Diperbaharui pada Senin, 29 Maret 2021 | 16:16

Cara Menggunakan Paket Keluarga XL, Mudah dan Praktis

Oleh Restu Aji Siswanto

Cara Aktivasi Paket Akrab XL di Aplikasi myXLFoto: XL Axiata

Kebutuhan akan paket internet keluarga menjadi sesuatu yang penting di masa pandemi Covid 19 ini, terlebih lagi dengan adanya PSBB, dimana mayoritas aktivitas keseharian dilakukan di rumah.

Paket Keluarga dari XL merupakan bagian dari Paket Akrab terbaru yang memberikan jumlah kuota besar sampai 160GB, dimana kuota besar bisa dipakai bersama anggota keluarga dan kerabat.

Selain itu, beberapa keuntungan lainnya dari Paket Keluarga XL ini diantaranya mencakup unlimited kuota aplikasi, bonus kuota pribadi, hingga gratis nelpon dan SMS ke XL dan Axis.

Paket Keluarga XL menawarkan efisiensi dan kepraktisan dalam penggunaannya. Berikut ini cara menggunakan dan mengelola Paket Keluarga agar pemakaiannya bisa maksimal.

Cara Menggunakan Paket Keluarga XL

1. Aktivasi dan Membeli Paket Akrab XL

Cara Aktivasi Paket Akrab XL di Aplikasi myXLFoto: XL Axiata

Untuk bisa menikmati paket internet keluarga, pengguna XL harus terlebih dahulu membeli salah satu opsi Paket Akrab yang menawarkan 4 pilihan Paket Keluarga mulai dari 10GB, hingga kuota besar sampai 160GB.

Cara daftar Paket Akrab cukup mudah, pengguna dapat melakukannya melalui aplikasi myXL dengan memilih ‘Beli Paket’, lalu masuk ke menu ‘Paket Utama’. Pada halaman ini, sentuh ‘Paket Akrab’, lalu pilih varian paket yang diinginkan.

Setelah memilih, sentuh tombol ‘Pilih’ dan tentukan metode pembayaran apa yang ingin dilakukan, dan sentuh tombol ‘Aktifkan’. Proses aktivasi Paket Akrab ini sangat mudah, cepat, dan praktis.

2. Mengundang Nomor Anggota Keluarga

Cara Aktivasi Paket Akrab XL di Aplikasi myXLFoto: XL Axiata

Setelah melakukan aktivasi Paket Akrab dan memilih varian yang diinginkan, langkah selanjutnya untuk menikmati Paket Keluarga XL adalah dengan mengundang anggota keluarga dan kerabat.

Pengguna bisa mengundang anggota keluarga dan kerabat melalui WhatsApp dengan Langkah sederhana yakni dengan cara memilih menu ‘Tambah Anggota’ pada aplikasi myXL, lalu pilih kontak WhatsApp yang akan diundang.

Setelah itu, akan muncul link khusus yang bisa langsung dibagikan ke jendela chat WhatsApp penerima. Penerima dapat langsung klik link tersebut untuk menerima undangan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengundang anggota keluarga dan kerabat dengan menggunakan SMS dan kotak masuk aplikasi myXL, dimana akan menerima undangan melalui pesan singkat dan merespon dengan ‘Y’ atau ‘Terima’ untuk melanjutkan.

3. Mengatur Pembagian Kuota Paket Keluarga XL

Cara Aktivasi Paket Akrab XL di Aplikasi myXLFoto: XL Axiata

Pengaturan kuota Paket Keluarga XL dapat dilakukan langsung melalui aplikasi myXL dengan masuk ke menu profil dan pilih Paket Akrab. Pada halaman ini, pengguna dapat memilih ‘Atur Batas Pemakaian Anggota’.

Setelah itu, atur jumlah batas kuota untuk setiap anggota keluarga dan kerabat, dan pilih ‘Simpan’ bila sudah selesai.

Melalui pengaturan ini, pengguna dapat memberikan izin akses kuota kepada anggota keluarga dan kerabat dengan mengatur sendiri berapa besar sharing kuota, atau memberikan akses kuota tanpa batas.

Cara Mengelola Paket Keluarga XL

Cara Aktivasi Paket Akrab XL di Aplikasi myXLFoto: XL Axiata

Bila pengguna yang bertugas sebagai pengelola telah mengatur pembagian kuota Paket Keluarga XL, maka pengaturan untuk menambah atau menghapus anggota keluarga juga dapat dilakukan.

