Diperbaharui pada Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:36

Cara Cek Kapasitas RAM Laptop, Speed dan Performanya

cara cek ramFoto: Pexels

Pada laptop, kecepatan kerja mesinnya adalah faktor yang memengaruhi performanya secara keseluruhan. RAM adalah salah satu komponen yang memiliki andil besar dalam hal ini. Semakin besar tentu semakin baik.

RAM merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika kita menggunakan laptop. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka semakin banyak data yang tersimpan pada RAM.

Bila RAM kecil, maka akan menimbulkan banyak masalah. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab kenapa kinerja laptop jadi melambat atau lemot, bahkan pada beberapa kasus dapat barakibat pada performa laptop yang melemah, lag hingga freeze.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang RAM dan apa saja jenis-jenisnya, Anda dapat membaca artikel lengkapnya di tautan ini.

Cara Cek RAM Laptop

cara cek ram

Bagi pemilik pertama laptop, mengecek RAM tentunya bukan menjadi masalah, karena Anda sudah mengetahui besar kapasitas RAM dari laptop tersebut ketika membelinya. 

Namun bagi pemilik kedua, misalnya orang yang mendapat hibah laptop dari anggota keluarga lainnya, atau mendapat laptop kerja dari kantor, belum tentu mengetahuinya. Lalu bagaimana cara cek kapasitas RAM laptop?

Cara cek RAM laptop untuk mengetahui besar kapasitas, jenis, dan performa kecepatannya, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Start atau tombol yang memiliki simbol Windows
  2. Pada kolom pencarian/search, ketik ‘Task Manager’.
  3. Ketika Jendela Task Manager terbuka, klik tab ‘Performce’.
  4. Untuk melihat performa RAM, klik ‘Memory’.

Anda dapat melihat semua informasi terkait RAM laptop pada jendela tersebut, seperti speed, besar kapasitas dan seberapa banyak memori yang telah terpakai secara real time.

Bila kapasitas RAM laptop Anda kecil dan laptop sering bermasalah seperti lag atau freeze, kemungkinan besar ini penyebabnya.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, maka Anda bisa mengatur penggunaan aplikasi atau program-program lainnya pada laptop, sehingga performanya menjadi efisien.

Selain itu, opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah kapasitas RAM dengan melakukan upgrade RAM.

Untuk memilih RAM yang tepat, sebaiknya Anda perlu sedikit memiliki pengetahuan dalam hal ini, atau bila perlu, ajaklah teman atau saudara yang mengerti tentang RAM, ketika akan membeli.

Bagaimana, cukup mudah kan untuk cek RAM laptop sendiri? Semoga artikel ini dapat membantu ya, dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.