Diperbaharui pada Senin, 7 Agustus 2023 | 16:40

Modal ISO dan Shutter Speed Foto Bintang Lebih Jernih Pakai Hp

Cara Memotret Bintang dengan Kamera HpFoto: Pexels

Keindahan alam semesta memang sangat menakjubkan. Apalagi, pemandangan galaksi dimalam hari yang dipenuhi bintang dan bulan yang bersinar. Pemandangan menakjubkan ini selalu membuat kita tertarik untuk mengabadikannya dengan foto. Kamu bisa memotret bintang pakai kamera Hp, loh.

Banyak orang yang berasumsi bahwa keindahan langit dimalam hari ini hanya dapat dipotret dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Pada kenyataannya, smartphone yang kita miliki juga mampu memotret keindahan langit dimalam hari. Begini caranya.

Bedanya Memotret Bintang di Perkotaan dan Alam Terbuka

Lokasi pada saat memotret langit malam akan menentukan hasil jepretan. Jika kita memotret di pegunungan atau alam terbuka yang minim polusi udara, pastinya akan lebih mudah dan maksimal. 

Berbeda halnya jika Anda memotret di perkotaan dengan banyaknya polusi udara dan gemerlap lampu kota. Untuk memotret bintang di perkotaan, pastikan kita pergi ke tempat yang jauh dari jalanan besar, atau cari ke tempat yang lebih tinggi seperti rooftop.

Nah, kalau lokasi pemotretan sudah ditentukan, selanjutnya adalah melakukan persiapan dan eksekusi.

Cara Memotret Bintang dengan Kamera Hp

Cara motret bintang dengan kamera hpFoto: DIY Kamera

Sebelum memotret langit di malam hari, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk memaksimalkan hasil jepretan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Teknik ini sangatlah mudah, bahkan tidak perlu memiliki smartphone mahal untuk memotretnya. Berikut ini cara untuk memotret bintang di malam hari dengan hp.

Persiapan

1. Siapkan Kamera Hp

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya menyiapkan perangkat hp. Perlu diingat ketajaman sensor kamera hp yang akan digunakan, akan mempengaruhi hasil jepretan. 

2. Aplikasi Tambahan

Memotret langit malam memerlukan hp yang memiliki pengaturan kamera manual. Namun, tidak semua perangkat hp memiliki pengaturan kamera manual. Untuk mengatasi kendala tersebut, kita bisa mendownload Aplikasi pihak ketiga yang memiliki pengaturan kamera manual atau kamera Fv 5.

Selain aplikasi kamera, jangan lupa untuk men-download aplikasi pendukung lainnya seperti Sky Portal, Star Chart, Google Sky Map, atau Sky Safari untuk membidik atau mendeteksi langit yang penuh bintang. 

3. Siapkan Tripod

Tripod merupakan hal wajib jika Anda ingin memotret langit malam dengan detail yang sempurna. Tripod membantu smartphone Anda untuk lebih fokus, sehingga menghasilkan foto yang lebih maksimal.

Mulai Memotret

Cara Memotret Bintang dengan Kamera HpFoto: DIY Kamera

1. Buka Aplikasi Pembidik Bintang

Buka aplikasi bintang yang telah diunduh, lalu aktifkan mode AR dan cari pemandangan galaksi yang paling menarik.

2. Cari Angle yang Tepat

Memotret langit saja, mungkin membuat hasil foto membosankan, jadi cobalah untuk mendapatkan beberapa subjek tambahan dalam foto, seperti pohon, tanah, atau gunung. Ini dapat membuat lebih menarik. 

3. Set Up Aperature Kamera

Setelah menemukan spot yang tepat, mulai lah mengatur kamera. Pertama-tama, atur bukaan pada lensa. Bukaan atau aperture pada kamera ditandai dengan huruf ‘f’ dan angka. Semakin kecil angka di belakang huruf f, maka bukaan lensa semakin besar. 

Jika bukaan semakin besar, cahaya yang tertangkap pun makin banyak. Dengan begitu, kita bisa menangkap gambar dengan jelas di tempat yang bercahaya minim. 

4. Setting ISO Kamera

Untuk membantu tingkat pencahayaan, kita perlu mengatur ISO diangka yang lebih tinggi. Semakin tinggi ISO yang digunakan, maka hasil jepretan juga akan semakin terang. 

Namun, ISO yang terlalu tinggi bisa menimbulkan noise atau bintik putih pada foto. Maka dari itu, sesuaikan ISO dengan kebutuhan agar hasil jepretan lebih minim noise. 

5. Setting Shutter Speed

Selanjutnya, atur shutter speed pada angka 15-20 detik demi mendapat hasil yang lebih sharp. Penggunaan shutter speed ini juga membantu peningkatan cahaya pada hasil foto.

6. Gunakan Tripod

Setelah mengatur kamera dan spot foto, kita bisa langsung memasang tripod dan mulai memotretnya. Pastikan permukaan tempat menaruh pijakan tripod rata, agar horizon foto tidak miring.

Itu dia cara mudah untuk memotret bintang dan langit malam agar hasilnya cetar. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.