Berikut ini cara untuk mengelola Paket Keluarga XL yang dapat dilakukan melalui sentralisasi dashboard pada aplikasi myXL, dari pengguna yang bertugas sebagai pengelola.

1. Menambah Anggota Keluarga

Selain jumlah anggota keluarga dan sahabat yang sudah diatur oleh pengguna, Paket Keluarga XL juga memungkinkan untuk menambah slot anggota keluarga lainnya.

Pengaturan untuk menambah slot anggota ini dapat dilakukan melalui aplikasi myXL dengan mengikuti Langkah-langkah seperti sebelumnya, yaitu akses profil dan memilih Paket Akrab.

Selanjutnya, pengguna dapat menyentuh pilihan ‘Tambah Anggota’ untuk menambah jumlah orang pada Paket Keluarga XL yang dimilikinya.

Setiap slot yang terisi, akan dikenakan tarif Rp 20.000, dan bisa pengguna sudah selesai memilih, Langkah selanjutnya adalah sentuh tombol ‘Lanjutkan’ dan isi nomor XL dari keluarga atau kerabat yang ingin ditambahkan.

Terakhir, pilih metode pembayaran yang diinginkan, lalu sentuh tombol ‘Bayar’. Sharing kuota Paket Keluarga XL selesai dan slog anggota baru telah ditambahkan.

2. Menghapus Anggota dan Keluar dari Paket

Untuk mengurangi jumlah anggota dalam Paket Keluarga XL, terdapat dua cara, yang pertama adalah dengan menghapus nomor anggota tersebut, dan yang kedua, dapat dilakukan sendiri oleh anggota keluarga yang dimaksud.

Kedua cara ini dapat dilakukan melalui aplikasi myXL dengan masuk ke profil dan memilih Paket Akrab. Untuk pengguna yang ingin menghapus anggota keluarga, sentuh tombol ‘Edit’, lalu pilih nomor anggota yang akan dihapus.

Selanjutnya, cukup menyentuh tombol ‘Hapus’ yang dilanjutkan dengan ‘Konfirmasi’. Anggota keluarga yang nomornya telah dihapus, akan mendapatkan notifikasi pada kotak masuk.

Bila anggota keluarga ingin keluar sendiri, maka setelah masuk ke halaman ‘Paket Akrab’, dapat langsung menyentuh tombol ‘Keluar dari Paket’ dan pilih ‘Keluar’. Pengguna yang mengelola Paket Keluarga akan mendapatkan notifikasi.

3. Mengubah Paket Keluarga XL

Pengguna yang bertindak sebagai pengelola juga dapat mengubah Paket Keluarga XL yang dimilikinya dengan cara mengakses menu profil pada aplikasi myXL, dan pilih jumlah ‘Sisa Kuota Keluarga’ dan ‘Ubah Paket’.

Setelah menyentuh tombol ‘Konfirmasi’ pengguna akan dihadapkan pada pilihan varian Paket Akrab. Untuk menambah jumlah kuota, pilihannya adalah paket yang lebih besar, sementara untuk mengurangi, pilihan yang tersedia adalah paket yang lebih kecil.

Bila pilihannya adalah menambah kuota Paket Keluarga, maka semua anggota yang sudah terdaftar tidak akan di hapus, dan sisa kuota di Paket Akrab sebelumnya akan ditambahkan atau terakumulasi setelah selesai melakukan pembayaran.

Namun bila pilihannya adalah mengurang kuota Paket Keluarga, mana setelah pengguna yang bertindak sebagai pengelola melakukan pembayaran, sisa kuota di paket Akrab sebelumnya dan semua Anggota akan dihapus.

Paket Keluarga XL, Banyak Untungnya untuk Semua Anggota Keluarga

Nah, itulah 6 cara untuk menggunakan Paket Keluarga XL. Semua hal yang sudah dijabarkan di atas dapat dilakukan pada aplikasi myXL yang memberikan segala kemudahan dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah untuk diikuti.

Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat menikmati Paket Keluarga XL dengan kuota besar yang bisa dibagi untuk seluruh anggota keluarga dan kerabat.

Like us!

Komentar