Diperbaharui pada Senin, 12 Oktober 2020 | 18:15

4 Fitur yang Bikin Gaming Makin Seru di Samsung Galaxy Note20 Series

Oleh Nur Abdillah

Fitur yang Bikin Gaming Makin Seru di Samsung Galaxy Note20 Series
Sejak masa new normal hingga sekarang, rutinitas kantor, sekolah ataupun kampus, kini lebih banyak dilakukan di rumah. Sebagian mungkin sudah mulai merasa jenuh, tapi hal ini penting dilakukan agar Pandemi segera berakhir.

Tapi jika Anda bosan, banyak hal yang bisa dilakukan saat di rumah, salah satunya dengan bermain game di smartphone. Tapi adakah smartphone yang bisa mendukung produktivitas sekaligus menjadi perangkat bermain yang mumpuni?

Mungkin Anda bisa memiliki Samsung Galaxy Note20 series (Galaxy Note20 atau Galaxy Note20 Ultra). Smartphone flagship terbaru dari Samsung ini tidak hanya hadir untuk mendukung produktivitas Anda, tapi juga bisa menjadi perangkat untuk bermain.

Bukan tanpa sebab, karena spesifikasi Samsung Galaxy Noe20 series sangat memungkinkan Anda untuk memainkan game apapun, termasuk game berat yang memiliki grafis tinggi.

Bahkan, Samsung Galaxy Note20 series ini sudah memenuhi kebutuhan para gamer. Bisa menjalankan game dengan smooth tanpa nge-lag, mempunyai refresh rate yang tinggi, baterai tahan lama, dan visual yang immersive.

Jika penasaran, berikut fitur-fitur yang dapat mendukung Anda bermain game dengan nyaman di Samsung Galaxy Note20 series.

Prosesor Bertenaga

Fitur yang Bikin Gaming Makin Seru di Samsung Galaxy Note20 Series
Seperti yang sudah diuraikan diawal, Samsung Galaxy Note20 Series tidak hanya perangkat yang mampu menunjang produktivitas tapi juga memungkinkan Anda menikmati berbagai  game, layaknya komputer dengan spesifikasi tinggi.

Kedua variannya, yaitu Galaxy Note20 dan Note20 Ultra, memiliki efisiensi kinerja yang maksimal dalam bermain mobile game. Didalamnya sudah tertanam chipset Exynos 990 yang didukung dengan GPU Mali-G77 MP11.

Exynos 990 ini diklaim memiliki peningkatan sebesar 25% dari sisi CPU dan 20% peningkatan GPU dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, neural processing unit (NPU) bahkan meningkat hingga 4x lipat.

Chipset ini akan di sokong GPU Mali-G77 MP11 yang menawarkan prosesing grafis 3D menawan untuk gaming. Sehingga pengguna tidak  perlu khawatir untuk bermain game-game berat seperti PUBG Mobile ataupun Call of Duty: Mobile.

Bahkan game yang memiliki file besar dengan grafis tinggi, yaitu Genshin Impact, dapat dimainkan dengan setingan frame rate tertinggi di Samsung Galaxy Note20 series.

Tidak hanya itu, kemampuan yang dimiliki oleh Exynos990 ini didukung dengan RAM 8GB GDDR6x yang semakin mempercepat kemampuan Samsung Galaxy Note20 untuk memproses.

Memungkinkan Samsung Galaxy Note20 ini untuk  meningkatkan fungsi AI yang memberikan kualitas grafik yang sangat mulus sehingga pengguna tidak perlu khawatir  akan mengalami lag.

Layar dengan Refresh Rate 120Hz

Fitur yang Bikin Gaming Makin Seru di Samsung Galaxy Note20 Series
Layar merupakan salah satu komponen yang cukup penting saat bermain game. Kualitas layar yang baik akan memberikan rasa nyaman meski harus menatap layar selama berjam-jam. Tingkat resolusi layar memang masih menjadi faktor yang bisa memberi kenyamanan.

Tapi seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan layar dengan refresh  rate yang tinggi kini semakin meningkat, terutama untuk kebutuhan gaming. Dengan refresh rate tinggi, Anda dapat bermain game di setingan frame rate tinggi.

