Diperbaharui pada Jumat, 23 Juli 2021 | 15:39

Layanan Cloud Tak Lagi Gratis! Cara Buat Server Pribadi dengan NAS

synology NAS

Berkarya atau berkreasi hingga mengekspresikan diri dengan memuat serta membuat banyak foto dan video, sepertinya sudah menjadi hal yang normal untuk kebanyakan orang saat ini.

Bahkan pengguaan perangkat photo dan video pun sekarang tak mewajibkan penggunaan kamera besar seperti DSLR ataupun Mirrorless. Cukup menggunakan smartphone dengan resolusi kamera yang baik maka hasil gambar yang bagus sudah didapat.

Tapi kali ini, permasalahan bukan terdapat pada device atau alat yang digunakan untuk menghasilkan foto dan video, melainkan alat penyimpanan  gambar.

Penggunaan memori card tentu saja masih banyak diperlukan dan digunakan. Tapi ketika menggunakan ponsel atau smartphone, penggunaan memori card sepertinya sudah tak lagi menarik minat pengguna gadget saat ini.

Hal ini terlihat dari besarnya kapasitas penyimpanan hp terbaru saat ini. Plus ditambah lagi banyak layanan penyedia penyimpanan cloud gratisan yang makin memanjakan pengguna ponsel saat ini.

Cloud Gratis Miliki Kapasitas Terbatas?

Cara Buat Server Pribadi dengan NAS Synology

Dari kebiasaan yang ada saat ini, mulai banyak orang menggantungkan diri pada penyimpanan cloud gratis untuk menyimpan beragam hasil foto dan juga video mereka. Contohnya seperti yang kita tahu dan paling sering digunakan adalah penggunaan Google Foto atau Google Drive.

Karena selain gratis, Google juga menyediakan kapasitas penyimpanan cloud yang cukup besar, yakni sekitar 15GB bahkan beberapa pengguna ada yang mendapatkan lebih dari kapasitas tersebut.

Namun berdasarkan kabar terbaru yang kami terima, Google mengumumkan pihaknya tak lagi menawarkan penyimpanan gratis untuk foto berkualitas tinggi per tanggal 1 Juni lalu. Apabila akun tidak aktif atau melebihi batas 15GB selama 2 tahun, mereka dapat menghapus foto tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan pengguna, karena secara langsung akan dipaksa membayar aktivasi berlangganan setiap bulan atau tahun hanya untuk mempertahankan setiap momen yang tersimpan di Google Cloud Center.

Lantas apa yang akan terjadi jika sudah tidak ada lagi fasilitas cloud gratis dari Google? Bagaimana dengan data foto dan video yang selama ini tersimpan?

Kebanyakan dari mereka masih bimbang untuk memilih lanjut berlangganan atau mengganti layanan cloud lain yang masih menawarkan penyimpanan gratis seperti OneDrive, Dropbox, atau iCloud. Namun solusi penyimpanan cloud lain tidak ada yang menawarkan penyimpanan gratis hingga 15GB. 

Ini menandakan bahwa mau tak mau pengguna tetap membayar biaya berlangganan terlepas dari platform mana saja yang digunakan perbulan ataupun pertahunnya.

Solusi Alternatif Terbaik

Solusi media penyimpanan

Jika menyimpan foto di penyimpanan cloud publik dirasa memberatkan dengan adanya biaya berlangganan perbulan atau pertahunnya, mungkin tidak ada salahnya mencoba solusi alternatif penyimpanan lainnya.

Pilihan pertama mungkin mulai memikirkan untuk menyimpan foto di dalam hard disk eksternal dengan kapasitas besar.

Meski begitu, penggunaan hard disk eksternal tidak cukup efisien meskipun bersifat portable, ditambah lagi belum adanya integrasi antara layanan cloud dengan hard disk eksternal dalam memindahkan file.

Ketika alternatif di atas tidak dapat menyelesaikan masalah untuk jangka panjang, perangkat on-premise atau solusi cloud pribadi mungkin merupakan jawaban terbaik. 

Apa itu NAS?

NAS Synology

Solusi lain NAS (Network Attached Storage) atau yang biasa disebut NAS dapat menjadi solusi alternatif dalam membangun server multimedia untuk menyimpan foto, video, hingga audio dengan aman.

Akses melalui browser web atau aplikasi seluler dapat memudahkan pengguna mengakses atau berbagi file dengan anggota keluarga atau teman. Salah satu produsen yang cukup handal dibidang NAS adalah Synology dengan beragam jenis dan varian NAS yang dimiliki.

Sebagai contoh, kami mencoba penggunaan Synology DS220j selama WFH. Model serta desain dari Synology DS220j ini merupakan tipe NAS yang sesuai untuk pengguna rumahan. Kenapa begitu? 

