Diperbaharui pada Rabu, 13 Januari 2021 | 10:20

Cara Cek Daftar Nama Penerima Vaksin Covid 19 Gratis di Pedulilindungi.id

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: PeduliLindungi

Pemerintah Republik Indonesia mulai mendistribusikan vaksin Covid 19 gratis untuk masyarakat Indonesia yang masuk dalam daftar tahap awal penerima vaksin. Anda bisa cek nama penerima vaksin melalui situs Pedulilindungi.id

Vaksinasi Covid 19

Foto: PeduliLindungi

Seperti kita ketahui, Indonesia telah menerima pengiriman vaksin Covid 19 beberapa waktu lalu, dan pada tahap awal ini, vaksin akan diberikan kepada seluruh tenaga Kesehatan dan penunjangnya.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang akan dilakukan setelah mendapatkan izin dari Badan engawas Obat dan Makanan (BPOM) ini juga akan dilakukan pada sebagian tenaga pelayanan publik dan masyarakat golongan tertentu.

Pada tahap awal, calon penerima vaksin Covid 19 gratis ini akan mendapatkan SMS dari Peduli Covid, untuk melakukan registrasi ulang yang bisa dilakukan melalui:

  • Aplikasi PeduliLindungi
  • Website PeduliLindungi
  • Melakukan panggilan ke *119#

Cara Cek Nama Penerima Vaksin Covid 19

Foto: PeduliLindungi

Daftar nama penerima vaksin Covid 19 tahap awal sudah bisa dilakukan melalui laman website https://pedulilindungi.id/cek-nik

Anda dapat cek status Anda pada laman muka, dengan memasukkan sejumlah data yang diminta. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengisi:

  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP
  • Centang kolom captcha ‘I’m not a robot’
  • Klik ‘Selanjutnya’

Bila nama Anda terdaftar sebagai calon penerima vaksin Covid 19, maka akan langsung terverifikasi pada laman situs. Namun bila belum, Anda akan menerima pesan bahwa nama Anda belum terdaftar.

Langkah-langkah untuk cek nama penerima vaksin Covid 19 ini juga bisa dilakukan pada aplikasi PeduliLindungi.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Foto: Google Play Store

Aplikasi PeduliLindungi dapat diunduh dan diinstal pada perangkat smartphone Android dan iOS, karena tersedia di Google Play Store dan App Store.

Penggunaan aplikasi ini memudahkan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membuka situsnya melalui laptop atau komputer.

Cara penggunaannya kurang lebih sama dengan website, namun, karena sistem aplikasi yang selalu aktif (online), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai. Berikut caranya.

Untuk mengakses "Low Power Mode/Battery Saver" pada hp Android 5.0 (lollipop) ke atas, lakukan langkah-langkah berikut.

Melalui “Setting”:

  • Masuk ke menu "Pengaturan/Setting" lalu masuk ke pilihan "Device/Perangkat" atau "Baterai/Battery".
  • Geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan "Low Power Mode".

Melalui “Upper bar”:

  • Geser upper bar ke bawah dan aktifkan "Low Power Mode/Battery Saver".

Pada iPhone, layar abu tua dengan logo PeduliLindungi merupakan tanda bahwa aplikasi Anda berfungsi. Untuk menghemat baterai pada iPhone, aktifkan “Low Power Mode” dengan cara:

  1. Hadapkan iPhone Anda ke bawah atau
  2. Simpan iPhone Anda secara terbalik di dalam saku Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan "Low Power Mode" di Setting > Battery, jika iPhone Anda menggunakan iOS 11 ke atas, Anda juga bisa mengaktifkan "Low Power Mode" melalui Control Center.

Lawan Covid 19

Bagaimana, cukup mudah kan untuk cek daftar nama penerima vaksin Covid 19 gratis dari pemerintah? Bagi Anda yang Namanya belum terdaftar, tidak perlu kecewa, karena pemerintah memang sengaja mendahulukan calon penerima yang berada di garda depan penanganan Covid 19.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya. Semoga pandemi ini segera berakhir.

Like us!

Komentar