Kelebihannya game terasa smooth tanpa nge-lag, sehingga Anda tidak pernah ketinggalan setiap detik dengan lawan. Dan itu sudah diakomodir oleh Samsung Galaxy Note20 series. Dimana smartphone ini sudah mendukung refresh rate 120 fps dengan kualitas FHD+.

Artinya apa? Layar 120Hz di Samsung Galaxy Note20 series ini mengalami peningkatan sebanyak dua kali (120 kali per detik). Semakin cepat tingkat refresh rate sebuah layar, maka kualitas tampilan visual yang dihasilkan juga semakin baik.

Tidak hanya itu, layar ini juga mendukung 240hz touch response rate yang meningkatkan tingkat respon dari Samsung Galaxy Note20 series. Hasilnya semakin  membuat bermain game menjadi lebih smooth, memberikan Anda  kemampuan untuk bermain game dengan lebih kompetitif.

Anda pun akan semakin nyaman dengan ukuran layarnya yang besar. Karena Samsung Galaxy Note20 series memberikan pengalaman menikmati konten gaming dengan lebih maksimal dengan layar  6.9 inci (Galaxy Note20 Ultra) dan 6.7 inci (Galaxy Note20).

Itu pun masih ditunjang yar Super  AMOLED 2X yang dapat menampilkan gambar dengan warna-warna yang vibrant serta dengan kualitas layar yang dapat mensupport WQHD+ yang memberikan tampilan gambar dengan resolusi tinggi. 

Dibekali Teknologi AI Game Booster

Game booster
Bukan Samsung jika tidak memiliki sebuah teknologi canggih yang bisa mendukung pengalaman gaming Anda. Di Samsung Galaxy Note20 Series sudah dilengkapi dengan teknologi AI  Game Booster. Teknologi AI ini akan mengenali tipe game yang sedang Anda mainkan dan disesuaikan dengan kondisi smartphone saat sedang bermain. 

Kehadiran fitur Game Booster yang secara langsung terintegrasi dengan Galme Launcher juga mampu mengoptimalkan kinerja kedua mobile note ini. Mulai dari pemakaian baterai, suhu, dan memori. Maka dari itu, fitur ini akan meminimalisir terjadinya lag dalam sebuah game secara cerdas. 

Fitur ini dapat secara otomatis diaktifkan ketika pengguna meluncurkan game melalui Game Launcher, lebih dari itu pengguna dapat memilih tiga mode yang berbeda yaitu: Battery Saver, Balance, Performance agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Baterai yang Awet

Baterai note 20
Sebagai perangkat diandalkan untuk meningkatkan produktivitas sekaligus bermain, Samsung Galaxy Note20 pastinya membutuhkan kinerja baterai yang mumpuni. Mengenai ini Samsung memberikan solusi dengan pembekalan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 4300 mAh.

Memang bukan yang terbesar, tapi sudah bisa menemani aktivitas Anda sehari-hari. Tapi bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note10+ yang juga memiliki kapasitas baterai yang sama, Galaxy Note20 series memiliki masa pakai baterai yang sedikit lebih lama.

Hal ini berkat dukungan prosesor yang performanya lebih efisien serta beberapa fitur yang pendukung yang membuat baterai Samsung Galaxy Note20 dapat bertahan lama. Kabarnya sih mampu bertahan dalam jangka waktu sekitar 11 – 12 jam dalam satu kali pengisian. 

Tidak hanya awet, tapi baterainya juga sudah dibekali dengan teknologi fast charging 25W. Hanya diperlukan waktu sekitar 70 menit, untuk dapat mengisi penuh daya baterai dari 0 ke 100 persen. Jadi Anda tidak perlu menunggu waktu pengisian yang lama untuk bisa bermain game lagi.

Tertarik untuk bermain game di Samsung Galaxy Note20 series?

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM ROM GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy Note 20 6.7 inch SM8250 Snapdragon 865+ Android 10.0 8 GB 256 GB Adreno 650 - USA 12 MP 4300 mAh
Samsung Galaxy Note 20 Ultra 256GB 6.9 inch SM8250 Snapdragon 865+ Android 10.0 8 GB 256 GB Adreno 650 - USA 108 MP 4500 mAh
Samsung Galaxy Note 20 Ultra 512GB 6.9 inch SM8250 Snapdragon 865+ Android 10.0 8 GB 512 GB Adreno 650 - USA 108 MP 4500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar