Diperbaharui pada Rabu, 28 April 2021 | 16:32

Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Lewat Aplikasi, Situs dan Microsoft

Oleh Imam Ali

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Memasuki era transformasi digital, menuntut kita untuk beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, salah satunya ialah tanda tangan digital untuk mengesahkan dokumen.

Jika sebelumnya tanda tangan identik dengan tulisan tangan dan pulpen basah, saat ini pada beberapa institusi, organisasi, atau perusahaan, telah memperbolehkan penggunaan tanda tangan digital. Selain menghemat kertas, dokumen digital ini juga mudah dibaca di mana saja.

Nah, untuk kamu yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan memerlukan tanda tangan digital, berikut cara paling mudah untuk membuatnya. Bisa digunakan PC, laptop, dan juga smartphone.

Apa itu tanda tangan digital?

Tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik terenkripsi pada informasi digital seperti pesan email, makro, atau dokumen elektronik. Tanda tangan mengonfirmasi bahwa informasi berasal dari penanda tangan dan belum diubah.

Seberapa Aman Tanda Tangan Digital?

cara membuat tanda tangan digital

Dengan menggunakan tanda tangan digital selain lebih simple dan cepat, banyak hal yang bisa dijamin keabsahannya. Meski dalam bentuk digital, keasliannya tetap dikonfirmasi sebagai tanda tangan yang sah dari penanda tangan.

Integritas dari sebuah konten pun diyakini dan diharamkan untuk diubah atau diutak-atik sejak ditandatangani secara digital.

Non-repudiasi membuktikan pada semua pihak mengenai asal konten yang ditandatangani. Repudiasi mengacu pada tindakan penanda tangan yang menyangkal keterkaitan apa pun dengan konten yang ditandatangani.

Tanda tangan dalam file Word, Excel, atau PowerPoint secara digital yang diberi tanda tangan lengkap dengan waktu penanda tanganan, dalam keadaan tertentu, memiliki validitas pengesahan notaris.

Untuk membuat jaminan tersebut, pembuat konten harus menandatangani secara digital konten itu dengan menggunakan tanda tangan yang memenuhi kriteria berikut ini:

  • Tanda tangan digitalnya valid.
  • Sertifikat yang terkait dengan tanda tangan digital masih berlaku (tidak kedaluwarsa).
  • Orang atau organisasi yang menandatangani, yang disebut sebagai penerbit, tepercaya.
  • Sertifikat yang terkait dengan tanda tangan digital diterbitkan untuk penerbit yang menandatangani oleh otoritas sertifikat (CA) terkemuka.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Ada banyak cara membuat tanda digital, baik melalui situs online gratis, aplikasi, maupun menggunakan fitur Microsoft Office. Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk membuat tanda tangan digital lebih mudah.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Situs Online Signature

cara membuat tanda tangan elektronik

Untuk membuat tanda tangan digital ini, pertama-tama kamu harus membuka situs Online Signature. Sebenarnya ada beberapa situs yang bisa digunakan, tetapi jika ingin yang mudah dan simpel, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan. 

1. Pilih Draw Signature

Setelah membuka situs Online Signature, langkah yang harus kamu lakukan ialah memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas laman situs. 

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

2. Gambar Tanda Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Setelah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kamu sudah bisa menggambar tanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, gunakan mouse atau silakan gunakan touchpad jika dirasa lebih nyaman. 

3. Simpan Tanda Tangan

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Setelah menggambar pada kolom yang tersedia, kamu dapat menyimpannya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear.

Jika mengklik tombol Save, akan muncul pilihan Download Signature seperti di bawah ini. Tanda tangan yang kamu unduh, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kamu gunakan.  

4. Tanda Tangan Digital Siap Digunakan

Setelah tersimpan, kamu bisa menggunakannya untuk semua dokumen yang diinginkan dengan menempelkan tanda tangan digital pada halaman yang dibutuhkan.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Microsoft Office

cara membuat tanda tangan digital

Jika Anda ingin mencoba menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word, berikut cara membuat tanda tangan di Word:

1. Pindahkan kursor ke area yang ingin dibubuhi tanda tangan di dokumen Word.

2. Pilih tab Insert.

3. Arahkan kursor ke bagian Teks dan pilih Signature Line.

4. Klik Microsoft Office Signature Line dan kotak dialog Signature Setup akan muncul.

5. Masukkan data, seperti nama penanda tangan, jabatan, alamat email, dan instruksi lebih lanjut, kemudian centang kotak jika diperlukan (jika Anda menandatangani ini akan menjadi detail). Klik OK.

6. Klik kanan pada bagian tanda tangan dan ketik nama Anda atau unggah gambar tanda tangan.

Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word

Cara membuat tanda tangan digital di word

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menambahkan tanda tangan elektronik dibandingkan tanda tangan digital ke dokumen mereka. Dan Microsoft Word membuat keinginan banyak orang ini mudah untuk dilakukan.

