Diperbaharui pada Kamis, 4 Februari 2021 | 09:00

Merasakan Jadi Fotografer Profesional dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G

Oleh Restu Aji Siswanto

Samsung Galaxy S21 Series 5G menawarkan kamera Pro Grade dengan segudang fitur yang mendukung segala kebutuhan fotografi dari penggunanya, misalnya Authenthic Portrait yang bikin foto potret jadi terlihat tajam dan profesional.

Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung Samsung Galaxy S21 5G dan mengeksplor kemampuan kamera yang menjadi sorotan di seri S Samsung terbaru ini. 

Setelah memuaskan rasa penasaran akan kameranya, kami punya beberapa tips yang akan dibagikan agar kamu juga bisa membuat konten yang epik, kapan pun, dan di mana pun.

Namun sebelum itu, kamu perlu kenalan dulu dengan kamera pada Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Samsung Galaxy S21 Series 5G

Jajaran smartphone Samsung Galaxy S21 Series 5G terdiri dari tiga buah model yaitu Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G.

Masing-masing model ini dibekali dengan fitur kamera yang sama, namun dengan beberapa kelebihan, dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Pada Galaxy S21 5G, kita akan menemukan tiga buah kamera utama dengan konfigurasi 12 MP (Wide) + 64 MP (Telephoto) + 12 MP (Ultra Wide). Begitupun dengan Galaxy S21+ 5G yang dibekali kamera yang sama. Keduanya juga didukung kamera selfie 10 MP.

Model tertingginya, Galaxy S21 Ultra 5G, dibekali dengan konfigurasi empat kamera yakni 108 MP (Wide) + 10 MP (Periscope Telephoto) + 10 MP (Telephoto) + 12 MP (Ultra Wide), dengan dukungan kamera selfie 40 MP.

Tips Membuat Konten Foto Epik dengan Samsung Galaxy S21 5G

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membedah dan mencoba langsung fitur Director’s View yang sangat membantu pada kreator konten untuk membuat video dengan kualitas sinematik. 

Kini, kami akan memberikan tips untuk membuat konten fotografi yang epik dengan kamera Samsung Galaxy S21 5G. Berikut ulasan kami.

1. Cara Membuat Foto Potret dengan Bokeh yang Natural

Bagi sebagian orang, membuat foto potret mungkin terdengar mudah. Hanya tinggal memotret objek foto saja, jadi, deh. Eits, tunggu dulu, tidak semudah itu.

Komposisi dalam membuat foto potret sangat penting, dan dengan teknologi AI yang dilengkapi kedalaman tiga dimensi pada Galaxy S21 5G, foto potret yang biasa, akan menjadi epik.

Kami mencoba memotret dengan menggunakan Authentic Portrait. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat foto potret dengan bokeh yang terlihat natural.

Untuk mengambil gambar di ruangan terbuka yang memiliki banyak sumber cahaya, kami menyarankan untuk memilih mode natural. 

Kenapa mode ini? Karena kita tidak ingin foto yang dihasilkan, memiliki cahaya yang berlebihan. Pada jarak menengah, foto potret yang dihasilkan sangat tajam dengan intensitas bokeh yang halus dan terlihat natural.

Agar ketajaman foto lebih terlihat, dan kontras warna yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan, kami sarankan untuk memilih tempat yang tidak terkena pancaran sinar matahari langsung.

2. Cara Membuat Foto Pemandangan yang Epik

Foto pemandangan biasanya menunjukkan keadaan lingkungan disekitar, bisa di daerah pegunungan, komplek perumahan, bahkan salah satu yang sedang tren, urban landscape, dimana biasanya kita mengambil gambar suasana perkotaan dengan lensa Wide.

Tips untuk membuat foto landscape yang epik dengan Samsung Galaxy S21 5G adalah dengan memaksimalkan penggunaan kamera Wide dan Ultra Wide yang dimilikinya.

Kami mencoba untuk mengambil foto di lingkungan sekitar dengan menggunakan kedua kamera ini. Pada objek lingkungan, pastikan untuk memperhatikan rule of third ketika memotret.

