Diperbaharui pada Jumat, 9 April 2021 | 10:19

Ini Solusi Headphone Bluetooth yang Sering Bermasalah

Oleh Imam Ali

 Masalah pada Headphone Bluetooth dan solusinyaFoto: Pexels

Headphone Bluetooth kini menjadi salah satu alat yang paling umum digemari untuk menikmati musik. Penggunaannya yang simple tanpa menggunakan kabel memudahkan para penggunanya untuk menikmati musik, atau menonton video.

Selain itu, headphone Bluetooth juga tidak akan rusak karena kabel yang putus maupun terlilit. Namun, ini tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya beberapa gangguan pada headphone Bluetooth.

Seperti yang kita ketahui, setiap alat elektronik tentunya memiliki beberapa gangguan yang mungkin terjadi, begitupun dengan headphone Bluetooth. Apa saja gangguan pada headphone Bluetooth, dan bagaimana cara mengatasinya?

Masalah pada Headphone Bluetooth dan Solusinya

Sejak Apple merilis headphone Bluetooth pertamanya, banyak produsen teknologi lain yang juga berusaha menciptakan headphone dengan teknologi Bluetooth untuk para konsumennya. 

Namun, nampaknya hampir semua headphone Bluetooth pernah mengalami gangguan seperti gagal konek dan sebagainya. Berikut ini beberapa masalah para headphone Bluetooth yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

Headphone Tidak Terdeteksi di Hp

 Masalah pada Headphone Bluetooth dan solusinyaFoto: Pexels

Salah satu masalah pada headphone Bluetooth yang sering terjadi adalah tidak terbaca di hp. Saat ingin menghubungkan headphone ke hp, mungkin kamu tidak menemukan koneksi headphone dalam daftar Bluetooth di hpmu. Jika pernah mengalaminya, lakukan cara berikut ini.

  1. Pastikan headphone kamu kompatibel dengan hp yang ingin disambungkan. 
  2. Periksa koneksi Bluetooth pada headphone, apakah sudah menyala atau belum.
  3. Pastikan apakah hp dan headphone sudah cukup dekat satu sama lain saat ingin menghubungkannya.
  4. Periksa cara pemasangan headphone, apakah cara kamu sudah sesuai dengan yang direkomendasikan produk.
  5. Coba matikan dan hidupkan ulang Bluetooth pada headphone. 

Pada umumnya, cara ini akan berhasil, dan kamu bisa gunakan headphone Bluetooth kembali seperti sedia kala.

Koneksi Headphone Bluetooth Selalu Terputus

Selain headphone yang gagal konek, permasalahan ini juga sangat mengganggu para pengguna headphone Bluetooth. Bagaimana tidak, setiap orang pasti akan sangat kesal jika saat mendengar lagu tiba-tiba terputus karena koneksi Bluetooth yang tidak stabil dan harus menghubungkannya kembali. 

Jika kamu mengalami hal ini, solusinya cukup mudah. Hapus koneksi Bluetooth yang tidak perlu. Terkadang koneksi Bluetooth yang menumpuk di daftar Bluetooth hp sering membuat error dan menyebabkan gangguan untuk menghubungkannya dengan perangkat lain.

Setelah itu, pastikan juga headphone Bluetooth memiliki daya baterai yang cukup. Terkadang, headphone Bluetooth cenderung putus secara berkala saat baterai hampir habis. Coba lepas headphone, lalu sambungkan kembali ke hp.

Selalu Gagal Menyambungkan 

Masalah ini juga cukup sering terjadi ketika kamu mencoba menghubungkan headphone ke hp. Biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa kedua perangkat gagal disambungkan. Berikut ini solusi mudah untuk mengatasinya. 

  1. Hapus koneksi Bluetooth yang tidak digunakan atau tidak perlu, dalam daftar Bluetooth di hp.
  2. Setelah itu, sambungkan kembali hp dengan headphone kamu.

Jika cara ini masih belum juga berhasil, mungkin kamu bisa coba cara lainnya.

Gangguan Suara Bising Pada Headphone

 Masalah pada Headphone Bluetooth dan solusinyaFoto: Pexels

Meski tergolong teknologi terbaik dengan embel-embel fitur canggihnya, headphone Bluetooth juga sering mengalami gangguan suara bising saat digunakan untuk mendengarkan musik. Hal ini tentu sangat mengganggu pendengaran. Tapi, kamu tidak perlu pusing. Berikut ini cara mengatasinya.

  1. Nonaktifkan atau matikan Bluetooth pada perangkat lain yang ada di sekitar kamu.
  2. Jika suara bising belum juga hilang, coba setel ulang headphone kamu.
  3. Nyalakan pemutar media, lalu lepaskan headphone selama 30 detik, lalu pasangkan kembali.
  4. Kurangi sedikit jarak antara hp dan headphone, terkadang ini juga membantu mengurangi suara bising pada headphone.

Nah itu dia beberapa masalah yang sering terjadi pada headphone Bluetooth beserta cara mengatasinya. Gampang bukan? Jika semua cara di atas masih belum berhasil, sebaiknya hubungi produsen headphone untuk menemukan solusi atau perbaikan. Selamat mencoba!

Like us!

Komentar