Untuk menambahkan tanda tangan elektronik,berikut langkah-langkah cara membuat tanda tangan di Word yang bisa diikuti:

1. Buat tanda tangan di tengah selembar kertas putih kosong dengan cara tulis tangan.

2. Pindai atau scan tanda tangan yang telah dibuat dan simpan di komputer dalam salah satu format file .bmp, .gif, .png, atau .jpg.

3. Buka file gambar di Microsoft Word dengan mengklik tab Insert dan pilih Picture.

4. Klik pada gambar dan edit menggunakan tab Picture Tools Format.

5. Saat selesai mengedit gambar, klik kanan pada gambar dan pilih Save As Picture.

6. Kapan pun Anda ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word, klik Insert dan Picture, kemudian cari file gambar yang telah diedit. Lalu seret dan lepas di tempat yang diinginkan di dokumen Word.

Cara Menambahkan Garis Tanda Tangan di Word

cara membuat tanda tangan digital

Selain diri Anda, tak jarang sebuah dokumen juga membutuhkan tanda tangan orang lain. Untuk membuat dokumen tersebut tampak rapi, biasanya akan diberi garis khusus untuk menunjukkan di mana seseorang harus membubuhi tanda tangannya.

Selain cara membuat tanda tangan di Word, Microsoft Word juga menyediakan cara untuk menambahkan garis tanda tangan ini untuk keperluan dokumen Word. Untuk menambahkan garis tanda tangan ke dalam dokumen Word, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik kiri di tempat Anda ingin meletakkan garis tanda tangan pada dokumen Word.

2. Pilih Signature Line dari bagian Insert. Kemudian kotak dialog akan muncul.

3. Pilih opsi yang diperlukan, lalu klik OK.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Dengan Adobe Fill & Sign

cara membuat tanda tangan digital

Anda juga bisa mengurus dokumen untuk membuat tanda tangan melalui smartphone. Yang dibutuhkan untuk membuat tanda tangan melalui ponsel ini adalah aplikasi Adobe Fill & Sign. Setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah cara membuat tanda tangan di Word berikut ini:

1. Jalankan aplikasi Adobe Fill & Sign. Kemudian pilih icon pena lalu pilih Create Signature.

2. Berikutnya segera buat tanda tangan dengan menggunakan jari di layar smartphone. Jika sudah selesai pilih Done.

3. Pastikan bahwa dokumen Word yang ingin Anda tanda tangani sudah tersimpan di smartphone sebelumnya. 4. Kemudian pilih opsi Select a form to fill out untuk membubuhi dokumen dengan tanda tangan.

5. Ketika sudah masuk ke dalam dokumen yang ingin Anda tanda tangani, pilih ikon pena, lalu pilih Signature

6. Tempatkan tanda tangan dengan cara menyeret tanda tangan di tempat yang diinginkan.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital yang Tidak Terlihat

cara membuat tanda tangan digital

Tanda tangan digital yang tidak terlihat, seperti baris tanda tangan digital yang terlihat, memastikan keaslian, integritas, dan asal dokumen.

Anda bisa menambahkan tanda tangan digital yang tak terlihat ke dokumen Word, buku kerja Excel, dan presentasi PowerPoint.

Dokumen yang ditandatangani memiliki tombol Tanda Tangan di bagian bawah dokumen. Selain itu, untuk dokumen yang ditandatangani, informasi tanda tangan muncul di bagian Info yang Anda lihat setelah Anda klik tab File.

Untuk melindungi keaslian konten dokumen, Anda bisa menambahkan tanda tangan digital yang tak terlihat. Dokumen yang ditandatangani memiliki tombol Tanda tangan di bagian bawah dokumen.

1. Klik tab File.

2. Klik Info.

3. Klik Proteksi Dokumen, Proteksi Buku Kerja atau Proteksi Presentasi.

4. Klik Tambahkan Tanda Tangan Digital.

5. Baca pesan Word, Excel, atau PowerPoint, lalu klik OK.

6. Dalam kotak dialog Tanda Tangan, di kotak Tujuan penandatanganan dokumen ini, ketikkan tujuannya.

7. Klik Tanda Tangan.

Setelah file ditandatangani secara digital, tombol Tanda Tangan muncul, dan file menjadi baca-saja untuk mencegah modifikasi.

Kesimpulan

tanda tangan digital

Banyak cara membuat tanda tangan digital, semuanya bisa dijadikan opsi dengan tingkat keabsahan yang serupa. Perbedaanya hanya dalam segi pembuatan saja yang memelukan beberapa tingkat kesulitan, terutama ketika membuat tanda tangan elektronik dengan mengandalkan format jpg.

Like us!

Komentar