Diperbaharui pada Jumat, 4 Maret 2022 | 10:46

Cara Mengatasi Rem Motor dan Mobil Kurang Pakem, Pakai Sabun Colek?

Cara Mengatasi Berbagai Masalah pada Rem TromolFoto: Pixabay

Rem merupakan alat pengontrol terpenting pada kendaraan untuk memperlambat laju kecepatan. Tanpa adanya rem, mungkin para pengendara akan kesulitan dalam mengontrol kecepatan laju saat berkendara, dan tentunya berbahaya.

Salah satu rem yang masih banyak digunakan pada beberapa sepeda motor adalah jenis rem tromol. Rem tromol merupakan rem yang memiliki sistem dengan gesekan dua kampas di dalamnya. 

Namun, bagaimana jika rem tromol pada motor memiliki masalah? Berikut ini beberapa masalah yang umum ditemui pada rem tromol dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Berbagai Masalah pada Rem TromolFoto: Pixabay

1. Rem Tidak Pakem

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rem tromol adalah rem yang tidak pakem. Jika kamu mengalami masalah ini, coba oleskan sabun colek pada kampas rem dan pada badan tromol. 

Mungkin cara ini terdengar agak aneh, namun nyatanya cara ini ampuh digunakan untuk membuat rem pakem lagi. Tapi jangan lakukan ini pada saat musim hujan, ya.

2. Rem Terasa Sangat Keras

Masalah rem tromol selanjutnya adalah rem yang terasa sangat keras. Biasanya hal ini terjadi pada motor yang berusia tua. 

Cara mengatasinya cukup mudah, gunakan ampelas kasar dan gesekan pada bagian luar kampas rem hingga terasa halus. Kemudian coba kembali. 

Jika rem masih terasa keras, lakukan lagi langkah tersebut hingga rem kembali normal dan nyaman digunakan. Selain itu, bersihkan bagian tromol dari debu dan kotoran yang menempel.

3. Rem Blong

Ini merupakan masalah rem tromol yang sangat berbahaya. Jika kamu mengalami ini sebaiknya cepat diperbaiki agar tidak terjadi kecelakaan saat berkendara. 

Biasanya, rem tromol yang blong ini terjadi karena pemasangat baut yang kurang kencang. Cara memperbaikinya juga sangat mudah, cukup kencangkan baut pada rem tromol. 

Nah, itu dia berbagai masalah umum pada rem tromol dan cara mengatasinya. Gampang banget, kan? Tidak perlu  ke bengkel untuk service. Semoga bermanfaat!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.