  • Alasan pertama adalah dimensinya tidak besar dan tidak memerlukan ruang besar untuk menempatkannya di atas meja. Satu hal lagi yang pasti, tak perlu bayar langganan perbulan atau pertahun. Cukup membayar satu kali untuk NAS dan bisa menggunakan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan pribadi.

synology photo

  • Kedua, NAS ini dapat dioptimalkan sebagai solusi manajemen foto yang komprehensif dan aman untuk seluruh anggota keluarga. Aplikasi Synology Photo bisa mengkategorikan foto, mengelola penyimpanan foto pribadi atau keluarga secara fleksibel, serta berbagi foto dengan mudah tanpa harus mengirimkan ulang menggunakan messenger. 
  • Bagi Anda yang suka menonton film di bioskop dan sudah lama kangen dengan serunya menonton di Bioskop, NAS bisa jadi solusi untuk membuat bioskop pribadi di rumah dan menonton bersama keluarga dengan nuansa bioskop. Aplikasi Video Station yang dapat streaming konten digital langsung ke perangkat elektronik favorit, seperti komputer, perangkat seluler, Samsung TV, Apple TV, Google Chromecast, dan perangkat DLNA.

Cara Memilih NAS Sesuai Kebutuhan

cara memilih NAS

Tentukan Kapasitas

Lakukan evaluasi berapa banyak size penyimpanan data yang Anda butuhkan sebelum menentukan membeli NAS. Hal ini berdasarkan pada data yang Anda miliki saat ini dan pertumbuhan data Anda dalam 3-5 tahun ke depan.

Pastikan Tujuan Utama Menggunakan NAS

Anda harus memikirkan fungsi utama NAS ini untuk penggunaan rumahan atau bisnis? Untuk penyimpanan saja atau destinasi backup data Anda? Atau untuk server multimedia Anda?

Meskipun pada dasarnya Anda bisa menggunakan NAS untuk beragam keperluan back up data, tapi akan lebih baik jika Anda memiliki tujuan yang spesifik dalam penggunaan NAS.

Perhatikan Jaminan Proteksi Data

Synology DSM

Selanjutnya, Anda harus memutuskan level perlindungan data yang Anda inginkan yaitu dengan memilih jenis RAID.

Disisi lain, hal ini juga bertujuan sebagai acuan berapa banyak hard disk NAS yang Anda butuhkan.

Tentukan Banyaknya Pengguna

Dalam penggunaannya, NAS bisa digunakan oleh lebih dari satu atau dua orang. Dan ini tidak terbatasi oleh kapasitas harddisk yang tertanam tentunya.

Anda dapat menyeting NAS khusus untuk penggunaan Anda sendiri, ataupun Anda juga dapat mengizinkan orang lain (kolega, keluarga, teman) untuk terhubung ke NAS Anda.

Untuk memilih tipe NAS pertama Anda dengan lebih baik, Anda juga harus memastikan berapa banyak orang yang akan mengakses NAS Anda.

Ini juga akan berpengaruh pada trafic data ketika digunakan secara bersama. Meskipun begitu, saat kami menggunakan DS220j, meski digunakan oleh 5 orang secara bersamaan dirumah dalam waktu yang sama, kecepatan transfer upload maupun download yang kami dapatkan masih tergolong sangat baik.

Tentukan Brand NAS

NAS synology

Ada banyak brand NAS tersedia di market, bagaimana cara memilih yang terbaik untuk Anda?

Pilih brand yang menawarkan sebuah ekosistem lengkap dengan rangkaian aplikasi, kapabilitas kinerja software yang serba guna serta UI yang user-friendly.

Seperti Synology sudah dikenal sebagai penyedia solusi dengan pengalaman penggunaan yang dioptimalkan. Beruntungnya, Synology merupakan salah satu merek yang produknya menggabungkan performa dan ekosistem dengan sangat apik.

Jika bingung, Anda bisa menggunakan NAS Selector di website Synology untuk membantu Anda memilih NAS pertama Anda atau NAS Synology sesuai kebutuhan Anda.

Haruskah Membeli NAS Synology?

NAS Synology

NAS Synology selain memiliki beragam software dan aplikasi pendukung kinerja juga hadir dengan performa spesifikasi yang baik.

Kelemahan penggunaan cloud gratis dengan batasan kuota kapasitas dapat dengan mudah diatasi dengan penggunaan NAS. Secara keseluruhan, menggunakan NAS Synology selain nyaman dan aman juga ekonomis.

Benefit penyimpanan cloud tetap didapat, ditambah dengan benefit penyimpanan via LAN dan WiFi yang juga bisa digunakan. Tertarik untuk mendapatkan semua benefitnya di dalam genggaman Anda sendiri? Kalian bisa langsung mengunjungi situs utama dari Synology untuk melihat produknya atau beli langsung lewat toko resmi Synology.

Like us!
Imam Ali

Imam Ali

Content Writter

971 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.