Diperbaharui pada Rabu, 8 Juni 2022 | 15:35

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya-0Foto: Pixabay

Kebiasaan berganti-ganti smartphone ketika model terbarunya rilis sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Namun kala ingin berganti smartphone, ada hal paling penting yang jadi pertanyaan, bagaimana cara transfer data dari hp lama ke hp baru?

Data yang disimpan biasanya penting dan tidak boleh dihapus atau hilang, salah satunya SMS. Pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan bagaimana cara memindahkan SMS dari hp Android ke hp iOS, begitupun juga sebaliknya.

Terdapat beberapa cara memindahkan SMS dari hp lama ke hp baru yang bisa Anda lakukan, baik dengan menggunakan aplikasi khusus, atau dengan memanfaatkan fitur yang sudah tersedia pada smartphone Anda. Berikut beberapa caranya.

Cara Memindahkan SMS dari Hp Android ke iPhone

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya-1Foto: Pixabay

Langkah memindahkan SMS dari hp lama ke hp baru yang pertama ini fokus pada Android ke iPhone. Untuk melakukannya, Anda perlu menginstall aplikasi pihak ketiga dan mengikuti mengikuti langkah-langkah yang umumnya sama.

1. Pilihlah Menu Pindahkan Data di Menu App juga Data di Android

Bila hp Anda ada menu ini, maka gunakan untuk menghubungkan perangkat iPhone, iPod touch atau iPad. Saat pemindahan telah selesai, Anda dapat menghapus histori perangkat iOS.

2. Unduh Aplikasi Pindah SMS ke iOS

Anda bisa mencari aplikasi backup SMS untuk dipindahkan ke hp iOS seperti SMS Backup & Restore, X-Transfer, atau Smart Transfer, lalu buka menu Pindah ke iOS pada Android.

Pilih Lanjutkan, baca syarat dan ketentuan yang ada, kemudian pilih setuju, dan mulailah mem-backup semua data SMS pada hp Android, untuk dipindahkan ke hp iOS.

3. Tunggu Kode

Pada beberapa aplikasi, tunggu sampai kode yang Anda minta muncul, biasanya berjumlah enam sampai sepuluh digit. Jika ada peringatan koneksi internet lemah, lebih baik abaikan saja. 

4. Gunakan kode Tersebut

Masukkan kode yang Anda terima tersebut di perangkat Android, dan tunggu hingga verifikasi berhasil, dan transfer data muncul. 

5. Pilih Konten SMS dan Tunggu

Pada menu Transfer Data, Anda bisa memilih berikutnya dan tunggu sampai pemuatan di iOS selesai. Kemudian Anda bisa memilih data mana yang ingin Anda transfer ke hp yang baru, Anda tinggal menunggu hingga proses selesai. 

6. Atur Perangkat pada iOS

Pilih 'Selesai' di kedua perangkat, lalu pilih 'Lanjutkan' dan ikuti langkah yang muncul di layar. 

Cara Memindahkan SMS dari iPhone ke Hp Android

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya-2Foto: Pixabay

Bagi pengguna hp iOS seperti iPhone, atau iPad, cara memindahkan SMS dan data dari hp iOS ke Hp Android bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini.

Pertama, backup dahulu iPhone tersebut menggunakan aplikasi iTunes. Langkah ini bisa dilakukan baik dari PC atau laptop Windows, maupun pada MacBook, Mac OS X.

Setelah itu. masuk dalam folder backup iPhone baru dengan menggunakan posisi folder pada masing-masing sistem operasi yang berbeda.

  1. Windows 7 atau Vista "C:\Users\[USERNAME]\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup\”
  2. Windows XP "C:\Documents and Settings\[USERNAME]\Application Data\Apple Computer\MobileSync\Backup\”
  3. Mac OS X “~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/”

Untuk versi Windows dan OS yang lebih tinggi, seperti Windows 10, bisa langsung menggunakan fitur 'Phone' dan sambungkan hp kalian dengan memilih 'Link your Android' atau Link your iPhone'.

Setelah itu, carilah File name dengan menggunakan "3d0d7e5fb2ce288813306e4d4636395e047a3d28.mddata" pada folder tersebut. Untuk Windows 10, Anda bisa melakukannya langsung dengan menghubungkan hp di fitur Phone.

Bagi Anda yang menggunakan Mac OS X Lion, penambahan extention tidak perlu dilakukan, jadi hanya perlu menggunakan "3d0d7e5fb2ce288813306e4d4636395e047a3d28".

