sangat mudah sekali untuk melihat keaslian kualitas 4K pada produk TV. Semoga tips ini bisa membantu, yah.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1311 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.