Diperbaharui pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 17:11

Cara Pakai eSIM, Bisa Telepon, SMS dan Internetan Tanpa SIM Card Fisik

Oleh Syahya Rembulan

Cara Pakai eSIMFoto: Smartfren

Perkembangan teknologi ke arah serba digital mulai terlihat. Berbagai macam teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu, begitupun dengan smartphone. Provider jaringan selular pun tidak mau ketinggalan dengan membuat eSIM.

Apa Itu eSIM?

SIM card atau kartu SIM, merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki pada setiap perangkat hp. Penggunaan kartu SIM ini sudah dilakukan sejak belum ada smartphone, dimulai dari perangkat handphone.

Dari tahun ke tahun, bentuk SIM card berubah semakin kecil, namun dengan teknologi dan fitur yang semain meningkat, mulai dari ukuran macro, micro, dan juga nano SIM. 

Kini, hadir SIM card digital yang tidak memiliki bentuk fisik, dan langsung bisa diinstall pada perangkat smartphone kita. eSIM memiliki semua fungsi Sim card konvensional. 

Saat ini, sudah ada satu provider yang menawarkan eSIM, yaitu Smartfren. Namun kabarnya, Telkomsel, Indosat Oreedoo, dan XL Axiata, juga sedang mempersiapkan layanan eSIM mereka.

Lalu, apa keuntungan memakai eSIM?

Keuntungan Memakai eSIM

Keuntungan memakai eSIM yang paling menonjol tentu saja sifatnya yang fleksibel dan tidak memakan tempat. eSIM memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

1. Bisa Menggunakan Banyak Nomor

Dengan menggunakan eSIM, Anda bisa menggunakan banyak nomor dalam satu smartphone. Namun, penggunannya tetap satu per satu, dan tidak bisa digunakan secara bersamaan.

2. Tidak Takut Hilang

Saat ada keperluan untuk memperbaiki hp, mungkin Anda akan mengeluarkan kartu SIM pada hp tersebut. Ukurannya yang kecil memungkinkan kartu SIM ini hilang. Namun, dengan menggunakan eSIM Anda tidak perlu khawatir kehilangan kartu SIM.

3. Lebih Murah

Layanan eSIM pada Smartfren memberikan penawaran paket data yang lebih murah dari kartu biasa. 

4. Tidak ada Fisiknya

Dengan menggunakan eSIM, berarti tidak lagi membutuhkan bentuk fisik kartu SIM untuk dipasang di perangkat smartphone, seperti pada umumnya.

Cara Menggunakan eSIM

Kartu SIM digital atau eSIM ini dapat digunakan baik pada hp Android, Mau pun perangkat iOS. Walau keduanya memiliki sistem yang berbeda, namun cara pengaplikasian eSIM tidah jauh berbeda, berikut cara menggunakan eSIM pada Android dan iOS.

Mengaktifkan eSIM di Hp Android

Cara Mengaktifkan eSIM di Hp AndroidFoto: Smartfren

  1. Buka pengaturan dan pilih koneksi. Pastikan smartphone terhubung dengan internet saat mengaktifkan eSIM. 
  2. Pilih Pengelola Kartu SIM, kemudian pilih tambahkan paket seluler.
  3. Smartphone akan otomatis mencari eSIM. Kemudian pilih “Tambahkan menggunakan QR Code”.
  4. Setelah itu, pindai QR Code yang ada di kartu perdana Anda.
  5. Kemudian, “Tambahkan paket seluler baru”, dan pilih “Aktifkan paket seluler baru”.

Mengaktifkan eSIM di Hp iOS

Cara Mengaktifkan eSIM di Hp iOSFoto: Support Apple

  1. Buka Kamera dan pindai kode QR.
  2. Pilih pemberitahuan “Paket Seluler Terdeteksi” yang muncul, lalu pilih lanjutkan.
  3. Pilih tambahkan paket seluler, dan eSIM akan mengirimi kode konfirmasi, kemudian masukan kode tersebut.
  4. Buka App Store dan unduh app operator untuk membeli paket seluler.
  5. Untuk beralih ke eSIM, buka Pengaturan, lalu pilih Seluler atau Paket Seluler, kemudian pilih paket yang ingin digunakan. 
  6. Pilih “Nyalakan Saluran Ini”.

Penggunaan eSIM pada perangkat iPhone hanya berlaku untuk model iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan versi yang lebih baru. Anda bisa memasukan lebih dari satu eSIM ke iPhone. Tetapi Anda hanya dapat menggunakan satu eSIM dalam satu waktu.

Nah itu di acara menggunakan eSIM di hp Android dan iOS. Semoga kedepannya aka nada lebih banyak provider selular yang menggunakan teknologi ini, yah.

Like us!

Komentar