Diperbaharui pada Minggu, 1 Januari 2023 | 16:26

3 Cara Atasi Stik Playstation yang Sering Disconnect

Cara Memperbaiki Controller PS4 yang DisconnectFoto: Pexels

Controller atau yang biasa disebut dengan stik, merupakan komponen yang paling penting dalam konsol game seperti PS4. Seperti namanya, alat ini berisikan tombol yang berfungsi untuk mengontol permainan, seperti halnya berjalan, menembak, memukul, dan sebagainya. Tanpanya, permainan tidak akan bisa dimulai.

Bagi para pengguna PS4 pasti sering mengalami beberapa gangguan tentang konektivitas pada controller PS4. Kamu mungkin pernah kehilangan koneksi antara PS4 dan stik yang kamu gunakan, atau mungkin gangguan nirkabel lainnya.

Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan buru-buru membawanya ke tukang service. Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki controller PS4 yang gagal connect.

Cara Memperbaiki Controller PS4 yang Disconnect

Penyebab controller atau stik PS4 yang gagal connect memang sangat beragam. Tapi disini kita akan focus pada controller yang error, dan cara memperbaiki stik PS4 yang gagal connect.

1. Reset Controller

Cara Memperbaiki Controller PS4 yang DisconnectFoto: PlayStation

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mereset ulang controller dan sambungkan kembali ke PS4. Hubungkan controller ke PS4 dengan menggunakan USB, kemudian tekan dan tahan tombol PS. Mesin PS4 akan meminta kamu untuk menyinkronkan ulang. 

Ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk memperbaiki controller-mu. Jika cara ini berhasil, kamu bisa langsung memainkan game di PS4 seperti biasa. Namun jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara berikutnya. 

2. Matikan PS4

Cara Memperbaiki Controller PS4 yang DisconnectFoto: PlayStation

Cara berikutnya adalah dengan mematikan PS4. Dalam keadaan mati, temukan lubang kecil tempat tombol Reset di bagian belakang stik yang terletak di dekat tombol L2. Tombol ini berada di dalam lubang kecil.

Tekan tombol tersebut memakai benda kecil seperti jarum, tusuk gigi atau semacamnya, selama beberapa detik. Kemudian stik PS4 akan direset ulang secara otomatis. Hubungkan kembali controller ke PS4.

3. Restart PS4

Jika dua cara sebelumnya tidak berfungsi dengan baik, kamu mungkin harus melakukan restart mesin konsol game PS4 dengan cara berikut ini. 

Matikan konsol PS4, lalu tekan dan tahan tombol daya hingga terdengar suara pip dua kali. Ini membutuhkan waktu sekitar 8 -10 detik. Setelah itu, cabut colokan PS4, dan biarkan tidak terhubung dengan apapun selama beberapa menit.

Setelah itu, colok kembali konsol ke listrik dan colokkan juga controller dengan kabel USB. Selanjutnya, nyalakan kembali console PS4 dan mulai sinkron ulang.

Nah itu di acara memperbaiki stik PS4 yang gagal connect atau error. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membawanya ke tempat service. Yuk cobain!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.