Copy file tersebut ke Folder yang lain, Rename ke dataSMS.db. Untuk melakukan konversi online, bukalah halaman pada  http://faked.org/iSMS2droid/ dan ketikkan Konvert SMS iPhone ke XML format, import file ke XML format hingga selesai dan lakukan konformasi download. 

Bila tidak butuh konversi SMS iPhone ke XML via web, Anda bisa memakai aplikasi di Android. Caranya cukup dengan download aplikasi iSMS2Droid, copy file dataSMS.db, lalu konversi memakai iSMS2Droid.

Untuk menggunakan aplikasi web, Anda bisa ke Drive file tersebut yang ada di Folder /mnt/sdcard/SMSBackupRestore. Jangan lupa untuk install aplikasi pihak ketiga, seperti pada langkah hp Android sebelumnya.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, pilihlah import, lalu cari file yang di konversi dengan XML format maupun file DB, dan upload ke Android setelahnya import. 

Cara Memindahkan SMS dari Hp Android ke Hp Android

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya-3Foto: Pixabay

Selain memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone, Anda juga bisa memindahkan SMS dari hp Android ke hp Android lainnya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Unduh Aplikasi untuk Backup SMS di Hp Lama

Seperti pada cara pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstall aplikasi pihak ketiga yang akan digunakan untuk backup file dari hp Android lamamu.

2. Buka Aplikasi Backup di Hp Lama

Aplikasi yang sudah Anda download dan install tersebut, bisa Anda gunakan untuk mulai mem-backup data pada hp Android lama. 

3. Sinkronkan Akun Gmail ke Aplikasi Backup

Backup SMS di akun Gmail dengan memilih Connect, lalu gunakan akun Gmail yang sama pada Android tersebut. 

4. Mulai Backup SMS

Pindahkan Pesan Melalui “Backup”, lalu pilihlah lokasi untuk backup SMS pada aplikasi backup yang Anda install. Langkah ini dapat dilakukan pada Local Backup and Upload, tergantung jenis hp Android yang Anda gunakan. 

Perlu diingat, tidak semua versi Android memiliki sistem atau penamaan yang sama. BIsa jadi hp Android yang Anda miliki, menggunakan nama lain.

Setelah itu, tunggu sampai proses cadangan SMS selesai dan lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Unduhlah backup SMS pada hp Android tujuan. 
  • Pilih Restore untuk memulai pemulihan SMS. 
  • Pada aplikasi, pilih file backup. 
  • Aturlah aplikasi backup untuk aplikasi SMS bawaan. 
  • Tunggu proses selesai, lalu atur aplikasi SMS setelah pemindahan SMS berhasil. 

Cara Memindahkan SMS dari iPhone ke iPhone

Cara Memindahkan SMS dari hp Android ke iPhone dan Sebaliknya-4Foto: FreeLogoVectors

Cara backup SMS dan data lain pada iPhone cukup mudah dan bisa Anda lakukan melalui dua cara berikut ini.

1. Via iCloud

iCloud di gagas oleh Apple yang fungsinya hampir sama dengan Google Drive yang ada pada Android. iCloud bisa menyimpan data mulai gambar hingga musik, dan dapat diakses melalui jaringan internet. Berikut caranya. 

  1. Masuk pengaturan, pilih iCloud pilih “Backup” atau “Service and Backup”, tergantung versi iOS pada iPhone yang digunakan.
  2. Aktifkan backup dan pilih 'Backup Now'
  3. Pilih “Pengaturan”, lalu pilih “iCloud” di penyimpanan serta backup baru. 

2. Via iTunes

Meski iTunes pada umumnya digunakan untuk memutar dan membeli lagu, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengelola data di iPhone, iPod, dan iPad. Cara backup SMS dan data menggunakan iTunes sbb:

  1. Sambungkan iTunes di komputer dengan iPhone memakai kabel data. 
  2. Pilih “File”, lalu 'Perangkat', dan klik 'Backup'.
  3. Tunggu proses backup selesai, lalu masuk ke menu 'Preferensi'
  4. Klik 'Perangkat', kemudian komputer akan memperlihatkan nama perangkat yang telah sukses di backup. 

Cara backup data dan cara memindahkan SMS diatas sangat mudah dilakukan untuk berbagai jenis smartphone. Semoga dengan artikel ini, kami dapat membantu.

Cara ini bisa di lakukan oleh siapa saja, sehingga data bisa tetap aman dan terjaga. Selamat mencoba! 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.