Diperbaharui pada Senin, 28 September 2020 | 10:14

Serba Online, Ini Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan Kemdikbud

cara daftar beasiswa unggulanFoto: Kemdikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Kembali membuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia untuk mendaftarkan diri mengikuti program Beasiswa Unggulan yang dibuka sejak tanggal 21 September hingga 3 Oktober 2020.

Program yang punya nama lengkap Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang belajar di dalam negeri untuk jenjang Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi, atau mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan selama 2 semester. Penerima beasiswa harus berprestasi di tingkat nasional atau internasional, dan memiliki daya saing di berbagai bidang.

Persyaratan lengkapnya bisa dilihat disini.

Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan Kemdikbud

cara mendaftar beasiswa unggulanFoto: Kemdikbud

Calon penerima Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi yang telah memenuhi persyaratan, dapat langsung mendaftar melalui situs https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Seluruh proses pendaftaran Beasiswa Unggulan dilakukan secara online, jadi pastikan kamu memiliki jaringan internet yang baik. Untuk lebih nyamannya, kami sarankan kamu mendaftar menggunakan komputer desktop atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet stabil, bukan hotspot.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Membaca Informasi dan Persyaratan dengan Teliti

Sebelum mulai melakukan pendaftaran, pastikan kamu sudah memahami seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa menerima Beasiswa Unggulan. Bila perlu, baca dulu Frequently Asked Question (FAQ) yang ada dipaling bawah halaman pendafaran.

2. Lakukan Pendaftaran dan Aktivasi Akun

Pada halaman situs pendaftaran Beasiswa Unggulan, terdapat tombol Login dan Registrasi. Bila ini pertama kalinya kamu mendaftar, maka pilih lah ‘Registrasi’ dan Isi data pribadi kamu dengan lengkap. Setelah selesai, maka admin akan mengirimkan email untuk aktivasi akun. Ikuti semua petunjuknya.

3. Login dan Isi Form Pendaftaran

Setelah akun kamu diaktivasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran untuk menjadi salah satu calon penerima Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Seperti pada saat membuat akun, isi form pendaftaran dengan data lengkapmu dan pastikan semua data tersebut benar. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan nomor registrasi.

Pengumuman Hasil Seleksi

Sistem penerimaan peserta Beasiswa Unggulan memerlukan waktu sekitar 3 minggu untuk melakukan review terhadap para peserta yang telah berhasil melakukan pendaftaran. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan email, sementara yang tidak terpilih, akan disertakan pada Batch 2 di tahun yang sama.

Setelah menerima email, maka calon penerima beasiswa akan diminta untuk datang dan melakukan seleksi tatap muka pada lokasi yang ditentukan oleh Kemdikbud. Dalam 3 minggu setelah tatap muka, calon penerima yang lolos akan kembali mendapatkan email untuk menandatangani kontrak dan bimtek.

Proses terakhir yang harus dilakukan bila peserta sudah melengkapi kebutuhan penerimaan Beasiswa Unggulan adalah mengisi form pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas.

Bagaimana, mudah kan? Seluruh proses pendaftaran Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini dilakukan secara online dan hanya membutuhkan dua kali pertemuan saja, saat seleksi tahap kedua dan penandatanganan kontrak, praktis dan efisien. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.