Diperbaharui pada Jumat, 20 November 2020 | 17:24

Waspada Virus Berbahaya di Mac! Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya

Oleh Syahya Rembulan

Jenis virus pada Mac dan cara mengatasinyaFoto: Pixabay

Mac merupakan salah satu perangkat eksklusif yang digandrungi karena teknologi canggihnya dianggap memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Namun, ini tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat Mac kita akan selalu terbebas dari virus berbahaya.

Selama bertahun-tahun, virus atau malware cenderung menyerang perangkat berbasis OS Windows dibandingkan macOS. Tapi kini tidak lagi.

Belakangan ini, malware telah memasuki semua sistem, termasuk macOS. Hal ini tentunya membuat pada pengguna macOS harus waspada.

Berikut ini 6 jenis virus pada sistem Mac yang paling berbahaya, dan cara mengatasinya.

Jenis-Jenis Virus Mac Paling Berbahaya

Jenis virus pada Mac dan cara mengatasinyaFoto: Pixabay

Sebelum masuk ke langkah-langkah untuk mengatasi virus dalam perangkat Mac, kamu perlu mengenali macam-macam virus Mac yang paling berbahaya, yaitu sebagai berikut.

1. GravityRAT

Sebelumnya, virus ini dikenal sebagai Trojan eksklusif-Win. Virus ini bertujuan untuk merekam log keyboard dan mencuri, atau mengunggah dokumen Word dan Excel.

2. XCSSET

Virus ini bertujuan untuk mengeksploitasi kelemahan sistem. Virus ini mampu  mengakses detail log in seperti halnya pada akun Google maupun PayPal. Virus ini juga akan mengakses pesan Skype dan Telegram.

3. CrescentCore 

Virus ini menyamar sebagai penginstal Flash Player. Setelah memastikan sistem tidak dilindungi oleh security suite, ia menginstal sendiri dan mulai memata-matai pengguna, mencari kode, login, dan informasi penting lainnya.

4. KeRanger

KeRanger biasa juga disebut ransomware eksklusif Mac pertama. Virus ini mengenkripsi data penting di komputer, kemudian menuntut tebusan atau pembayaran melalui cryptocurrency untuk kode enkripsi. 

5. CookieMiner 

Seperti namanya, CookieMiner bertujuan untuk membobol dompet kripto milikmu dan mencuri Bitcoin dan jenis cryptocurrency lainnya.

6. Shlayer

Sama seperti CrescentCore, virus ini menyamar sebagai pemasangan Flash Player dan akan menginfeksi sistem pada perangkat Mac. 

Daftar 6 virus tersebut merupakan beberapa virus yang paling umum ditemukan pada perangkat MacOs. Oleh karenanya, kamu harus tetap waspadai perangkat Mac yang kamu miliki. 

Namun, bagaimana jika perangkat Mac telah terinfeksi virus?

Cara Mengatasi Virus pada Mac

Jenis virus pada Mac dan cara mengatasinyaFoto: Pixabay

Setelah mengenal berbagai virus pada perangkat Mac, mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana cara mengatasinya? Disini kami akan memberikan langkah-langkah untuk mengatasi virus pada perangkat Mac.

  1. Pada Finder, buka menu Go dan klik "Utilities".
  2. Tekan “Monitor Aktivity” pada pojok kiri atas.
  3. Pilih “All Processes” dari menu pop-up di sudut kanan atas jendela.
  4. Pada kolom “Process Name”, cari nama aplikasi MacDefender, MacSecurity, atau MacProtector, dan klik untuk memilihnya.  
  5. Klik tombol “Quit Process” di pojoki kiri atas dan pilih “Force Quit” untuk menghentikan sistem.
  6. Tutup aplikasi “Activity Monitor”.
  7. Kembali ke Finder dan buka folder “Applications”.
  8. Cari aplikasi seperti MacDefender, MacSecurity, MacProtector atau nama lainnya.
  9. Seret ke “Trash”, kemudian kosongkan Trash.

Setelah melakukan cara ini perangkat Mac akan terbebas kembali dari virus berbahaya tersebut.

Cara Menghapus Virus Pada Mac 

Jika cara diatas belum berhasil untuk perangkat kamu, mungkin kamu harus melakukan tidak lanjutan dengan membersihkan sistem preferences pada Mac.

  1. Buka “System Preferences”, pilih “Accounts”, lalu “Login Items”. 
  2. Pilih nama aplikasi yang kamu hapus dalam langkah-langkah sebelumnya seperti, MacDefender, MacSecurity, MacProtector.
  3. Klik tombol minus untuk menghapusnya.

Malware juga menginstal item masuk di dalam akun Anda di System Preferences, sehingga cara ini juga perlu dilakukan untuk mengatasi virus pada perangkat Mac.

Selain cara-cara tersebut, Apple juga menyediakan pembaruan keamanan untuk Mac secara eksklusif melalui Software Update dan situs Unduhan Dukungan Apple. 

Meskipun begitu, pengguna harus tetap berhati-hati setiap kali diminta untuk memasukkan informasi pribadi yang sensitif secara online.

Nah itu di acara mengatasi virus berbahaya pada perangkat Mac. Mudah-mudahan computer Mac kamu tidak kena virus-virus tersebut, ya.

Like us!

Komentar