Diperbaharui pada Senin, 15 Januari 2024 | 12:36

Cara Perbaiki PS4 yang Overheating

ps4 overheat

Apakah Kamu merupakan penggemar PS4? Seberapa sering Kamu memainkan berbagai permainan tersebut?

Pernahkah Kamu menemukan adanya kondisi konsol yang tiba-tiba menjadi panas? Apa yang Kamu lakukan menyikapi hal tersebut?

Sebaga penggemar PS4, sudah sepatutnya Kamu tidak hanya lihai dalam memainkan berbagai permainan pada PS4 tersebut, sebab Kamu juga harus mengetahui cara merawat PS4 dengan baik untuk meminimalisir berbagai kemungkinan buruk yang terjadi.

Sebuah kemungkinan buruk tersebut biasanya adalah permasalahan overheating. Dikenal sebagai permasalahan yang kerap kali ditemukan pada setiap console.

Siapa sangka jika munculnya permasalahan tersebut ternyata bakalan mengganggu kegiatan bermain PS4 Kamu. Tidak mengherankan jika kepanikan kerap kali dialami oleh seseorang ketika mendapati kondisi tersebut.

Namun, Kamu tidak perlu khawatir, sebab berikut ini disampaikan ulasan mengenai cara memperbaiki PS4 overheating sekaligus tips jitu mencegahnya.

Penyebab PS4 Overheating

penyebab ps4 overhiting

Permasalahan overheating pada PS4 menjadi salah satu hal yang memang harus segera mendapatkan penanganan. Bagaimana tidak?

Kondisi perangkat PS4 yang berada pada keadaan suhu di atas rata-rata dalam waktu yang lama bisa memicu terjadinya kerusakan.

Sebelum lebih jauh mengetahui cara memperbaiki PS4 overheating, pastikan dulu Kamu mengetahui berbagai

penyebab overheating itu sendiri sehingga permasalahan tersebut bisa diminimalisir sesegera mungkin.

1. Penggunaan console dalam waktu yang lama

Kebiasaan bermain PS4 dalam waktu lama ternyata juga menjadi penyebab PS4 yang tiba-tiba overheating.

Kondisi yang cukup membahayakan jika dibiarkan dalam waktu lama ini harus segera diatasi dengan mencoba untuk mematikan sistem PS4 sehingga hal ini akan membantu dalam penurunan suhu PS4 tersebut.

Cara memperbaiki PS4 overheating ini terbilang sangat sederhana untuk dilakukan.

2. Temperature yang tinggi disertai dengan sirkulasi udara buruk

temperatur ps4 tinggi

Untuk penyebab overheating yang selanjutnya terletak pada temperature yang begitu tinggi dan disertai sirkulasi udara yang buruk.

Terkait dengan cara mengatasi PS4 mati sendiri karena temperature yang sangat panas ini bisa diakali dengan mengetahui suhu rumah anda terlebih dahulu apakah terlalu panas ataupun tidak.

Jika udara ruangan begitu panas, pastikan Kamu menghidupkan kipas angin yang akan memberikan sirkulasi udara lebih baik untuk konsol bekerja tanpa overheating.

3. Penggunaan PS4 yang sudah outdated

Siapa sangka jika ternyata penyebab PS4 yang overheating juga dikarenakan oleh penggunaan outdated system pada PS4.

Selain menyebabkan overheating, kondisi semacam ini juga berpengaruh pada penurunan kinerja PS4 itu sendiri.

Cara memperbaiki PS4 overheating bisa dilakukan dengan menghubungkan PS4 pada jaringan internet.

Periksa adanya pembaruhan sistem yang akan meminimalisir terjadinya permasalahan overheating itu sendiri.

4. Debu yang muncul pada PS4

debu di ps4

Permasalahan lain yang menyebabkan PS4 mengalami proses overheating adalah banyaknya debu yang terakumulasi pada sisi dalam PS4 itu sendiri.

Kondisi semacam ini bisa diatasi dengan menerapkan cara memperbaiki PS4 overheating melalui penggunaan kompresor udara.

Jika kemudian dibutuhkan adanya proses pembersihan lebih lanjut untuk menghilangkan debu, Kamu bisa meminta pertolongan kepada ahlinya demi menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Cara mengatasi PS4 yang overheating

cara mengatasi ps4 overhiting

Untuk mengatasi PS4 mati sendiri yang bisa jadi disebabkan oleh kondisi perangkat yang overheating, pastikan anda terlebih dahulu mengetahui penyebab permasalahan tersebut.

