Diperbaharui pada Senin, 8 Maret 2021 | 17:19

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh-0Foto: Samsung

Di masa pandemi Covid 19 ini, menjaga imun tubuh menjadi sangat penting, dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan menciptakan suasana rumah yang higienis.

Menurut riset Frontiers yang dilakukan pada tahun 2020, mengungkap bahwa pandemi Covid 19 ini ternyata lebih banyak mempengaruhi perempuan, baik mereka yang harus bekerja di luar rumah maupun yang berada di rumah.

Risiko penularan di masa pandemi membuat banyak wanita mengalami stres dan kecemasan, karena mengkhawatirkan kesehatan diri sendiri dan juga keluarga.

Berbekal data tersebut, Samsung menghadirkan perangkat rumah tangga yang mudah dioperasikan untuk membersihkan 99,9 persen virus dan bakteri sekaligus memenuhi nutrisi.

Melalui produk-produk elektronik rumah tangga seperti Samsung Air Dresser, Air Purifier, Jet Vacuum Cleaner hingga Microwave, Samsung menegaskan komitmennya untuk menghadirkan inovasi yang tak hanya canggih, tapi juga bermanfaat, terutama menciptakan higienitas dan meningkatkan imun tubuh.

Tips Membuat Hunian Higienis

Salah satu ciri lingkungan rumah yang sehat adalah bebas dari vector penyakit, udara yang tercemar, dan makanan yang terkontaminasi. Berikut tips dari Samsung untuk membuat hunian lebih higienis dan mendukung imunitas.

1. Sterilisasi Pakaian Setelah Bepergian

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh-1Foto: Samsung

Di masa pandemi, aktivitas di luar rumah meningkatkan risiko terpapar virus atau materi berbahaya lain yang menempel pada pakaian. Untuk menjaga higienitas, biasakan untuk mencuci tangan dan mengganti pakaian Anda segera setelah sampai di rumah.

Mencuci pakaian adalah tindakan antisipasi yang umum dilakukan, tapi untuk sterilisasi yang maksimal, kini tersedia teknologi inovatif pada Samsung Air Dresser. 

Tidak hanya membersihkan kotoran, Air Dresser juga mensanitasi pakaian. Samsung Air Dresser mampu menghilangkan bakteri, virus, dan allergen berkat teknologi Jet Steam yang menyemprotkan uap bersuhu tinggi. 

Teknologi ini membuatnya mampu membunuh hingga 99,9 persen virus dan bakteri, 100 persen tungau rumah, menghilangkan 99 persen bau yang menyebabkan gas dan 99 persen zat berbahaya lainnya. 

Perangkat ini bisa dikendalikan dari smartphone melalui aplikasi SmartThings, dan memiliki Jet Air + Jet Hanger yang dapat menyemburkan udara yang kuat ke pakaian untuk membuang kotoran dan debu yang menempel, bahkan jauh di dalam serat pakaian. 

Teknologi HeatPump Drying digunakan untuk melakukan proses pengeringan pakaian tanpa menyebabkan rusak atau kusut 

Air Dresser juga berguna saat WFH, seperti memakai pakaian kerja saat video call, lalu berganti pakaian rumah setelah selesai. 

Air Dresser akan mensanitasi baju yang hanya dipakai sekali tersebut, dan dengan Deodorizing Filter yang menangkap dan menghilangkan aroma penyebab bau tak sedap, pakaian menjadi lebih bersih, segar, dan tersanitasi.

2. Bersihkan Lantai dan Perabot dari Debu

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh-2Foto: Samsung

Selain menjaga diri dengan selalu mencuci tangan dan membersihkan diri sebelum masuk rumah, higienitas isi rumah juga harus selalu dijaga.

Kotoran terutama debu-debu, dapat mengotori perabotan dan berbagai area rumah seperti lantai, dinding, langit-langit dan sebagainya. 

Penelitian terbaru University of California di tahun 2020 mendapati bahwa virus yang bersifat airborne ternyata dapat disebarkan oleh aerosolized fomites seperti debu. 

Perangkat vacuum cleaner Samsung Jet Vacuum Cleaner dapat membersihkan debu dengan praktis dan mudah, sekaligus melepaskan udara yang lebih bersih, ketika dipakai.

Samsung Jet dapat melakukannya dengan cepat berkat struktur multi-siklon Jet Cyclone yang menyaring dan memerangkap debu, bahkan debu paling halus dengan partikel berukuran 0,3-10µm dan allergen sekalipun, melalui lima lapis penyaringan. 

3. Buat Udara yang Dihirup Lebih Segar

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh-3Foto: Samsung

Masih terkait dengan debu yang dapat membawa penyakit. Debu adalah partikel yang amat kecil sehingga dapat beterbangan di rumah tanpa terlihat. 

Cara praktis untuk mengeliminasi debu dari udara di rumah adalah dengan menggunakan penyaring udara seperti air purifier. Samsung Air Purifier menjaga kualitas udara di rumah tetap bersih dan aman dengan sistem penyaringan berlapis.

Proses ini dimulai dari penyaringan partikel debu berukuran besar, disusul filter Deo Karbon yang membuang gas berbahaya, lalu terakhir, filtrasi HEPA.

Filter debu HEPA dapat menyaring partikel hingga sekecil 0,3 mikron dan menangkap hingga 99,97 persen debu yang ekstra halus. 

Anda pun dapat mengontrol kualitas udara dalam ruangan dari bagian rumah lain dengan aplikasi SmartThings (untuk tipe AX60R) sehingga udara dalam ruangan manjadi segar.

4. Jaga Imunitas Tubuh dengan Makanan yang Sehat dan Nikmat

Tips Menciptakan Rumah Higienis untuk Tingkatkan Imun Tubuh-4Foto: Samsung

Imunitas adalah kunci yang penting untuk menghadapi virus. Gaya hidup serta makanan yang sehat dan bergizi adalah faktor yang memperkuat imunitas kita. 

Samsung telah menghadirkan lebih banyak cara untuk mengolah makanan sehat melalui produk microwave, seperti contohnya Microwave MW5000T. 

Perangkat ini sudah dibekali fitur Grill Fry untuk melakukan proses memasak tanpa minyak. Hasilnya adalah makanan yang lebih sehat dan memiliki tekstur yang renyah dan nikmat. 

Grill Fry memberikan lebih banyak variasi cara menggoreng, mengukus, dan memanggang makanan pada perangkat dengan kapasitas besar hingga 30 liter. 

Microwave MW5000T juga dilengkapi fitur Home Dessert untuk mempermudah proses pembuatan makanan pencuci mulut, dan Healthy Steam, fitur yang mempermudah persiapan makanan kukus yang bernutrisi, mulai dari dada ayam kukus, ikan kukus, hingga sayur-sayuran.

Nah itu dia serangkaian tips yang dapat dilakukan dirumah, untuk membuat kondisi rumah tetap higienis dan imum tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat dan pandemi ini segera berakhir.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.