Diperbaharui pada Senin, 13 September 2021 | 11:05

5 Cara Membuat GIF WA Tanpa Aplikasi

cara membuat gif di waFoto: Pixabay

Pesan berbentuk GIF kerap kali digunakan seseorang melalui pesan WhatsApp (WA). Hanya saja, meski sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk yang mewakili beberapa emosi, jumlah GIF di WA sangatlah terbatas dan cenderung tidak lengkap.

Alhasil, banyak pengguna WA yang akhirnya membuat sendiri GIF yang akan dikirimkan. Lalu, bagaimanakah cara bikin GIF WA? Sangat mudah kok, Anda bisa langsung melakukannya pada aplikasi WA itu sendiri.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki WhatsApp memungkinkan Anda untuk membuat GIF sendiri. Fitur ini memang tidak banyak dipublikasikan, sehingga wajar bila banyak orang yang tidak tahu kalau kita bisa bikin GIF WA dengan cara mengonversi gambar/video menjadi sebuah GIF.

Cara membuat GIF WhatsApp sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri pada aplikasi WhatsApp. Berikut cara membuat GIF WhatsApp tanpa aplikasi.

1. Pertama, Anda hanya perlu merekam video yang ingin dijadikan GIF, atau bisa juga menggunakan video yang sudah ada di galeri smartphone.

Cara Membuat GIF WA
2. Klik tombol attachment (gambar paperclip) yang ada dibawah kolom chat WA, lalu pilih Gallery.

Cara Membuat GIF WA
3. Pilih video yang ada di galeri hp, untuk diubah menjadi gambar GIF.

Cara Membuat GIF WA
4. Ubah durasi video menjadi sekitar 6 detik, hingga muncul ikon kamera hijau dan GIF di pojok kanan, tepat di kanan bawah bagian pemilihan durasi video.

Cara Membuat GIF WA
5. Setelah itu, pilih 'GIF' dan klik 'Sent' untuk mengirim gambar GIF tersebut.

Cara Membuat GIF WA

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, maka gambar GIF akan langsung terkirim ke kontak WhatsApp yang Anda tuju. Cara bikin GIF WA ini sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Setelah Anda bisa membuat GIF WhatsApp sendiri, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke keluarha dan sahabat Anda, ya. Semoga artikel cara bikin GIF WA ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

786 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.