Setelah mengetahui hal itu, kini saatnya anda menerapkan langkah-langkah jitu untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi ketika overheating berlangsung dalam waktu lama.

Sebagai gambaran umum, berikut tahapan cara memperbaiki PS4 overheating.

1. Overheating karena penumpukan debu

Untuk cara memperbaiki PS4 overheating yang disebabkan oleh adanya penumpukan debu, Kamu bisa menerapkan beberapa langkah mudah berikut ini.

Pastikan Kamu melakukannya dengan benar.

a. Lepas semua koneksi kabel pada port dan letakkan konsol pada permukaan datar

b. Gunakan kaleng dengan udara terkompresi dan arahkan pada ventilasi kipas

c. Bersihkan bagian usb

d. Balikkan PS4 lalu tiupkan udara yang terkompresi di bagian katup listrik

e. Setelah selesai, cara memperbaiki PS4 overheating bisa dilanjutkan dengan menggunakan kain mikro fiber

2. Overheating karena sistem yang out of date

Ketika Kamu menemukan permasalahan overheating yang disebabkan oleh adanya penggunaan sistem konsol yang memang sudah out of date.

Saatnya Kamu beraksi dengan mengecek pembaruan. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

a. Masuk pada menu setting

b. Pilih icon sistem software update

c. Pilih icon check for update

d. Jika Kamu menemukan adanya update, langsung saja instal update tersebut sebagai cara memperbaiki PS4 overheating

3. Overheating karena temperature ruangan

Sedangkan untuk Kamu yang ingin menerapkan cara memperbaiki PS4 overheating yang disebabkan oleh adanya temperature ruangan yang tidak bersahabat bisa dilakukan dengan tahapan berikut ini.

Pastikan Kamu melakukannya dengan teliti.

a. Matikan kinerja dari sistem PS4 Kamu

b. Biarkan bagian konsol PS4 mengalami proses pendinginan pada suhu normal

c. Nyalakan konsol kembali

d. Jika cara memberbaiki PS4 overheating ini tidak memberikan dampak yang signifikan.

Kamu harus memastikan jika suhu ruangan 50-80 derajat Fahrenheit dan jika memungkinkan, Kamu juga bisa menggunakan PS4 cooling stand.

Tips jitu merawat PS4 agar tidak overheat

merawat ps4

Berbagai penyebab dan cara memperbaiki PS4 overheating sudah sepatutnya menjadi perhatian buat Kamu para penggemar permainan PS4.

Untuk selanjutnya, sebagai bentuk cara menjaga agar PS4 tersebut bisa bertahan dalam kurun waktu lama tanpa adanya kerusakan yang sangat parah.

Pastikan Kamu juga harus mengetahui berbagai tips jitu merawat PS4. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu terapkan.

1. Pastikan untuk menempatkan konsol pada area dengan sirkulasi udara baik sehingga akan membantu untuk menghindarkan adanya proses pemanasan yang berlebih pada PS4 ketika dimainkan.

2. Lakukan pembersihan secara rutin pada bagian PS4 yang nantinya akan menghindarkan konsol dari paparan debu.  Cara merawat PS4 ini bisa dilakukan setidaknya satu bulan sekali demi mencegah penumpukan debu berlebih.

3. Jangan lupa untuk selalu memperbaruhi sistem dengan melakukan pengecekan di saat konsol terhubung dengan jaringan wifi.

4. Manfaatkan PS4 fan yang nantinya akan membantu di dalam mendinginkan bagian konsol sehingga akan menghambat adanya proses overheating yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

5. Jika Kamu menemukan berbagai kerusakan yang cukup parah, kini saatnya Kamu harus segera menghubungi pihak ahli demi terselesaikannya permasalahan pada PS4 Kamu sehingga Kamu bisa tetap menikmati berbagai permainan pada PS4 tersebut.

Permasalahan mengenai overheating pada PS4 menjadi sebuah hal yang sudah sepatutnya untuk diperhatikan karena kondisi ini kerap kali menjadi pemicu atas terjadinya kerusakan fatal.

Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan mengetahui berbagai penyebab yang memungkinkan terjadinya permasalahan tersebut. 

Selanjutnya, Kamu juga harus mengetahui cara merawat PS4 itu sendiri sehingga kondisi konsol yang menjadi panas bisa hindari.

Dengan memperhatikan hal tersebut, maka konsol PS4 Kamu akan bertahan lebih lama dan Kamu bisa memainkannya kapanpun juga.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.