Diperbaharui pada Kamis, 6 Mei 2021 | 15:18

6 Cara Merawat Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Oleh Restu Aji Siswanto

cara merawat mobil sendiriFoto: Pexels

Tingginya mobilitas masyarakat dalam menggunakan kendaraan, terutama mobil, dapat menyebabkan kondisi dan performa mobil tersebut menurun.

Hal ini dapat terjadi, terutama terhadap mobil yang dipakai setiap hari, dan kesibukan pengemudinya membuat waktu perawatan mobil juga berkurang.

Bila kebiasaan ini terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin mobil akan mudah menghadapi masalah, terutama pada mesinnya. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, terdapat beberapa cara mudah untuk merawat mobil, tanpa harus pergi ke bengkel.

Cara Merawat Mobil yang Mudah

Merawat mobil tidak harus dilakukan di bengkel saja, karena kita sebagai pemilik dan pengemudi mobil, juga dapat melakukannya. Cara merawat mobil berikut dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan, agar kondisi mobil tetap prima.

1. Selalu Panaskan Mesin

Cara merawat mobil pertama dan yang paling mudah adalah dengan memanaskan mesin mobil setiap hari. Lakukan hal ini walaupun mobil tidak akan dipakai pada hari tersebut.

Tujuan dari melakukan hal ini adalah agar kondisi mesin selalu dalam keadaan yang baik, karena mesin akan selalu bekerja. Mesin yang terlalu lama tidak dihidupkan, akan cepat mengalami kerusakan.

2. Rajin Melihat Kondisi Ban

Komponen terpenting pada mobil selain mesin adalah ban. Bila ban tidak dirawat dengan rutin, maka akan mudah terjadi kebocoran, hingga bahkan kerusakan.

Mobil yang jarang dipakai juga menjadi salah satu penyebab ban mobil kempes, karena ban tidak mendapatkan tekanan seperti halnya saat sedang dikendarai.

Jadi, kalau ingin ban mobil tetap awet, jangan malas untuk selalu melihat kondisinya, dan jangan lupa untuk mengisi angin bila terlihat mulai kempes.

3. Rutin Cek Level Cairan pada Radiator

Radiator merupakan salah satu komponen mobil penting dalam mesin, jadi pastikan air radiator selalu berada di antara level maksimum dan minimumnya.

Cara untuk melihat level cairan radiator ini cukup dilakukan secara rutin dengan melihat tabung cadangan dari cairan coolant.

Bila cairan menunjukkan adanya pengurangan, segera tambahkan. Pastikan kondisi mobil berada pada jalanan yang rata, artinya tidak berhenti pada posisi menanjak atau menurun.

cara merawat mobil sendiriFoto: Pixabay

4. Lakukan Pengecekan Oli Mesin

Cara untuk melihat kondisi level oli mesin dapat dilakukan dengan menarik keluar stik penunjuk level oli. Pastikan Anda sudah memegang kain lap untuk membersihkannya.

Satu hal yang perlu diingat, Anda harus mengetahui level minimum dan maksimum oli sebelum melakukan melakukan pengecekan oli mesin.

Selanjutnya, cukup bersihkan stik penunjuk level hingga bersih, dan masukan Kembali ke tempat semula, lalu tarik Kembali stik tersebut keluar.

Level oli mesin akan terlihat dan dapat terbaca dengan mudah, sehingga Anda mengetahui bila oli perlu ditambah, atau tidak.

5. Cara Mudah Merawat Aki

Mobil dengan aki yang kotor akan banyak menghadapi masalah, salah satunya adalah mogok, atau mesin mati. Walau hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, namun keberdaan aki cukup krusial.

Pastikan kondisi aki mobil selalu dalam keadaan bersih, kalau perlu, bersihkan aku setiap kali mobil habis dipakai. Cara untuk membersihkannya cukup mudah dan hanya perlu alat-alat sederhana.

Gunakan sikat dengan bulu halus untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada aki mobil, dan pastikan tidak ada sisa-sisanya yang masih tertinggal.

6. Selalu Jaga Kebersihan Kabin

Meski tidak terlalu berhubungan dengan mesin dan performa mobil, menjaga kebersihan kabin juga menjadi salah satu hal penting dalam merawat mobil.

Tujuan dari membersihkan kabin adalah agar pengemudi dan penumpang dapat merasakan kondisi udara yang bersih saat berada di dalam mobil.

Bila diperlukan, gunakan produk-produk pembersih udara seperti air stabilizer atau air purifier untuk digunakan di dalam mobil. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan vacuum cleaner mobil.

Mobil Terawat, Perjalanan Nyaman

Semoga beberapa tips cara merawat mobil mudah dan sederhana yang telah dijabarkan dapat membantu Anda, ya. Cara-cara diatas sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri.

Dengan mobil yang kondisinya terawat, maka performanya juga diharapkan akan selalu prima, sehingga Anda tidak perlu sering-sering melakukan perbaikan ke bengkel, kecuali untuk pengecekan rutin.

Semua cara di atas dapat dilakukan sendiri, namun bila Anda menghadapi masalah yang lebih berat, kami sarankan sebaiknya cek ke bengkel. Nah, selamat mencoba.

Like us!

Komentar