Diperbaharui pada Rabu, 9 September 2020 | 17:10

Cara Membersihkan Oven Dengan Cepat dan Mudah

Cara membersihkan ovenFoto: Pexels

Peralatan elektronik memang mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan rumah. Namun, perlu diingat bahwa alat elektronik juga perlu dirawat dan dibersihkan agar pemakaian lebih awet. Seperti halnya oven. Berikut ini cara membersihkan yang baik dan benar.

Membersihkan oven adalah hal yang paling membosankan dan menyita banyak waktu. Jika oven tidak rutin dibersihkan, akan mengakibatkan bau tidak sedap yang mungkin bisa membuat rasa makanan jadi tidak enak, dan pada akhirnya akan menurunkan kualitas oven atau bahkan merusaknya.

Bagaimana cara membersihkan oven dengan mudah dan cepat? Ini tips yang dapat bunda lakukan di rumah.

Cara Membersihkan Oven

Ada 2 cara untuk membersihkan oven, bergantung pada jenis oven yang bunda miliki. Beberapa produk oven sudah dilengkapi sistem self cleaning. Jika memiliki oven jenis ini, maka proses pembersihan akan lebih mudah. Namun, jika memiliki jenis oven model lama, proses pembersihan harus detil dan akan menyita waktu.

Berikut cara membersihkan oven dengan aman, dan tanpa menggunakan bahan kimia yang keras.

Cara Membersihkan Self Cleaning Oven

Untuk memastikan apakah oven yang bunda miliki dilengkapi dengan mode self cleaning atau tidak, bunda bisa mengecek tombol panel pada oven. Jika terdapat tombol self cleaning berarti oven tersebut bisa dibersihkan dengan otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Kunci Oven

Sebelum menggunakan mode self cleaning, pastikan bunda mengunci oven dulu. Beberapa oven mungkin dapat mengunci secara otomatis, namun jika manual, harus dikunci terlebih dahulu.

2. Aktifkan Mode Self Cleaning

Tekan tombol atau gerakkan kenop untuk mengaktifkan pembersihan.

3. Tunggu Proses Pembersihan

Dibutuhkan waktu sekitar dua hingga enam jam untuk menyelesaikan prosesnya. Pintu oven akan terbuka setelah selesai.

4. Tunggu Dingin  

Biarkan dingin selama beberapa jam sebelum membukanya untuk menghindari minyak mendidih.

5. Bersihkan Kotoran

Setelah selesai, akan ada tumpukan minyak yang terbakar dan sisa makanan. Yang harus bunda lakukan adalah membersihkan kotoran ini dari oven. Jika rak masih kotor, bunda bisa mengeluarkan dan merendamnya di wastafel selama setengah jam, lalu bersihkan.

Opsi Alternatif: Pembersihan Uap

Beberapa merek oven juga menawarkan mode "steam clean" untuk memaksimalkan proses pembersihan, seperti pada oven Samsung, Whirlpool, dan GE.

Mode ini meminta kita untuk menuangkan sekitar secangkir air langsung ke dalam oven sebelum mengaktifkan mode pembersihan. Uapnya akan membantu memisahkan dan mengeluarkan sisa pecahan yang dipanggang, dan memudahkan untuk mengelap oven saat siklus selesai, serta mengurangi bau yang dikeluarkan pada oven. 

Cara Membersihkan Oven Biasa

Pada umumnya, oven model lama belum memiliki mode pembersih otomatis. Sehingga membersihkan oven harus dilakukan dengan cara manual. Membersihkan oven dapat dilakukan dengan semprotan pembersih oven yang dijual di pasaran. 

Jika semprotan pembersih ini sulit ditemukan, maka tidak perlu khawatir, bunda bisa membuat cairan pembersih oven sendiri, dengan baking soda dan air. Ini caranya.

1. Lepaskan Rak Oven 

Lepas rak oven, rendam dalam air hangat dan sabun cuci piring selama beberapa jam. Hal ini dilakukan untuk membuat noda dan kotoran menjadi lunak sehingga mudah dibersihkan.

2. Buat Cairan Pembersih

Tambahkan 4 sendok makan soda kue ke dalam botol semprot, dan isi sisanya dengan air. Kocok untuk melarutkan soda kue.

3. Semprotkan Cairan Pembersih

Semprotkan cairan baking soda yang sudah dibuat ke seluruh permukaan oven secara merata.

4. Diamkan Selama 1 jam

Biarkan larutan terendam selama kurang lebih satu jam. Jika kotoran masih menempel, semprotkan larutan lagi, dan tunggu satu jam lagi.

5. Bersihkan Oven

Bersihkan oven dengan lap air hangat, atau bisa juga dengan pengikis kaca depan mobil untuk melepaskan bagian yang sangat membandel. Sikat kompor khusus juga sangat berguna untuk pekerjaan menggosok yang sulit.

6. Tahap Tambahan

Jika dinding masih kotor, larutkan 2 sendok makan cuka putih dengan air hangat, dan segera bersihkan semuanya. Cuka akan bereaksi dengan baking soda dan membuat kotoran langsung lepas dan berkilau.

Lakukan proses yang sama pada bagian pintu kompor maupun tombol panel pada oven. Pada bagian ini bunda tidak perlu merendamnya. Cukup semprotkan pembersih oven yang sudah dibuat pada bagian yang ingin dibersihkan, tunggu beberapa menit, lalu sikat. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts