Diperbaharui pada Senin, 1 Maret 2021 | 11:25

Cara Melacak Barang yang Hilang dengan Samsung Smart Tag

Oleh Nur Abdillah

Samsung Smart Tag
Belum lama ini Samsung merilis sebuah perangkat bernama Galaxy Smart Tag. Ya, ini merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk melacak keberadaan barang Anda, yang mungkin hilang atau juga lupa menyimpannya.

Smart Tag ini memiliki ukuran yang mungil berbentuk kotak dengan dimensi sekitar 3,5 cm di setiap sisinya. Terdapat sebuah lubang yang bisa digunakan untuk pengait layakya sebuah gantungan kunci.

Meski berukuran kecil, tapi bagi saya sangat berguna. Karena bisa melacak barang atau apapun (elektronik atau non elektronik) yang jatuh atau hilang dengan bantuan internet maupun tidak. 

Cukup pasang atau gantungkan Smart Tag pada barang seperti dompet, kunci, sepeda, koper hingga binatang peliharaan. Nantinya barang yang sudah dipasang Smart Tag akan langsung terkoneksi ke hp melalui aplikasi SmartThings.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara menggunakan Smart Tag.

Mengoneksikan Smart Tag ke Hp

Samsung Smart Tag
Sebelum mengoneksikan Smart Tag ke Hp, pastikan sudah menginstal aplikasi SmartThings dan memiliki akun Samsung. Jika sudah ikuti langkah dibawah ini :

  1. Buka aplikasi SmartThings
  2. Aktifkan Galaxy Smart Tag dengan menekan tombol dibagian tengah beberapa detik
  3. Akan muncul notifikasi, selanjutnya pilih ‘add now’ dan ikuti perintah yang muncul di layar hp

Jika mengikuti semua perintah dengan benar maka Smart Tag sudah terkoneksi melalui aplikasi SmartThings. Setelah terkoneksi, lanjut cara menggunakan Smart Tag.

Mencari Barang dengan Smart Tag

Samsung Smart Tag
Untuk mencari barang yang hilang dengan Smart Tag juga cukup mudah, tapi pastikan barang tersebut sudah menggunakan Smart Tag. Berikut langkahnya :

  1. Buka aplikasi SmartThings
  2. Pada halaman ‘My Home’ pilih ‘SmarTag’
  3. Selanjutnya pilih view map
  4. Dan barang yang sudah menggunakan SmarTag akan langsung terdeteksi di map

Setelah itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan, jika jaraknya dekat atau ada disekitar, cukup tekan menu ‘Ring’ dan Smart Tag akan berbunyi sehingga mudah ditemukan.

Atau pilih “Search Nearby” yang akan memunculkan grafik lingkaran berwarna hijau yang akan berubah lebih besar jika sinyal keberadaan Galaxy Smart Tag semakin dekat. Dan gunakan menu ‘Navigate’ jika jarak Smart Tag jauh dari lokasi kita.

Teknologi BLE di Smart Tag

Samsung Smart Tag
Yang perlu diketahui, saat hendak melacak keberadaan barang yang hilang, Galaxy Smart Tag menggunakan teknologi bluetooth low energy (BLE) yang memberikan sinyal kepada SmartThings Find pada aplikasi SmartThings secara offline.

Sesama perangkat smartphone Galaxy pun dapat membantu menemukan Smart Tag yang hilang di tempat yang jauh dengan fitur Galaxy Find Network.

Saat Galaxy Smart Tag berada jauh dari smartphone selama 30 menit, Galaxy Smart Tag dengan BLE memberikan sinyal kepada SmartThings Find di perangkat-perangkat Galaxy di sekitarnya, yang kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat Galaxy yang memudahkan mencari lokasi Smart Tag. 

Dan fitur Private ID memastikan bahwa sepanjang Smart Tag mengirimkan sinyal BLE, yang akan membentuk sebuah ID rahasia yang terus berubah membuat data-data kita tetap terjaga. Hasilnya, Galaxy Smart Tag bisa ditemukan melalui perangkat Galaxy lainnya tanpa perlu takut data-data pribadi diketahui orang lain.

Menarik bukan. Jika tertarik, harga Galaxy Smart Tag sendiri dibanderol Rp. 399.000. Untuk saat ini hanya tersedia dalam varian warna hitam.

Like us!

Komentar