Diperbaharui pada Selasa, 2 Maret 2021 | 14:18

Cara Hapus Pesan Otomatis Telegram di Android dan iOS

Oleh Suci Risanti

Foto: Pixabay

Baru-baru ini, Telegram telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan secara otomatis di perangkat Android dan iOS.

Lewat fitur ini, pengguna Telegram dapat menghapus pesan atau percakapan secara otomatis, baik itu percakapan pribadi dengan seseorang atau di sebuah grup, yang dapat dijadwalkan dalam kurun waktu 24 jam hingga 7 hari setelah percakapan tersebut dikirim.

Telegram mengatakan bahwa mereka tidak menciptakan percakapan yang bisa bertahan untuk selamanya, sehingga memungkinkan pengguna Telegram dapat menghapus pesan untuk semua anggota di obrolan tanpa jejak.

Sekadar informasi, fitur auto delete ini sudah ada sejak 2013 lalu, namun hanya dikhususkan untuk pesan di Secret Chat, dimana pengguna dapat menghapus percakapan yang sudah terbaca oleh orang orang lain.

Untuk menggunakan fitur auto delete ini, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu dan menjadwalkan waktu penghapusan percakapan, baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Cara Hapus Pesan Otomatis Telegram di Android

Foto: Unsplash

Dengan adanya fitur ini, semua percakapan penting atau yang bersifat sensitif di dalam Telegram akan dihapus tanpa meninggalkan jejak, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika ada seseorang yang meminjam smartphone dan membuka isi pesan-pesan tersebut. 

Nah, bagaimana sih cara mengaktifkannya? Simak Berikut ini.

1. Buka Aplikasi Telegram

Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram pada smartphone untuk menampilkan halaman dan menu khusus di dalamnya. Sebagai contoh menggunakan smartphone Samsung Galaxy A21s.

2. Klik Percakapan yang Diinginkan

Pengguna dapat mengklik dan memilih percakapan personal atau grup yang ingin dihapus.

3. Klik titik tiga (⋮)

Selanjutnya, klik titik (⋮) untuk membuka menu di dalamnya, lalu pilih ‘Clear History’. Pengguna dapat mengatur jadwal penghapusan yang tersedia, mulai dari 24 jam sampai 7 hari.

4. Klik ‘Enable Auto-Delete’

Langkah terakhir, pengguna dapat mengklik ‘Enable Auto-Delete’ untuk mengaktifkan fitur tersebut dan pesan akan dihapus sesuai waktu yang telah ditentukan.

Cara Hapus Pesan Otomatis Telegram di iOS

Foto: Shutterstock

Untuk cara mengaktifkan fitur di iOS sendiri cukup berbeda dengan pengguna Android. Simak cara berikut ini.

1. Buka Aplikasi Telegram

Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram pada smartphone untuk menampilkan halaman dan menu khusus di dalamnya.

2. Tekan dan Tahan Pesan

Pengguna dapat membuka chat personal atau grup yang akan dihapus, lalu tekan dan tahan pesan kemudian pilih ‘Select’ setelah itu tekan ‘Clear Chat’. 

3. Klik ‘Enable Auto Delete’

Selanjutnya, pengguna dapat mengklik ‘Enable Auto Delete’ dan mengatur jadwal penghapusan pesan yang tersedia. Fitur auto delete tersebut akan aktif dan akan menghapus pesan sesuai waktu yang ditentukan.

Fitur auto delete ini memang sedikit berbeda dengan fitur auto delete yang dikhususkan untuk Secret Chat, dimana fitur auto delete tersebut hanya dapat menghapus percakapan yang sudah dibaca.

Sementara untuk fitur auto delete untuk semua chat ini dapat menghapus setelah percakapan tersebut dikirim, sehingga tidak meninggalkan jejak sama sekali di dalam pesan personal ataupun di grup.

Nah, itu dia cara untuk mengaktifkan fitur auto delete Telegram di Android dan iOS. Semoga bermanfaat ya!

Like us!

Komentar