Pada pengujian kamera kali ini, kami mengambil foto suasana perkotaan dan jalan raya, dimana banyak sekali objek yang tertangkap dalam satu frame.

Dengan menggunakan kamera Wide atau Ultra Wide, pastikan untuk selalu mencari patokan objek sebagai framing, lalu tunggu momen ketika ada objek lain mendekat, dan jepret.

Hasilnya adalah sebuah foto pemandangan perkotaan yang tajam, dengan sudut pengambilan gambar yang baik, dan komposisi yang menarik. Dengan kata lain, epik!

3. Cara Membuat Foto Potret Formal

Ada kalanya kita membutuhkan pas foto untuk berbagai keperluan mendesak yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya di studio foto.

Samsung tampaknya menyadari keresahan ini dengan menghadirkan Authentic Portrait yang telah diperbarui pada Samsung Galaxy S21 5G.

Kami merasakan sendiri kualitas bidikan yang dihasilkan dengan Authentic Portrait ini. Hasilnya cukup tajam dan bokeh yang dihasilkan juga sangat halus dan natural.

Terdapat beberapa mode yang bisa dipilih yakni Studio Lighting, Low-key Mono, Backdrop, dan Color Point. Untuk pengujian kali ini, kami mencoba Studio Lighting.

Mode ini memberikan kualitas cahaya yang menyerupai cahaya, yang biasa digunakan pada studio foto. Agar hasil foto yang dihasilkan tajam, cari tempat dengan cahaya yang cukup di dalam ruangan.

Usahakan untuk tidak memilih tempat yang memiliki cahaya langsung ke objek, karena ini akan mempengaruhi hasil akhir dari jepretannya.

Selain itu, ukur juga jarak antara objek foto, dengan latar belakang yang akan dipakai untuk membuat foto potret. Bila background terlalu ramai, majukan objek sedikit ke depan, agar bagian belakangnya dapat tertutup dengan bokeh.

Bila latar belakang foto dirasakan terlalu ramai, namun tidak ada tempat lain dalam ruangan yang lebih pas untuk mengambil foto, maka kamu bisa mengganti latar belakang dengan menggunakan mode Backdrop.

4. Cara Memotret Artistik dengan Cahaya Minim

Terkadang, kita ingin mengambil foto pada momen-momen yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup dan tidak bisa diulang, namun kondisi tempatnya tidak memungkinkan karena kurang cahaya.

Kami akan memberikan tips bagaimana caranya memotret dalam kondisi low light dengan menggunakan kamera Samsung Galaxy S21 5G.

Sebelum mulai memotret, tentunya kamu perlu mempersiapkan objeknya terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasi kamera Galaxy S21 5G dan mulai mencari angle yang tepat.

Memilih angle yang tepat akan membantu proses pengambilan gambar dalam kondisi ruangan dengan pencahayaan yang redup, bahkan gelap sekalipun.

Untuk menghasilkan foto low light yang epik dan dramatis, pilih tempat yang tidak sepenuhnya gelap, dengan satu sumber cahaya.

Dalam kondisi seperti ini, objek akan memiliki letak jatuh bayangan yang terlihat artistik. Bidik kamera dengan menggunakan Teknik rule of third. Artinya, objek tidak perlu harus lurus ditengah.

Dengan dukungan fitur kamera yang telah dikembangkan, hasil jepretan fotonya akan terlihat tidak biasa. Epik dan artistik.

Buat Foto Instagram Jadi Semakin Epik

Dengan melakukan beberapa tips yang telah kami bagikan di atas, semoga kamu bisa mengambil ilmu dan menerapkannya. Terlebih lagi, kamera Samsung Galaxy S21 Series 5G adalah yang terbaik saat ini di kelasnya.

Bayangkan deretan foto Instagram yang epik dan artistik karena dijepret dengan kamera Galaxy S21 Series 5G. Linimasa Instagram kamu akan jadi terlihat semakin menarik, profesional, dan tambah keren saja jadinya. Penasaran?

Like us!

Komentar